Cara Mengatasi Laptop Hang

5 min read

mengatasi laptop hang

Cara Mengatasi Laptop Hang – Laptop merupakan suatu barang yang hampir setiap orang memilikinya karena laptop cukuplah penting karena dapat mudah dibawa kemana-mana dan dapat membantu kita dalam mengerjakan tugas maupun dapat digunakan untuk bekerja.

Namun yang namanya barang elektronik dapat rusak dengan sendirinya atau rusak dengan prilaku kita dalam memakai barang tersebut. Untuk laptop sering sekali yang namanya Hang yang pastinya akan membuat kita apabila awam akan bingung kenapa hal tersebut bisa terjadi.

Baca juga : Jenis Jaringan Pada Komputer

Ngehang tersebut dapat terjadi karena adanya penyebab-penyebab, berikut ini beberapa penyebab yang dapat menyebabkan laptop kamu ngehang.

Penyebab Laptop Hang

1. Kekurangan RAM atau Memory

RAM

RAM atau Random Acces Memory merupakan kebutuhan yang paling penting daripada setiap perangkat laptop karena apabila laptop kamu memiliki RAM yang lebih besar akan berjalan lebih lancar untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang berat.

Namun sebaliknya apabila RAM kamu memiliki kapasitas yang kecil misalnya 1GB atau 2GB saja maka untuk menjalan aplikasi yang berat akan sangat amat susah dan bisa berujung dengan kejadian yang namanya ngehang.

Untuk itu kamu bisa menambah kapasitas daripada RAM kamu untuk menyesuaikan rekomendasi dari aplikasi yang ingin dijalankan, kami memiliki minimum yaitu apabila kamu memiliki sistem operasi Windows 10 maka minimum RAM yang diperlukan adalah 4GB karena apabila kurang akan sangat berat untuk menjalankan OS tersebut.

2. Terlalu Banyaknya Aplikasi

Selain membuat perangkat laptop kamu mengalami yang namanya memory penuh aplikasi yang terlalu banyak juga bisa berpengaruh ke sistem yang membuat sistem tersebut mengalami kepenuhan dan terjadilah hang.

Hal ini juga dapat diperparah apabila kamu membuka terlalu banyak aplikasi pada laptop kamu karena akan berjalan bersamaan dan makin lama akan membuat sistem penuh dan terjadilah lag dan makin lama bisa membuat hang pada laptop kamu.

3. Terlalu Banyak Aplikasi dan Service yang berjalan

Seperti yang sudah kami jelaskan di penyebab sebelumnya yaitu terlalu banyak aplikasi yang berjalan dapat berakibat cukup fatal apabila sistem yang ada pada Laptop kamu kurang dari yang direkomendasikan yang pastinya apabila dijalankan secara bersamaan akan membuat laptop kamu semakin berat dan bisa langsung ngehang.

Baca juga : Search Engine Terpopuler di Dunia

4. File Temporary yang Disimpan Terlalu Lama

Terlalu banyak File Temporary yang tersimpan di laptop terlalu lama dapat berakibat fatal terhadap laptop kamu karen dapat membuat laptop hang. Untuk itu kamu harus sering melihat file-file yang ada pada laptop kamu dan apabila menemui FIle Temporary yang sudah lama kamu bisa membersihkannya agar laptop kamu tidak terganggu.

5. Adanya Virus Malware atau Spyware

Virus Malware atau Spyware pastinya akan membuat masalah pada Laptop kamu karena virus dapat masuk ke sistem yang ada pada laptop yang akan membuat laptop kamu mengalami yang namanya lag bahkan bisa sampai membuat laptop menjadi hang.

Selain itu virus yang apabila ada pada laptop kamu dapat masuk ke dalam file-file dan mengunci file tersebut yang membuatnya tidak dapat terbuka dan mengharuskan kamu untuk menginstall ulang Laptop tersebut.

Untuk menghindari yang namanya Virus Malware atau Spyware cukup lah mudah, jangan mendownload aplikasi dari tempat ilegal dan menginstall aplikasi-aplikasi bajakan selain itu jangan mendownload hal apapun yang berbau ilegal karena tempat tersebut kadang terdapat virus yang dapat menjangkiti laptop kamu.

