7 Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kesehatan Tubuh

1 min read

manfaat mandi air dingin

7 Manfaat mandi air dingin untuk kesehatan tubuh – Sama seperti artikel sebelumnya, mandi pada umumnya di lakukan manusia di pagi maupun sore hari karena jika kalian mandi itu dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh yang sangat baik untuk melawan dari berbagai virus.

manfaat mandi air dingin

Banyak orang yang menolak ketika disuruh mandi air dingin ketika baru bangun tidur. Padahal mandi air dingin bisa menjadi cara yang sehat untuk kalian memulai hari. Mandi dengan air dingin juga memiliki beragam kebaikan untuk kesehatan.

Baca juga : Manfaat mandi air hangat untuk kesehatan

Berikut ini 7 Manfaat mandi air dingin di pagi hari untuk kesehatan.

1. Memberikan energi lebih pada pagi hari

Manfaat yang pertama adalah memberikan energi lebih. Dengan kalian mandi air dingin pada pagi hari maka tubuh akan memberikan respon yang positif kepada kalian. Ketika tubuh kalian merasakan dinginnya air, maka tubuh juga akan mencari udara yang hangat disekitar kalian. Dengan hal itu dapat meningkatkan kadar oksigen di dalam tubuh dan akan menyalurkan energi kepada tubuh kalian sepanjang hari.

2. Meringankan stress

Sama seperti mandi dengan air panas, mandi air dingin juga bisa meringankan stress. Dengan kalian mengguyur air dingin itu dapat membuat mempromosikan peningkatan toleransi tubuh terhadap stress, secara fisik maupun mental. Mandi air dingin juga meningkatkan gluthathione, antioksidan yang membuat semua antioksidan lainnya di tubuh kalian akan sampai tingkat optimal.

3. Meredakan pegal-pegal dan nyeri pada otot

Manfaat yang ketiga adalah meredakan pegal-pegal dan nyeri pada otot. Kenapa air dingin dapat menghilangkan atau meredakan pegal-pegal ?, itu karena air dingin memiliki sifat regneratif yang dapat membantu menenangkan nyeri otot setelah latihan atau olahraga yang cukup melelahkan.

Baca juga : 10 Manfaat jantung pisang untuk kesehatan

4. Dapat menurunkan berat badan

Manfaat yang keempat adalah dapat menurunkan berat badan. Mandi dengan air dingin dapat mengaktifkan brown fat atau lemak coklat yang dapat menghasilkan panas di sekitar tubuh kalian. Peningkatan aktivitas lemak baik dapat membakar kalori untuk menjaga tubuh tetap hangat pada saat kalian membasuh tubuh dengan air dingin. Penelitian menunjukkan bahwa suhu dingin dapat meningkatkan brown fat atau kemak coklat 15 kali lebih tinggi dari jumlah normal.

5. Memberikan sirkulasi yang lebih baik

Peningkatan sirkulasi berarti lebih baik untuk kesehatan kardiovaskular. Di antara manfaat mandi air dingin yang lain adalah aliran darah yang baik. Hal ini memungkinkan darah untuk bergegas ke organ untuk tetap hangat.

6. Menghaluskan rambut dan kulit

Mandi dengan air dingin adalah salah satu cara alami untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kalian. Air dingin bersifat mengencangkan kutikula rambut dan kulit lewat pengerutan pembuluh darah sementara selagi tubuh bereaksi terhadap perubahan suhu. Kutikula dan pori kulit yang mengencang akan mencegah kotoran dan elemen yang berbahaya lainnya menyumbat pori-pori kulit dan kulit kepala.

Sumber : hellosehat.com

7. Membuat tidur lebih nyenyak

Manfaat yang terakhir adalah membuat tidur kalian lebih nyenyak. Mandi dengan air dingin dapat membantu orang mendapatkan tidur yang nyenyak pada malam harinya , menurut sebuah buku yang berjudul “The Four Hour Body”. Buku ini menyatakan bahwa mandi air dingin memberikan efek seperti tranquilizer gajah yang akan menempatkan kalian langsung ke tempat tidur.

Jika kalian ingin membaca artikel inspiratif lainnya di blog ini kalian dapat mengunjungi link berikut : kabelkusutblog.com