10 Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan Tubuh

2 min read

10 manfaat daun kelor

10 Manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh – Daun kelor adalah tumbuhan sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Kelor adalah tumbuhan yang bisa tumbuh dengan cepat, berumur yang panjang, berbunga sepanjang tahun, dan tahan kondisi panas yang cukup ekstrim. Tanaman ini berasal dari daerah Tropis dan subtropis di Asia Selatan. Tanaman ini biasanya digunakan untuk obat di Indonesia.

Tanaman kelor memiliki ketinggian 7-11 meter, berbatang berkayu, tegak, berwarna putih kotor, kulit tipis, pemukaan kasar. Daun kelor memilki ciri berupa: majemuk, bertangkai panjang, tersusun berseling, beranak daun gasal, helai daun berwarna hijau muda, buah berbentuk panjang bersegi tiga, panjang 20 – 60 cm, buah berwarna hijau namun setelah tua menjadi coklat, bentuk biji bulat berwarna kerhitaman, berbuah setelah berumur 12 -18 bulan. – wikipedia.org

Baca juga : Cara menurunkan berat badan tanpa obat

10 manfaat daun kelor

Berikut ini 10 manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh :

1. Meningkatkan energi di dalam tubuh

Pada masa kehamilan biasanya atau mungkin seorang ibu akan merasa kelelahan. Daun kelor bisa jadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan energi atau stamina dan daya tahan tubuh. Kalian bisa mengkonsumsi daun kelor secara rutin. Daun kelor terdapat kandungan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel dan menjaga tubuh agar tetap sehat dan tubuh terasa bugar.

2. Menjaga kesehatan otak saat hamil

hamil

Selama kalian hamil sangatlah penting untk menjaga ksesehatan otak. Daun kelor terdapat kandungan Vitamin C dan Vitamin E yang tinggi dapat membantu mencegah penurunan fungsi syaraf otak dan daun kelor juga di percayai bisa mengatasi mood-swing atau perubahan suasana hati yang tadinya baik-baik saja tiba-tiba berubah menjadi marah.

3. Menjaga mata tetap sehat

menjaga mata

Mata adalah alat vital di tubuh kita yang dapat digunakan untuk melihat keindahan alam. Salah satu cara kita menjaga dan bersyukur adalah dengan makan makanan yang memilki asupan gizi yang baik, terutama untuk mata kita. Daun kelor adalah daun yang dianjurkan bagi kalian yang ingin menjaga kesehatan mata atau menyembuhkan berbagai keluhan dengan mata. Hal ini karena daun kelor memiliki kandungan Vitamin A yang sangat tinggi bahkan lebih dari wortel.

Baca juga : 8 Manfaat buah alpukat yang belum banyak di ketahui

4. Membantu menurunkan kadar gula darah

Daun kelor juga dapat membantu kalian menurunkan kadar gula darah. Namun sampai saat ini belum banyak penelitian yang mengungkapkan manfaat daun kelor dalam hal ini.

5. Baik untuk wanita menopause

Daun kelor berbentuk bubuk lalu di konsumsi dapat dipercaya membantu meningkatkan kadar antioksidan pada wanita yang sudah mengalami menopause.

Pada usia menopause, kadar antioksidan di dalam tubuh akan mengurang sedikit demi sedikit karena berkurangnya produksi hormon estrogen. Namun sama dengan nomer 4 yaitu masih membutuhkan penelitian lebih lanjut tentang manfaat daun kelor tersebut.

6. Memiliki nutrisi yang tinggi

Daun kelor adalah tumbuhan yang tumbuh dengan cepat, berumur yang panjang, berbunga sepanjang tahun, dan tahan kondisi panas yang cukup ekstrim. Daun kelor memiliki kandungan Vitamin dan Mineral yang sangat banyak dan daun kelor pun mempunyai kandungan asam amino yang baik bagi tubuh.

7. Menjaga pola tidur kalian

manfaat tidur siang

Asam amino dalam daun kelor yang dapat membantu menjaga syaraf untuk menjadi lebih nyaman. Daun kelor bisa di konsumsi oleh ibu hamil agar bisa terlelap tidur dan lebih merasa rileks.

Baca juga : Manfaat daun pepaya untuk kesehatan

8. Menurunkan kadar kolesterol

Jumlah kolesterol yang tinggi dalam darah dapat meningkatkan resiko terserang penyakit jantung. Banyak sekali makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh yaitu seperti almond, gandung dan juga daun kelor.

9. Mengatasi kanker atau Anti kanker

Pada ekstrak daun kelor telah di tunjukkan dalam studi kultur jaringan sel kanker serviks manusia yang diterbitkan dalam edisi Juni 2011 jurnal Food and Chemical Toxicology. Ekstrak daun kelor dapat mencegah pertumbuhan dan reproduksi sel-sel kanker.

10. Menjaga kesehatan sistem pencernaan dalam tubuh

Daun kelor memiliki kandungan kalsium dan serat yang berkonstribusi besar terhadap kesehatan sistem pencernaan di dalam tubuh. Kandungan serat yang terdapat di dalam daun kelor juga dapat membantu mengontrol berat badan kalian yang akan membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Apabila kalian ingin membaca artikel tentang kesehatan lainnya kalian dapat mengunjungi : kabelkusutblog.com