Jenis Jaringan Pada Komputer

2 min read

jenis jaringan pada komputer

Jenis Jaringan Pada Komputer – Jaringan merupakan hal yang paling penting untuk kita pahami apabila sedang menggunakan komputer karena dengan menggunakan jaringan komputer kamu dapat tersambung ke segala hal seperti tersambung ke komputer lain ataupun ke hal lainnya.

Pastinya kita ketika sekolah dan belajar pada pelajaran komputer pastinya akan menemui materi jaringan, materi ini juga pastinya akan didalami dan dipraktekan apabila kamu masuk ke SMK dan memilih jurusan TKJ karena TKJ sangat mendalami pada bidang jaringan.

Jaringan pada komputer ada banyak sekali yang mungkin akan bertambah pada tahun-tahun mendatang demi menunjang kebutuhan jaringan yang semakin hari semakin bertambah.

Baca juga : Bagian-Bagian Komputer Beserta Fungsinya

Berikut ini Jenis Jaringan Pada Komputer

Untuk kali ini kita hanya akan membahas 5 jenis jaringan yang ada pada komputer yang memang saat ini hanya ada 5 saja yang mungkin sudah tersebar dan digunakan yaitu LAN, MAN, WAN, W.Lan, dan juga PAN berikut ini penjelasannya.

1. LAN (Local Area Network)

jenis jaringan pada komputer

LAN atau Local Area Network merupakan jaringan yang cukup sederhana yang dapat digunakan untuk menghubungkan antar komputer pribadi atau komputer lain ke server yang berada di satu gedung yang menggunakan kabel LAN.

Jaringan ini dapat kamu gunakan untuk mepermudah pekerjaan dalam suatu kantor karena dengan menggunakan jaringan ini kamu bisa menghubungkan berbagai komputer ke printer yang printer tersebut dapat digunakan secara bersama-sama.

Selain itu kegunaan jaringan ini adalah untuk saling berbagi data karena apabila kamu menshare sebuah data ke jaringan ini maka komputer lainnya dapat mengaksesnya dan mengcopy file tersebut.

2. MAN (Metropolitan Area Network)

jenis jaringan pada komputer

MAN merupakan jaringan yang lebih luas lagi daripada LAN karena jaringan ini dapat mencakup beberapa gedung yang berbeda kota sekaligus dalam satu jaringannya.

Selain dapat menggabungkan jaringan antara beberapa gedung yang ada di luar kota, jaringan ini juga dapat kamu gunakan untuk menghubungkan jaringan yang ada di gedung di kota sendiri.

Jaringan MAN ini dapat digunakan untuk menunjang berbagai macam hal seperti daya maupun suara, yang paling sering kami temui jaringan ini hanya digunakan dalam 1 kota saja karena apabila lebih ditakutnya adanya gangguan.

3. WAN (Wide Area Network)

jenis jaringan pada komputer

Apabila kamu ingin tahu tentang jaringan yang lebih luas lagi maka WAN adalah termasuk jaringan yang sangat amat luas, WAN ini adalah jaringan yang dapat mencakup antar negara bahkan bisa antar benua yang berarti sangat amat luas yang bisa sampai ratusan kilo meter.

WAN ini sendiri merupakan mesin-mesin yang nantinya dijalankan program-program yang telah dibuat, WAN ini juga merupakan jaringan internet yang sampai sekarang kita pakai untuk mengakses berbagai macam hal seperti media social ataupun menonton video melalui kanal penyedia video.

Baca juga : Search Engine Terpopuler di Dunia

4. W.Lan (Wireless Local Area Network)

WLAN

WLAN merupakan singkatan dari Wireless Local Area Network yang dalam singkatan tersebut terdapat kata Wireless yang berarti tanpa kabel. WLAN sendiri memang tidak dapat dijalankan dengan menggunakan kabel yang mengharuskan kamu menggunakan alat yang tanpa kabelnya.

Wireless sekarang ini sudah banyak sekali ditemukan dan dapat dengan mudah digunakan. WLAN ini memanfaatkan jaringan dari satelit untuk menjalankannya dan pastinya memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.

Dengan adanya teknologi tanpa kabel tersebut kamu bisa mengaksesnya kapan saja dan dimana saja tanpa harus menggunakan kabel.

5. PAN (Personal Area Network)

PAN

PAN merupakan jaringan yang tergabung antara dua sistem ataupun lebih yang jaraknya tidak terlalu jauh atau bisa dibilang jaraknya cukup dekat yang hanya berjarak beberapa meter saja.

Jaringan tersebut biasanya ditemui ketika kita menghubungkan antara komputer atau laptop dengan HP ataupun Komputer atau Laptop dengan perangkat lain seperti Printer dan bisa dengan perangkat-perangkat lainnya.

Baca juga : Cara Mengetahui Password WiFi di Laptop

Itulah beberapa jenis jaringan yang ada pada komputer yang dapat kamu gunakan atau kamu praktekan yang berskala rendah terlebih dahulu, namun kedepannya pastinya akan muncul jaringan-jaringan yang baru yang pastinya akan lebih cepat dan lebih modern lagi.