Perbedaan Domain .COM dan .ID

2 min read

domain com dan id

Perbedaan Domain .com dan .id – Domain merupakan suatu hal yang wajib kita miliki ketika ingin membuat website ataupun situs yang nantinya dapat dicari orang dengan menggunakan browser.

Domain juga pastinya memiliki keunikan dari nama karena apabila sangat unik maka akan mudah untuk diingat orang-orang dan apabila domain kamu yang unik tersebut disebutkan maka orang-orang langsung mengenalnya.

Namun apakah kamu tahu domain di dunia ini banyak sekali dan pastinya memiliki fungsinya masing-masing, domain-domain tersebut adalah .com, .net, .go.id, .ac.id, .org, .online, .id, .co.id dan masih banyak lagi.

Baca juga : 10 Website Belajar Coding Online Secara Gratis

domain com dan id

Di Indonesia sendiri pastinya sudah tidak asing dengan domain yang berakhiran .id, karena memang domain ini khusus di gunakan di Indonesia namun pastinya memiliki perbedaan dengan .com yang paling banyak digunakan di dunia.

Untuk itu kami akan coba membahas apa perbedaan dari kedua domain tersebut dengan selengkap-lengkapnya agar mudah dipahami oleh para pembaca.

Berikut ini Perbedaan Domain .COM dan .ID

1. Jangkauan

Untuk jangkauan dari domain .com ini bisa mencakup seluruh dunia atau internasional yang berarti apabila ada seseorang dari luar negeri akan bisa mengakses website kamu dengan cukup mudah.

Berbeda dengan .com, .id ini hanya bercakupan di Indonesia karena memang .id ini khusus Indonesia saja. Namun apabila kamu di luar negeri ingin mengakses website dengan berdomain .id ini bisa, mungkin hanya kecepatan dari website akan sedikit berkurang.

2. Fungsi

Biasanya domain .com digunakan untuk para blogger ataupun para pembuka toko online yang masih awal agar mudah dan dapat di akses oleh siapapun.

Sedangkan domain .id sering digunakan oleh para perkantoran seperti pemerintahan yang menggunakan domain .go.id dan juga domain-domain kampus yang menggunakan .ac.id.

3. Kepemilikan

Untuk hal ini kamu pasti melihat domain yang berakhiran .com ada di mana-mana bahkan di negara lain jadi sifat dari domain ini adalah Internasional jadi semua orang di dunia dapat mengaksesnya, domain ini juga tidak dibatasi untuk perusahaan atau individu saja.

Untuk domain .id ini hanya dapat digunakan di Indonesia atau bisa dibilang Country-Code Top Level Domain atau cc-TLD. Domain ini juga terbatas kepemilikannya yang biasanya perusahaan.

Selain itu juga apabila kamu ingin menggunakan domain ini kamu akan dihadirkan dengan syarat dan ketentuan yang pastinya agak cukup ribet untuk mengurusnya.

4. Harga

Untuk dari segi harga domain .com pastinya lebih mudah untuk bayaran setiap tahunnya atau menyewa setiap tahunnya dengan rata-rata harga mulai dari Rp.100.000 per tahun kamu sudah bisa menggunakan domain ini.

Dan untuk domain yang berakhiran .id ini memiliki harga yang lebih mahal daripada .com yang pertahunnya bisa mencapai Rp.200.000.

Baca juga : Cara Download Video Facebook Tanpa Aplikasi & Dengan Aplikasi

5. Keamanan

Keamanan di domain .com kurang yang berarti domain ini akan dengan mudah terhack apabila penjagaan yang kurang ketat dan kurang sekali di perhatikan.

Berbeda dengan .com domain yang berakhiran .id lebih aman karena apabila kamu ingin menggunakan domain ini harus menyertakan tanda pengenal seperti KTP ataupun dokumen lainnya yang pastinya sangatlah aman.

Perbandingan Simple Domain .COM dan .ID

.COM .ID
Internasional / Seluruh dunia Dalam Negeri / Indonesia
Pendaftaran Mudah Pendaftaran Memerlukan S&K
Digunakan Individu Digunakan Untuk Bisnis atau Lembaga
Lebih Murah Lebih Mahal
Kurang Aman Sangat Aman

Keunggulan Domain .COM

  1. Mendatangkan banyak pengunjung atau traffic
  2. Dapat dimiliki siapa saja
  3. Jankauan Internasional atau luas
  4. Harga murah
  5. Domain sudah dikenal seluruh dunia
  6. Tidak memerlukan persyaratan khusus

Keunggulan Domain .ID

  1. Sangatlah aman
  2. Pengunjung khusus dari Indonesia
  3. Mudah masuk peringkat atas
  4. Loading website cepat

Sekian artikel mengenai Perbedaan Domain .com dan .id, apabila kamu tertarik dengan artikel lainnya di blog ini maka kamu bisa mengunjungi : Kabelkusutblog.com