6. Terlalu Banyak Program Antivirus

Antivirus

Terlalu banyak program Antivirus pun tidak membuat laptop kamu baik karena cara kerja dari aplikasi antivirus adalah dengan menggunakan sistem yang akan terus berjalan walaupun aplikasi tersebut tidak terbuka.

Kenapa terus berjalan ?, karena program Antivirus akan terus menerus coba untuk melindungi perangkat kamu dari serangan virus dan apabila terlalu banyak program tersebut akan banyak program yang berjalan di belakang layar.

Dari banyaknya hal tersebut akan membuat Laptop kamu akan menjadi bertambah berat yang akan membuat laptop kamu apabila tidak kuat untuk menahannya akan berakibat pada Hang atau Lag yang cukup parah.

Untuk itu apabila Antivrus yang ada di laptop kamu terlalu banyak kamu bisa mencoba untuk mengunistallnya dan menyisahkan beberapa saja seperti 2 atau 1 yang kamu yakini dapat menjaga laptop kamu dari virus, malware ataupun spyware.

7. Terdapat Data yang Corrupt

Apabila terdapat data yang Corrupt didalam system file yang ada pada laptop kamu maka akan membuat beberapa program yang ada pada laptop ngehang. Apabila hanya ada satu atau dua file yang corrupt kamu bisa mengatsinya dengan cara mengunistallnya namun apabila banyak akan lebih ribet dan sulit lagi.

8. Harddisk atau Penyimpanan Bermasalah

harddisk

Hal yang paling penting pada laptop adalah pada penyimpanannya seperti HDD atau Harddisk apabila Harddsik yang ada pada Laptop kamu mengalami yang namanya masalah maka bisa berakibat fatal dan membuat laptop tidak berfungsi dengan normal dan makin lama akan membuat laptop menjadi hang.

Semakin lama umur daripada si Harddisk tersebut maka akan menurun pula kesehatan si Harddisk, apabila kondisi sudah menurun dapat membuat program yang ingin dijalankan akan menjadi lebih lambar dan berlangsung cukup lama bahkan ada beberapa aplikasi atau program yang tidak bisa dijalankan lagi apabila kondisi Harddisk menurun.

9. Terdapat Masalah Koneksi

Penyebab yang kesembilan yaitu masalah pada koneksi karena di koneksi traffic jaringan cukuplah tinggi maka bisa membuat virus masuk kedalam sistem yang ada pada laptop. Untuk mengatasi hal ini kamu bisa merestart pada bagian switch atau hub dan gunakan scanner port untuk melihat data keluar dan masuknya.

10. Perangkat Mengalami Panas yang Berlebih atau Overheat

mengatasi laptop hang

Penyebab yang terakhir yang membuat laptop kamu ngehang adalah laptop kamu mengalami panas yang berlebih dan dapat menyebabkan overheat.

Biasanya bagian-bagian yang sering mengalami overheat yaitu ketika bagian tersebut mengalami masalah bagian-bagian tersebut ada pada CPU, Processor, VGA, dan juga Harddisk.

Apabila bagian tersebut mengalami yang namanya overheat dapat membuat kinerja dari laptop kamu akan menjadi berat dan berakibat hang. Selain itu sering juga terjadi restart dengan sendirinya yang pastinya membuat kita bingung.

Baca juga : Bagian-Bagian Komputer Beserta Fungsinya

Berikut ini Cara Mengatasi Laptop Hang

1. Melalui Menu BIOS

mengatasi laptop hang

BIOS sendiri terdapat disemua jenis laptop dan semua jenis merk pada laptop dapat mengakses sistem ini karena memang sistem ini sangat amat berguna untuk berbagai macam hal, salah satunya yaitu untuk mengatasi laptop yang hang.

