Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

1 min read

manfaat bersepeda

Belakangan ini sangat jarang orang bersepeda kecuali pada saat car free day di kota kalian, karena mungkin rata-rata semua orang sekarang dapat mengendarai motor. Kali ini kabelkusutblog.com akan membahas manfaat bersepeda bagi kesehatan.

manfaat bersepeda

“Sepeda adalah kendaraan beroda dua yang memiliki stang, tempat duduk, dan pengayuh yang terletak di kaki yang dapat membuat sepeda berjalan”. – wikipedia.com

Menurut sejarah sepeda pertama kali di pakai pada abad ke-18 dan di kenal dengan nama velocipede. Velocipede pastinya masih berbentuk primitif karena konstruksinya belum mengenal namanya besi. Sampai pada tahun 1880-an semua orang sudah mengenal sepeda roda 3 dan itu sangat aman untuk perempuan dan anak-anak.

Baca Juga : Manfaat lari sore hari

Sepeda juga terdapat lombanya yaitu : lomba sepeda balap selama satu hari, Time Trial, Balap satu hari nokturnal, Balap tahapan atau bertahap, dan ultramarathon.

Dibawah ini adalah 5 manfaat dari bersepeda :

  1. Manfaat Bersepeda yang Pertama Adalah Menurunkan Berat Badan

    Bersepeda secara rutin dapat menurunkan berat badan kalian, karena bersepeda dapat meningkatkan otot, metabolisme tubuh, dan membakar kalori dalam tubuh kalian.

    Apabila kalian bersepeda selama 1 jam dengan kecepatan 26 km/h dan bersepeda sejauh 30 km kalian dapat membakar kalori sebesar 816 kalori. Dan jika kalian bersepeda dengan kecepatan lebih dari 30 km/h selama 1 jam dan menempuh jarak 30 km juga kalian dapat membakar kalori sebanyak 1.000 kalori sampai 1.100 kalori.

  2. Menyehatkan Jantung

    Bersepeda pada dasarnya mengeluarkan energi yang cukup besar karena bersepeda menggunakan otot kaki. maka dari itu dengan kalian bersepeda kalian dapat menyehatkan jantung karena dapat memperlancar sirkulasi darah darah dari jantung ke seluruh tubuh kita.

  3. Dapat Menghemat Pengeluaran Harian Anda

    Bersepeda dapat menghemat pengeluaran kalian, karena bersepeda tidak menggunakan bensin sedangkan bersepeda menggunakan tenaga kalian, ya walaupun tidak secepat kendaraan sepeda motor.

    Apabila kantor atau tempat kerja kalian dekat lebih baik kalian menggunakan sepeda saja karena dapat menghemat pengeluaran bulanan kalian. Sedangkan untuk berpergian jauh kalian bisa menggunakan sepeda motor.

    Baca Juga : Manfaat renang bagi tubuh

  4. Memperkuat Otot

    Karena bersepeda menggunakan energi dan otot kaki, dan bukan hanya otot kaki bersepeda juga memperkuat otot tangan, otot perut dan otot punggung. Dengan runtinnya kalian bersepeda kalian dapat membentuk otot tangan, perut, dan punggung kalian.

  5. Mencegah berbagai penyakit

    Sama seperti olahraga lainnya bersepeda juga dapat mencegah berbagai penyakit karena bersepeda mengeluarkan keringat kalian, mempertahankan sistem imun tubuh anda.