Cara Masuk BIOS Laptop Acer

1 min read

masuk bios laptop acer

Cara Masuk BIOS Laptop Acer – Acer merupakan sebuah merk yang sudah menjual Laptop cukup lama sekali bahkan sudah bertahun-tahun dari Laptop yang masih memiliki spesifikasi yang rendah hingga Laptop berspesifikasi tinggi pun ada pada Acer ini.

Setiap Laptop ataupun Komputer pastinya memiliki yang namanya menu BIOS di dalamnya yang dari setiap merk seperti Lenovo, ASUS, HP, MSI, dan juga Acer pastinya ada menu BIOS yang apabila ingin membukanya memiliki caranya masing-masing.

Baca juga : Cara Masuk BIOS Laptop Lenovo

BIOS sendiri memiliki kepanjangan yaitu Basic Input Output System yang berfungsi untuk mengubah settingan yang ada pada perangkat Komputer atau Laptop agar sesuai, hal yang dapat diubah yang paling simple adalah mengubah tanggal agar tidak salah dan mencocokan tanggal yang ada sekarang.

Selain itu biasanya orang menggunakan menu BIOS ini untuk menginstall ulang sistem operasi yang ada pada perangkat mereka agar mengulang sistem operasi yang sebelumnya atau menginstall sistem operasi yang baru agar menyegarkan tampilan daripada Laptop tersebut.

Karena semua merk memiliki caranya sendiri dalam membuka menu BIOS, Acer pun memiliki caranya sendiri dalam membuka menu ini, dibawah ini merupakan cara-cara yang dapat kamu gunakan dalam membuka BIOS pada laptop Acer.

Cara Masuk BIOS Laptop Acer

masuk bios laptop acer

Ada 2 cara yang dapat kamu gunakan dalam masuk ke dalam BIOS Laptop Acer kamu, yaitu menggunakan tombol ketika sedang booting, dan juga menggunakan Windows Setting, berikut ini langkah-langkanya :

Menggunakan Tombol F2 :

  1. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah hidupkan Laptop Acer kamu.
  2. Ketika sedang dalam keadaan Booting kamu bisa menekan tombol F2, atau kamu bisa menekannya secara terus-menerus.
  3. Apabila berhasil maka akan pindah ke menu BIOS.
  4. Dan apabila gagal maka akan masuk ke tampilan desktop, kamu bisa mengulanginya lagi sampai berhasil dengan cara merestart atau mematikan dan menghidupkan lalu menekan tombol F2 ketika sedang booting.

Baca juga : Cara Masuk BIOS pada Laptop Asus

Menggunakan Windows Setting :

Windows Settings

  1. Pertama masuk ke dalam Windows Settings pada Laptop Acer kamu.
  2. Selanjutnya pilih pada bagian Update & Security.
  3. Klik tombol yang bertuliskan Recovery.
  4. Setelah itu klik Restart Now.
  5. Pilih bagian Troubleshoot.
  6. Pada bagian Troubleshoot tersebut akan ada beberapa menu pilih Advanced Options.
  7. Kemudian di Advanced Options pilih UEFI Firmware Settings.
  8. Selanjutnya Restart to Change UEFI Firmware Setttings untuk masuk kedalam BIOS UEFI.
  9. Dan coba restart Laptop kamu, biasanya akan masuk kedalam BIOS atau otomatis ketika memlih Restart to Change… akan masuk ke BIOS dengan sendirinya.

Perlu diperhatikan dalam mengubah menu BIOS tidak dapat sembarangan karena apabila mengubahnya secara sembarangan itu dapat membuat hal fatal yang apabila kita tidak dapat mengatasinya dapat menjadikannya error.

Untuk itu kamu perlu orang yang cukup mahir apabila ingin mengubah settingan yang ada pada BIOS atau kamu bisa membaca-baca terlebih dahulu di internet atau langkah terakhir adalah melihat buku panduannya agar menjadi lebih paham apa yang diubah dan efek dari mengubah settingan tersebut.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk masuk ke dalam BIOS pada Laptop merk Acer yang kamu miliki, caranya cukup mudah dan pastinya dapat dilakukan semua orang. Bagi kamu yang ingin membaca artikel lainnya kamu bisa mengunjungi Kabelkusutblog.com.