  • Apabila Laptop kamu sudah mengalami yang namanya hang kamu bisa mematikan paksa laptop kamu dengan menahan lama pada tombol power karena dengan cara itu akan membuat laptop kamu mati atau Shutdown.
  • Kemudian setelah itu kamu pastikan lagi apakah laptop tersebut sudah benar-benar mati ataukah belum.
  • Apabila sudah maka kamu bisa menghidupkan lagi dan coba untuk masuk ke menu BIOS dengan cara menekan tombol F1, F2, F12, F11, atau tombol lainnya menyesuaikan laptop yang kamu pakai dan tekan tombol tersebut pada kondisi booting.
  • Ketika sudah masuk ke BIOS maka langkah selanjutnya adalah pilih menu Advanced BIOS Featured.
  • Selanjutnya pilih atau cari BIOS Cache kemudian pilih pada bagian Disable.
  • Apabila sudah klik Save dan Exit.
  • Kemudian hidupkan lagi Laptop kamu tersebut.
  • Maka dengan cara tersebut laptop kamu akan menyala dan berjalan dengan normal kembali.

2. Cara Mengatasi Laptop Hang Dengan Menggunakan Safe Mode

mengatasi laptop hang

Cara kedua ini sama dengan cara yang pertama yaitu menggunakan BIOS yang ada pada Laptop bedanya kali ini menggunakan Safe Mode yang pastinya berbeda dengan cara sebelumnya.

Namun cara ini hanya bisa kamu gunakan pada sistem operasi Windows karena apabila bukan Windows terkadang tidak ada fitur Safe Mode pada BIOSnya.

Untuk masuk ke menu BIOS kamu dapat merestart dan jika sudah masuk ke menu booting kamu bisa menekan tombol F1, F2, F12, F11, atau tombol lainnya menyesuaikan laptop yang kamu pakai.

Jika sudah terbuka maka pilih menu yang bernama Safe Mode, dan jika sudah masuk lakukan repair driver atau kamu bisa unistall yang dapat menyebabkan hal tersebut maka laptop kamu akan normal jika sudah.

3. Cara Mengatasi Laptop Hang Dengan Melakukan Install Ulang

install ulang

Apabila memang laptop kamu sudah tidak bisa dilakukan apapun lagi maka langkah yang dapat kamu tempuh adalah dengan cara menginstall ulang OS yang ada pada Laptop tersebut.

Namun pastikan sebelum melakukan install ulang pada laptop kamu data yang ada pada laptop kamu sudah terbackup terlebih dahulu karena jika tidak akan membuat data kamu akan hilang untuk selamanya.

4. Cara Mengatasi Laptop Hang Dengan Scan Menggunakan Antivirus

mengatasi laptop hang

Cara keempat yang dapat kamu gunakan dan lakukan dengan cukup mudah adalah dengan melakukan scan pada laptop tersebut dengan menggunakan Antivirus.

Karena laptop juga dapat dengan mudah untuk terserang oleh virus yang ada pada internet atau yang ada pada Flashdisk yang sembarang kamu colokkan ke Laptop.

Dengan masuknya virus ke dalam laptop kamu maka virus tersebut dapat membuat laptop kamu mengalami yang namanya hang untuk itu kamu bisa melakukan scan dengan menggunakan antivirus yang ada di Laptop kamu seperti Windows Defender contohnya.

5. Cara Mengatasi Laptop Hang Dengan Unistall Driver

unistall driver

Driver dapat mengalami error atau gangguan ketika ia tidak cocok dengan versi laptop yang kamu gunakan atau tidak cocok dengan sistem yang ada pada laptop tersebut.

Untuk itu kamu bisa mengunistall driver yang tidak cocok tersebut dan menggantinya dengan driver yang lebih cocok dan apabila benar-benar cocok tidak akan mengalami error kembali.

6. Cek Kondisi Harddisk

mengatasi laptop hang

Cara terakhir yang dapat kamu gunakan adalah dengan mengecek kondisi Harddisk yang ada pada laptop karena sejatinya harddisk memiliki umur yang semakin tua maka kesehatan daripada Harddisk tersebut akan menurun.

Kamu bisa mengecek kondisi Harddisk kamu dengan cara menggunakan aplikasi, aplikasi yang sering digunakan oleh orang-orang adalah aplikasi yang bernama Hardisk Sentinel.

Kondisi aman dari Harddisk adalah pada kondisi 100% dan apabila sudah berkurang dari 100% tersebut maka kamu harus lebih berhati-hati lagi dalam penggunaannya karena dapat rusak.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi laptop hang yang dapat kamu lakukan dengan sendiri atau dengan bantuan orang lain yang mungkin sudah ahli dalam bidang ini.