Manfaat Mandi Air Hangat yang Jarang di Ketahui

1 min read

manfaat mandi air hangat

Manfaat mandi air hangat untuk tubuh – Mandi pada umumnya di lakukan manusia di pagi maupun sore hari karena jika kalian mandi itu dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh yang sangat baik untuk melawan dari berbagai virus.

manfaat mandi air hangat

Baca juga : 10 Manfaat daun kelor bagi kesehatan

Tapi apakah kalian jika cuaca cukup dingin akan mandi dengan air dingin itu juga ? pasti dipikiran kalian, kalian akan melakukan mandi dengan ari hangat ? dan kemungkinan paling besar kalian akan melakukan mandi dengan air hangat. Air dingin maupun hangat sama-sama memiliki manfaat yang baik bagi tubuh maupun kesehatan.

Berikut ini adalah manfaat mandi air hangat untuk kesehatan :

1. Menghilangkan Stress

Manfaat yang pertama adalah dapat menghilangkan stress. Dengan mandi air hangat kalian dapat membuat tubuh merasa lebih tenang dan rileks serta membantu kalian mengurangi rasa stress dan cemas, karena di dalam air hangat dapat merangsang otak untuk memproduksi hormon oksitosin untuk melawan hormon cortisol. Hormon cortisol adalah hormon yang menyebabkan stress.

2. Mengatasi kalian yang sulit tidur

Manfaat yang kedua adalah mengatasi sulit tidur. Jika kalian sedang mengalami insomnia atau kesulitan dalam tidur mandi air hangat adalah salah satu solusinya. Sama seperti manfaat yang pertama yaitu mandi air hangat dapat membuat tubuh kalian merasa rileks dan akan membuat tubuh kalian cepat mengatuk.

Baca juga : 10 Manfaat jantung pisang untuk kesehatan

3. Menjaga kesehatan otot dan tulang

Manfaat yang ketiga adalah menjaga kesehatan otot dan tulang. Mandi air hangat dapat membantu menjaga kesehatan tulang, otot dan bahkan kondisi osteoarthritis. Osteoarthritis adalah kondisi yang menyebabkan sendi-sendi terasa sakit, kaku, dan juga bengkak. Ketika kalian mandi coba kalian lakukan gerakan pada bagian tubuh yang terasa kaku, seperti pundah, pinggang, dan bagian tubuh lainnya.

Sumber : www.honestdocs.id

4. Menyembuhkan flu dan sakit kepala

Manfaat yang keempat adalah menyembuhkan flu dan sakit kepala kalian. Dengan mandi air hangat kalian akan menghirup uap yang bertindak sebagai dekongestan alami, kalian juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti minyak kayu putih atau peppermint untuk mendapatkan sensasi relaksasi yang lebih kuat.

5. Melepaskan racun di dalam tubuh

Manfaat yang kelima adalah menlepaskan racun di dalam tubuh. Dengan kalian melakukan mandi air hangat itu dapat meningkatkan sirkulasi sistem getah bening di dalam tubuh, ini akan menyebabkan tubuh kalian berkeringat dan dari keringat itu akan melepaskan racun dan bakteri di dalam tubuh.

Selain memiliki manfaat yang baik mandi air hangat juga memiliki resiko bagi kesehatan yaitu :

Dapat menyebabkan kulit kering

Dengan mandi air hangat itu dapat membuat kulit kalian kering dan akan pecah-pecah apalagi jika kalian mandinya terlalu lama. Itu disebabkan karena air hangat dapat mengganggu fungsi dari kelenjar minyak yang ada pada kulit. Padahal awalnya kelenjar minyak berfungsi untuk melembabkan kulit.

Jika kalian ingin membaca artikel inspiratif lainnya di blog ini kalian dapat mengunjungi link berikut : kabelkusutblog.com