Bagian-Bagian Komputer Beserta Fungsinya

3 min read

bagian komputer fungsinya

Bagian-Bagian Komputer Beserta Fungsinya – Komputer merupakan perangkat keras yang mungkin sering kita temui di lab-lab sekolah maupun kampus, dan juga sering kita temui apabila sering mengunjungi Warung Internet atau disingkat dengan sebutan Warnet.

Setiap komputer pastinya memilik bagian-bagian yang setiap bagian tersebut memiliki fungsinya masing-masing yang akan saling melengkapi agar komputer kamu hidup dan berjalan normal.

Baca juga : Cara Mengetahui Password WiFi di Laptop

Bagian-Bagian Komputer Beserta Fungsinya

Bagian-bagian komputer yang kami jelaskan dibawah ini merupakan perangkat-perangkat yang ada pada komputer dekstop, karena memang pada komputer lainnya seperti notebook, laptop akan berbeda lagi penjelasannya walaupun tidak banyak. Berikut ini bagian-bagian yang ada di komputer beserta fungsinya.

1. Casing

bagian komputer fungsinya

Yang pertama dan paling penting adalah Casing, Casing merupakan bagian yang paling luar dari si CPU yang berguna untuk melindungi mesin-mesin atau perangkat-perangkat yang nantinya akan di pasang didalam Casing tersebut.

Casing ini juga digunakan untuk penempatan-penempatan perangkat yang ingin dipasang karena akan disediakan mur atau baut yang berguna untuk memasang Power Supply, Motherboard, dan hal lainnya.

Selain itu Casing juga pastinya akan melindungi kabel-kabel dari yang nantinya akan di konfigurasi dan dirapihkan didalam Casing tersebut.

Casing juga dapat melindungi kita dari yang namanya kesetrum karena Komputer sejatinya mengalirkan energi listrik yang apabila kita salah memegangnya dapat membuat kita tersetrum.

Selain itu Casing sekarang ini memiliki tampilan yang cukup modern dan pastinya cukup elegan, Casing juga memiliki berbagai macam bentuk yang pastinya kita dapat memilih dan menyesuaikan dengan komponen yang nantinya ingin dipasang.

2. Motherboard

bagian komputer fungsinya

Motherboard sering sekali disebut dengan sebutan mainboard atau papan sirkuit utama. Papan ini berfungsi untuk menyambungkan berbagai macam sistem atau perangkat seperti kabel Power Supply, VGA, RAM, Processor dan perangkat lainnya.

Biasanya pada Motherboard pada komputer juga disediakan colokkan yang nantinya dapat digunakan seperti colokkan USB, Audio, VGA, dan masih banyak lainnya.

Baca juga : Cara Membuat Akun Microsoft

3. Power Supply

bagian komputer fungsinya

Power Supply merupakan sebuah alat yang menyuplai tenaga listrik ke suatu beban listirk. Fungsi dari Power Supply sendiri merupakan untuk mengubah arus listrik dari sumber daya menjadi sebuah tegangan, arus, dan juga frekuensi.

Biasanya apabila kamu ingin membeli perangkat ini akan disediakan berbagai macam watt dan kamu bisa memilihnya sesuai kemampuan PC kamu.

4. CPU

bagian komputer fungsinya

Bagian komputer cukup penting yang keempat adalah CPU, CPU merupakan singkatan dari Central Processing Unit yang sering dikenal oleh kita dengan sebutan Processor.

Processor merupakan otak dari komputer kita karena semakin baik Processor yang kita gunakan maka akan baik dalam menjalankan berbagai macam proses yang akan dijalankan oleh komputer.

Biasanya ketika kita membeli sebuah Processor akan disediakan sebuah kipas, kipas tersebut bertujuan agar membuat CPU kita tidak menjadi Overheat atau menjadi terlalu panas yang dapat membuat CPU tersebut mengalami kerusakan.

5. RAM

bagian komputer fungsinya

RAM merupakan sebuah singkatan dari Random Access Memory yang berguna untuk menyimpan data sebuah perangkat namun hanya sementara.

RAM juga bisa diartikan sebagai penjalan aplikasi karena semakin besar RAM aplikasi yang akan kamu buka akan semakin lancar namun apabila RAM yang ada di komputer kamu terlalu kecil maka akan semakin lambat proses untuk membuka aplikasi tersebut.

6. VGA

bagian komputer fungsinya

VGA juga sering kita kenal dengan sebutan Kartu Grafis, VGA ini berfungsi untuk menjalankan atau memproses suatu grafis yang ada di komputer, terkadang di beberapa komputer sudah ada VGA nya namun apabila kamu seorang Gamers atau editor maka diperlukan VGA tambahan yang pastinya untuk menunjang aktifitas tersebut.

