Search Engine Terpopuler di Dunia

3 min read

search engine terpopuler

Search Engine Terpopuler di Dunia – Search Engine atau bisa juga disebut dengan sebutan mesin telusur ini merupakan sebuah program komputer yang dirancang atau dibuat untuk mencari berkas-berkas yang tersimpan pada sebuah layanan website.

Fungsi dari Search Engine merupakan penyedia informasi berdasarkan kata kunci yang kamu masukkan atau kamu cari. Search Engine sudah banyak sekali di dunia dan beraneka ragam dengan bahasa-bahasanya sendiri.

Namun walaupun menggunakan bahasa asing kamu dapat dengan mudah untuk menggunakannya karena dapat diakses oleh orang dimanapun ia berada dan kapan saja.

Baca juga : Bagian-Bagian Komputer Beserta Fungsinya

Berikut ini Search Engine Terpopuler di Dunia

1. Google

search engine terpopuler

Siapa yang tidak tahu dengan yang namanya Google, pastinya hampir setiap orang di dunia apabila ingin mencari sesuatu pastinya menggunakan Google karena cukup mudah dan pastinya cukup ringan ketika digunakan.

Tampilan daripada Search Engine satu ini juga memiliki tampilan yang minimalis dan modern sehingga orang awam pun akan sangat mudah dalam menggunakannya.

Di Indonesia sendiri Google menunduki peringkat paling atas dalam penggunaan Search Engine hampir setiap orang ketika ingin browsing di Google karena menurut mereka lengkap dan mudah untuk digunakan.

Selain itu Google sendiri di Indonesia dijuluki dengan sebutan “Mbah Google” karena banyak sekali informasi yang mudah didapat ketika menggunakan Google.

2. Bing

search engine terpopuler

Search Engine yang kedua yang sekarang ini cukup populer adalah Bing, Search Engine ini merupakan mesin telusur buatan atau yang bernaung di bawah perusahaan Microsoft.

Bing ini sering sekali digunakan di Indonesia sebagai Search Engine atau mesin pencari pengganti Google karena memiliki kelebihan yang cukup banyak.

Kelebihan dari Bing yaitu kamu bisa mengubah tampilan pada interface semau kamu, dapat menggunakan mode membaca agar bisa membuat tampilan jadi fullscreen, dan masih banyak lagi kelebihannya.

Baca juga : Cara Cek IMEI iPhone

3. Yahoo!

search engine terpopuler

Para pengguna internet di jaman dahulu pastinya sudah tidak asing dengan Search Engine yang bernama yahoo! ini karena dahulu sebelum Google muncul mesin pencari ini banyak sekali penggunanya.

Yahoo pada awalnya adalah sebuah layanan penyedia email yang sudah lama sekali di kenal di dunia, selain punya layanan email yang dapat digunakan oleh semua orang Yahoo! juga memiliki layanan Search Engine.

Search Engine dari yahoo! memiliki tampilan yang cukup bagus dan dapat digunakan untuk mencari berbagai macam hal di dunia dengan cukup mudah yang kamu perlukan hanyalah kata kunci.

4. Yandex

search engine terpopuler

Yandex merupakan mesin telusur yang cukup populer di Rusia dan juga di beberapa negara yang lain seperti Ukraina, Turki, Kazakhstan dan masih banyak lagi negara-negara di kawasan yang berdekatan dengan Rusia.

Jika kamu ingin menggunakan Search Engine ini kamu bisa menggunakan bahasa Inggris, berbeda dengan Google yang memiliki versi bahasa Indonesia, namun pastinya bahasa Inggris pada mesin pencari Yandex akan mudah sekali kamu pahami.

5. Ecosia

search engine terpopuler

Jika kamu ingin menggunakan mesin pencari sambil berdonasi mungkin Ecosia cocok untuk kamu karena apabila kamu menggunakan mesin pencari ini secara rutin akan tercatat dan hasil dari pencarian rutin menggunakan Ecosia akan diubah menjadi program penanaman pohon dan pemberdayaan masyarakat.

Mesin telusur ini dapat kamu gunakan di berbagai macam perangkat seperti Laptop atau PC, Smartphone Android, iOS, dan juga Mac dapat menggunakan Search Engine dari Ecosia ini.

6. DuckDuckGo

search engine terpopuler

DuckDuckGo dapat kamu gunakan dengan mensearch melalui browser kamu dengan kata kunci DuckDuckGo.com maka Search Engine atau mesin pencari ini akan muncul dan dapat kamu pakai.

Apabila kamu ingin memiliki mesin pencari yang menjaga privasi kamu seperti lokasi dan hal lainnya maka DuckDuckGo sangatlah cocok untuk kamu karena DuckDuckGo ini sudah berkomitmen untuk menjaga kerasahasiaan bagi para penggunanya.

Baca juga : Cara Mengetahui Password WiFi di Laptop

7. Ask

search engine terpopuler

Beberapa orang mungkin sudah tidak asing dengan Ask ini, mesin pencari ini dapat kamu gunakan untuk alternatif apabila kamu bosan dalam menggunakan mesin telusur Google misalnya yang mungkin hampir setiap harinya kamu menggunakan Google.

Ask ini memiliki tampilan yang cukup simple dengan latar berwarna putih, dan apabila kamu membuka Ask.com maka akan muncul beberapa berita yang mungkin kamu tertarik untuk membacanya namun berita-berita tersebut menggunakan bahasa Inggris.

8. Wow

wow

Mesin telusur dari Wow ini memiliki tampilan yang sangat amat simple yaitu hanya ada logo dari Wow dan tempat untuk mengetik selanjutnya ada tombol Cari yang sama persis ada di gambar diatas ini.

Tampilan ketika digunakan untuk mencari akan lebih seperti situs berita, ini merupakan salah satu kelebihan dari Search Engine Wow daripada mesin telusur lainnya.

9. Aol.

aol

Aol. merupakan mesin telusur yang berasal dari Amerika Serikat dan berbasis di New York yang apabila kamu membuka Aol.com akan tersedia fitur untuk mencari dan juga akan disediakan berbagai macam berita di bawahnya.

Berita-berita tersebut merupakan berita dari luar negeri yang membuatnya menggunakan bahasa Inggris, ini sangat cocok apabila kamu ingin mencari berita internasional untuk nantinya kamu baca-baca.

10. Baidu

baidu

Baidu merupakan mesin pencari yang berasal dari China yang bisa dibilang Baidu merupakan Google nya china karena memiliki produk yang hampir mirip dengan Google yaitu sebuah Search Engine yang dapat kamu gunakan untuk mencari suatu hal.

Jika kamu mensearch pada browser kamu dengan kata kunci Baidu.com maka akan keluar dengan atau secara otomatis mesin pencari satu ini, dan kamu akan pada tampilan awalnya akan langsung menggunakan bahasa China yang mungkin sulit kita pahami apabila tidak bisa atau tahu bahasa China tersebut.

Itulah beberapa Search Engine atau mesin telusur yang terpopuler di dunia dan banyak sekali pemakainya, kamu bisa memilih mesin telusur mana yang menurut kamu paling nyaman untuk dipakai dan paling mudah dalam penggunaannya.