Cara Cek IMEI iPhone

2 min read

cara cek IMEI iPhone

Cara Cek IMEI iPhone – iPhone merupakan salah satu HP yang sudah cukup terkenal sekarang ini, karena memiliki banyak sekali kelebihan yaitu seperti pada kameranya yang cukup stabil dan cukup jelas apabila dibuat berfoto ataupun membuat video.

Sama seperti merk Hp lainnya iPhone pun memiliki yang namanya IMEI yang akan membantu kita melihat bahwa Hp tersebut resmi atau tidak, karena dengan menggunakan IMEI kita bisa melihat keasliannya dengan menggunakan website yang mendata setiap Hp yang ada.

IMEI sendiri merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity, yang bisa kita artikan bahwa IMEI ini salah satu ciri yang membedakan satu HP dengan HP lainnya yang setiap HP tidak akan mungkin memiliki IMEI yang sama.

Nomor IMEI juga terdiri dari 14 digit dan biasanya ada tambahan pada digit ke 15 yang merupakan digit untuk memverifikasi ulang dari keseluruhan digit sebelumnya.

IMEI ini juga berfungsi untuk mencegah kita membeli Handphone BM atau Black Market yang biasanya di import melalui jalur ilegal yang menyebabkan IMEI atau HP tersebut tidak terdaftar secara resmi.

Baca juga : Cara Cek HP Samsung Asli atau Palsu

Cara Cek IMEI iPhone

Untuk memastikan hal-hal yang lainnya seperti Handphone yang kamu miliki asli ataukah tidak kamu harus mengecek keberadaan IMEI yang ada di Hp kamu, untuk iPhone pun memiliki caranya sendiri untuk dapat melihat IMEI yang ada di iPhone, berikut ini beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk melihat IMEI di iPhone :

1. Cara Cek IMEI iPhone Melalui Pengaturan atau Sistem pada iPhone

cara cek IMEI iPhone

Cara pertama yang dapat kamu gunakan adalah menggunakan menu Pengaturan yang ada di HP iPhone kamu, karena memang disetiap HP termasuk iPhone memiliki pengaturan yang di dalamnya dapat digunakan untuk melihat IMEI dari HP tersebut, berikut ini caranya :

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menghidupkan HP iPhone kamu, setelah itu buka menu Pengaturan atau Settings yang ada pada HP, setelah di menu Settings maka kamu bisa menuju ke menu General, selanjutnya ke menu About.

Pada menu About tersebut kamu bisa mencari IMEI yang ingin kamu cari, selain IMEI di About tersebut juga kamu bisa mencari hal lainnya yang mungkin kamu perlukan.

2. Cara Cek IMEI iPhone Menggunakan iTunes

iTunes

iTunes merupakan salah satu aplikasi pengisi music untuk HP iPhone, aplikasi ini pastinya resmi dan khusus hanya untuk HP bermerk iPhone selain HP merk tersebut tidak bisa menggunakan aplikasi ini. Selain untuk mengisi music aplikasi ini juga dapat kamu gunakan untuk mengecek IMEI yang ada di HP.

Untuk langkah pertama dalam melihat IMEI dengan menggunakan iTunes adalah menginstall software resemi iTunes di komputer atau laptop kamu, kemudian sambungkan iPhone kamu dengan komputer tersebut yang sudah memiliki aplikasi iTunes.

Setelah itu klik pada menu Library, pada Library tersebut akan ditampilkan IMEI daripada HP iPhone kamu, selain itu iOS yang digunakan pada HP kamu akan ditampilkan juga pada menu Library tersebut.

Baca juga : 7 Cara Mengatasi Sinyal Hilang

3. Melalui Bagian Belakang iPhone

cara cek IMEI iPhone

Cara ketiga ini bisa dibilang cara yang cukup unik, karena di seri-seri tertentu iPhone memberikan nomor IMEI di bagian belakang dari iPhone.

Seri-seri tersebut adalah : iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone SE (Generasi ke-1), iPhone 5s, iPhone 5c, iPhone 5. Jadi apabila kamu memiliki iPhone dengan seri yang kami sebutkan barusan, maka kamu akan dengan mudah untuk melihat nomor IMEI karena hanya perlu membalikkan iPhone kamu saja.

4. Cek IMEI pada Tempat Kartu SIM

cara cek IMEI iPhone

Cara keempat ini sama dengan cara sebelumnya yaitu cukup unik, bedanya cara ini dapat menemukan IMEI pada tempat kartu SIM dari iPhone tersebut, iPhone-iPhone yang dapat menggunakan cara ini antara lain :

iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, iPhone SE (Generasi ke-2), iPhone 11 Pro Max, iPhone 11 Pro, iPhone 11, iPhone XS Max, iPhone XS, iPhone XR, iPhone X, iPhone 8 Plus, iPhone 8, iPhone 7 Plus, iPhone 7, iPhone 6s Plus, iPhone 6s.

Bagi kamu yang memiliki iPhone dengan seri atau tipe yang kami sebutkan barusan, maka kamu bisa menemukan IMEI dengan mudah yaitu hanya perlu membuka tempat kartu SIM.

5. Cara Cek IMEI iPhone Menggunakan Kode

Dial

Cara kelima atau cara terakhir yang dapat kamu gunakan dalam mengecek IMEI pada HP iPhone adalah dengan menggunakan sebuah kode. Untuk menggunakannya cukuplah mudah, berikut ini caranya :

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi Calls atau Telefon yang ada pada HP iPhone kamu, kemudian pada aplikasi tersebut ketikkan kode *#06#, dan dengan otomatis layar HP kamu tersebut akan menampilkan kode IMEI.

Baca juga : Cara Membuat Akun Microsoft

Setelah kamu memcoba beberapa cara diatas dan bisa untuk mengecek IMEI yang ada di HP iPhone kamu maka langkah selanjutnya adalah mencocokan IMEI yang ada di HP dengan dusbox karena apabila tidak sama bisa membuat HP kamu menjadi ilegal.