7. Chipset

bagian komputer fungsinya

Chipset sangatlah penting karena Chipset berguna untuk menyambungkan CPU atau Processor ke komponen-komponen yang ada pada komputer apabila tidak adanya Chipset maka bisa membuat tidak menyambungnya CPU ke pernagkat lainnya.

8. ROM

bagian komputer fungsinya

ROM merupakan singkatan dari Read-Only Memory yang berfungsi untuk disimpannya firmware dari BIOS dan pengaturan dari BIOS itu sendiri. Apabila kamu memiliki komputer pada baru-baru ini yang bersifat modern maka sudah bisa dipastikan menggunakan UEFI tidak menggunakan BIOS lagi.

Baca juga : Cara Menampilkan Kecepatan Internet di Windows 10

9. CMOS

CMOS

CMOS ini merupakan sebuah baterai yang cukup penting karena berguna untuk memberikan daya atau mengisi daya untuk sebuah chip BIOS, sehingga apabila BIOS sudah diatur maka pengaturan tersebut seperti tanggal atau waktu tidak akan hilang dan akan tetap berjalan walaupun Komputer kita matikan.

10. Sound Card

bagian komputer fungsinya

Walaupun terkadang ada di Motherboard namun ada versi eksternal yang bernama Sound Card yang dapat dipasang pada Komputer, hal ini juga dapat kamu gunakan apabila di perangkat kamu mengalami kekurangan slot untuk audio.

11. Bus

bagian komputer fungsinya

BUS ini merupakan sebuah slot atau tempat yang cukup penting yang terdapat pada Motherboard atau mainboard, fungsi dari BUS ini adalah untuk menghubungkan berbagai macam hal seperti Graphic Card/ VGA, Sound Card dan hal lainnya ke Motherboard.

12. Harddisk atau SSD

bagian komputer fungsinya

Siapa yang tidak kenal dengan Harddisk atau sering disebut dengan sebutan HDD, perangkat atau alat ini berguna untuk menyimpan berbagai macam hal seperti file film, lagu, aplikasi, dan masih banyak lainnya di komputer.

Selain HDD sekarang ini ada perangkat yang paling baru yaitu SSD yang memiliki fungsi yang sama dengan HDD namun memiliki kecepatan yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan HDD atau harddisk.

13. CD ROM atau DVD ROM

dvd rom

CD ROM atau DVD ROM merupakan sebuah perangkat yang mungkin untuk komputer sekarang ini sudah jarang kita temui namun masih ada yang menggunakannya.

Perangkat ini pastinya berguna untuk membaca sebuah kaset yang nantinya kaset terebut akan terbaca dan dapat dibuka di komputer kamu, alat ini juga dapat membaca berbagai macam kaset seperti CD atau DVD.

14. Mouse

mouse

Siapa yang tidak tau perangkat satu ini, yup Mouse perangkat ini berfungsi untuk menjalankan kursor yang nantinya ada di tampilan apabila komputer hidup yang berbentuk panah, selain itu mouse dapat berfungsi untuk bermain game, dan berbagai macam hal lainnya.

15. Keyboard

keyboard

Ketika kita menggunakan sebuah komputer pastinya akan menemu keyboard yang pastinya keyboard merupakan suatu perangkat yang penting untuk menunjang dalam penggunaan komputer karena dengan keyboard kita bisa mengetik suatu hal dan mengerjakan tugas ataupun lainnya.

16. Monitor

bagian komputer fungsinya

Monitor ataupun layar pastinya penting apabila kita ingin menggunakan komputer karena apabila tidak adanya monitor maka kita tidak tahu apa yang nantinya dijalankan pada komputer. Sekarang ini komputer memiliki berbagai macam versi yang setiap versinya memiliki keunggulan masing-masing seperti kualitas layar dan lain sebagainya.

17. UPS (Tidak Setiap Komputer Ada)

UPS

UPS adalah Uninterruptible Power Supply yang berguna untuk membackup daya karena UPS memiliki baterai yang apabila dirumah kamu sedang mati lampu maka komputer yang kamu gunakan tidak akan langsung mati karena adanya UPS ini, ini sangat cocok apabila rumah kamu sering mengalami hal mati lampu.

Itulah beberapa bagian-bagian yang ada pada komputer beserta fungsinya yang mungkin wajib kamu ketahui apabila ingin menggunakan komputer agar tidak salah menebak perangkat yang ada di dalam komputer ataupun yang ada di luar komputer.