Cara Mengetahui Password WiFi di Laptop

1 min read

cara mengetahui password wifi

Cara mengetahui password WiFi di Laptop – Pada zaman modern kali ini WiFi menjadi kebutuhan yang sangat amat penting bagi sebagian atau seluruh orang, karena dapat membantu pekerjaan mulai dari mereka yang freelance ataupun pekerja kantoran semua memerlukan sebuah jaringan yang dapat menyambungkan mereka ke internet.

Sebelum masuk ke pembahasan mari kita bahas apa itu WiFi menurut laman wikipedia. menurut laman wikipedia.org, WiFi merupakan sebuah teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel atau menggunakan gelombang radio melalui jaringan komputer, dan termasuk juga koneksi internet berkecepatan tinggi.

WiFi sekarang-sekarang ini sangat gampang atau sangat mudah sekali di jumpai, kamu dapat menjumpai jaringan Wi-Fi di cafe, rumah makan, mall, wifi.id, dan masih banyak lainnya. Namun terkadang kamu lupa password WiFi di berbagai tempat tersebut sehingga mencari-carinya padahal kamu dapat mengeceknya sendiri di Laptop atau Komputer kamu.

Baca juga : Cara Cek PING CMD Untuk Mengecek Internet yang Tidak Stabil

Cara Mengetahui Password WiFi di Laptops

1. Melalui Control Panel

  • Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka Control Panel yang ada pada Laptop atau PC kamu, dengan cara melakukan search lalu ketikkan Control Panel.
cara mengetahui password wifi
  • Setelah membuka Control Panel maka menu-menu di Control Panel akan terbuka, maka langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menekan atau memilih pada menu Network and Internet.
control panel
  • Setelah masuk ke menu Network and Internet, langkah selanjutnya adalah mengklik menu Network and Sharing Center.
cara mengetahui password wifi
  • Selanjutnya klik menu atau tulisan yang bertuliskan Wi-Fi (Nama WiFi kamu).
melihat password
  • Maka akan keluar menu Wi-Fi Status, maka selanjutnya adalah kamu harus mengklik menu Wireless Properties agar terbuka menu selanjutnya.
cara mengetahui password wifi
  • Maka akan terbuka menu dari Wi-Fi yang sudah pernah kamu koneksikan namun lupa passwordnya, maka klik pada bagian Security.
cara mengetahui password wifi
  • Langkah terakhir agar kamu bisa melihat password WiFi adalah menceklis pada bagian Show characters.
cara mengetahui password wifi
  • Setelah berhasil menceklis pada bagian Show characters maka akan keluar passwordnya seperti di bawah ini.
password terlihat

Baca juga : Cara Update Driver Laptop dan PC Windows 10 Terbaru 2020

2. Melalui Command Prompt atau CMD

  • Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka Command Prompt atau CMD, dengan cara menekan combinasi Windows + R agar terbuka menu Run, pada menu Run selanjutnya ketikan CMD lalu tekan enter, setelah itu akan terbuka menu CMD.
cara mengetahui password wifi
  • Setelah terbuka menu CMD maka kamu dapat mengetikkan tulisan berikut netsh wlan show profiles
cara mengetahui password wifi
  • Setelah mengetikkan tersebut maka akan keluar WiFi yang dapat kamu lihat passwordnya.
melihat wifi
  • Selanjutnya adalah mengetikkan netsh wlan show profiles “Nama WiFi yang ingin kamu lihat” key=clear
membuka profile
  • Maka akan keluar informasi mengenai WiFi yang kamu pilih tersebut, dan di informasi tersebut akan ada password dari WiFi tersebut seperti gambar di bawah ini.
cara mengetahui password wifi

Jika kalian ingin membaca artikel Inspiratif, Tutorial lainnya di blog ini kalian dapat mengunjungi link berikut : kabelkusutblog.com