Cara Masuk BIOS Laptop HP Terbaru

2 min read

masuk bios Laptop HP

Cara Masuk BIOS Laptop HP – HP merupakan salah satu penyedia Laptop yang sudah cukup terkenal di dunia bahkan sekarang ini HP menyediakan Laptop yang dapat digunakan untuk bermain game dengan spesifikasi yang cukup gahar atau kuat.

Sama seperti perangkat Laptop atau Komputer lainnya HP juga memiliki menu BIOS yang ada di dalamnya yang cukup berguna dalam mengubah pengaturan yang ada di dalam Laptop.

Baca juga : Cara Masuk BIOS Laptop Acer

Selain itu BIOS ini juga sering sekali digunakan oleh para pemakainya untuk menginstall ulang sistem operasi, karena menginstall ulang sistem operasi pada Laptop atau Komputer memang harus menggunakan BIOS untuk lebih mudah dan dapat terbaca oleh sistem.

Untuk masuk kedalam BIOS pada Laptop Hp pastinya memiliki caranya sendiri dan pastinya agak berbeda dengan merk-merk selain HP seperti ASUS, Lenovo, Acer, MSI, dan merk-merk lainnya, berikut ini cara masuk BIOS pada Laptop merk HP.

Cara Lengkap Masuk BIOS Laptop HP

masuk bios Laptop HP

Ada beragam cara yang dapat kamu gunakan dalam masuk ke BIOS pada Laptop yang bermerk HP ini, dari beragam cara itu kamu dapat mencari mana yang cocok dan berfungsi dengan baik untuk nantinya masuk kedalam BIOS.

Karena mungkin beda tipe Laptop HP beda pula tombol yang dapat difungsikan untuk masuk ke pengaturan BIOS.

Baca juga : Cara Masuk BIOS Laptop Lenovo

1. Cara Masuk BIOS Laptop HP Menggunakan Tombol F10

Cara pertama yang dapat kamu gunakan adalah memanfaatkan tombol F10 yang ada di keyboard kamu dalam membuka menu BIOS, untuk caranya kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

  1. Pertama kamu bisa menghidupkan Laptop HP kamu, atau apabila dalam keadaan hidup kamu bisa merestartnya.
  2. Ketika dalam keadaan Booting kamu harus cepat-cepat menekan tombol F10 yang ada pada keyboard secara terus-menerus sampai berhasil terbuka menu BIOS.

Apabila pada Laptop kamu menggunakan SSD yang membuat booting menjadi cepat maka kamu harus menekan secara terus-menerus tombol F10 tersebut agar tidak terlewat oleh loading booting yang cepat.

2. Menggunakan Tombol Esc

masuk bios Laptop HP

Tombol kedua yang dapat kamu gunakan adalah tombol Esc, tombol ini pastinya sering kita gunakan untuk keluar menu dalam aplikasi, tombol ini juga dapat dengan mudah untuk kita temui karena letaknya ada di pojok kiri atas dari Keyboard yang ada di Laptop ataupun Komputer, berikut ini cara masuk BIOS menggunakan tombol Esc.

  1. Hidupkan Laptop merk HP kamu tersebut, atau apabila dalam keadaan hidup dapat direstart.
  2. Setelah itu ketika sedang keadaan Booting maka kamu harus cepat-cepat menekan tombol yang bertuliskan Esc.
  3. Ketika kamu berhasil maka akan masuk ke BIOS.
  4. Dan apabila gagal maka kamu akan masuk ke Desktop, untuk itu kamu bisa mengulanginya lagi dari langkah pertama.

3. Menggunakan Tombol F9

Cara terakhir atau cara ketiga yang dapat kamu manfaatkan untuk membuka menu BIOS pada Laptop merk HP kamu adalah menggunakan tombol F9, langkah-langkahnya pun sama dengan kedua cara sebelumnya, berikut ini caranya :

  1. Langkah pertama pun sama dengan kedua cara sebelumnya yaitu menghidupkan Laptop HP kamu.
  2. Setelah dalam keadaan booting kamu harus menekan tombol F9 pada keyboard kamu.
  3. Kamu harus menekan tombol itu dengan cepat agar tidak ketinggalan.

Ketiga langkah di atas dapat kamu coba satu-persatu dan cari tombol mana yang cocok untuk kamu gunakan dalam masuk ke menu BIOS pada Laptop merk Hp kamu.

Namun perlu diperhatikan dalam masuk atau mengubah menu yang ada pada BIOS kamu harus berhati-hati karena apabila belum mahir dan asal mengubah dapat berakibat pada errornya data yang ada yang ada di Laptop dan juga bisa mengakibatkan Laptop menjadi rusak.

Baca juga : Cara Masuk BIOS pada Laptop Asus

Untuk itu kamu bisa mencari orang yang lebih mahir dalam mengubah pengaturan yang ada pada BIOS atau kamu bisa melihat beberapa tutorial yang ada di internet, dan cara lainnya adalah membaca buku pentunjuk yang disediakan oleh pembuat Laptop HP.