Cara Cek HP Samsung Asli atau Palsu

2 min read

Cek HP Samsung

Cara Cek HP Samsung Asli atau Palsu – Samsung merupakan sebuah brand yang membuat Handphone atau Smartphone yang sudah sangat terkenal hingga menjadi HP paling banyak digunakan di berbagai negara.

Karena cukup terkenal tersebut membuat HP Samsung menjadi sasaran untuk membuat HP palsu, maka dari itu kita harus berhati-hati dalam membeli HP Samsung agar tidak mendapat HP Samsung yang palsu.

Baca juga : 10 Harga Hp 3 Jutaan Terbaik

Kamu dapat mudah mengetahuinya dengan ciri-ciri seperti built quality yang dirasakan dan lain sebagainya, untuk lebih lengkapnya kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara Cek HP Samsung Asli atau Palsu

1. Cara Cek HP Samsung Asli atau Palsu Menggunakan Kode

Cek HP Samsung

Samsung menyediakan sebuah kode yang dapat digunakan oleh setiap pengguna HP Samsung dalam mengecek keaslian daripada produknya, kode rahasia yang disediakan oleh Samsung banyak sekali yang sangat bermanfaat untuk Hp Samsung tersebut.

Namun kali ini kita menggunakan kode *#1234#, kode tersebut dapat kamu gunakan untuk melihat tipe daripada HP Samsung kamu tersebut sehingga dapat melihat bahwa Hp kamu asli ataukah tidak dengan melihat tipe yang ada di dalamnya, berikut ini cara menggunakannya :

  1. Pertama masuk ke aplikasi Telefon yang ada pada HP Samsung kamu.
  2. Selanjutnya masukkan dial berikut ini *#1234#.
  3. Apabila sudah menekan dial tersebut akan otomatis masuk ke menu selanjutnya.
  4. Di menu tersebut kamu akan disediakan 4 informasi yaitu APCP, CSC, dan Model. Pada Model tersebut adalah tipe daripada Hp Samsung yang kamu gunakan, kamu pastikan bahwa tipe tersebut adalah tipe HP Samsung yang asli.

2. Cara Cek HP Samsung Asli atau Palsu Menggunakan IMEI

Cek HP Samsung

Nomor IMEI merupakan nomor yang paling penting pada setiap HP karena Nomor ini akan didapatkan apabila HP tersebut resmi atau asli, apabila HP dari Blackmarket ataupun HP palsu maka tidak akan mendapatkan Nomor IMEI.

Nomor IMEI ini juga merupakan hal yang didapat dari pemerintah karena tidak sembarang orang yang dapat membuat nomor IMEI ini.

Untuk mengecek resmi atau tidaknya pemerintah yang mendata IMEI juga menyediakan website yang dapat kamu akses lalu digunakan untuk mengecek IMEI yang ada pada HP kamu, apabila terdata maka Hp kamu itu bisa dipastikan asli.

Baca juga : 10 Harga Hp dibawah 1 Juta Terbaik

Namun pastinya sebelum mengecek menggunakan website pastinya memerlukan nomor tersebut terlebih dahulu, untuk HP Samsung kamu bisa menggunakan dial *#06#. Untuk menggunakannya dan mengeceknya pada situs resmi cukuplah mudah berikut ini caranya :

  1. Masuk ke aplikasi Telefon yang ada di HP Samsung kamu.
  2. Kemudian ketikkan kode *#06#.
  3. Setelah itu akan keluar otomatis IMEI yang ada pada HP kamu.
  4. Catat IMEI tersebut dan selanjutnya adalah membuka situs resminya.
  5. Kamu bisa mengklik link berikut ini imei.kemenperin.go.id.
  6. Masukkan IMEI yang sebelumnya kamu catat.
  7. Kemudian apabila sudah dan tekan tombol Cari.
  8. Apabila terdata maka akan muncul tulisan IMEI terdaftar di database Kemenperin yang berarti HP kamu adalah HP Resmi.

3. Cek Fisik HP Samsung

Cek HP Samsung

Cara ketiga yang dapat kamu gunakan dalam mengecek HP Samsung kamu asli atau tidak adalah dengan mengecek kondisi fisik dari barang tersebut.

Yang pastinya kita ketahui bahwa HP Samsung memiliki ketahanan fisik yang begitu kuat, memiliki bahan yang berkualitas, dan pastinya build quality yang bisa kita rasakan ketika memegangnya adalah cukup kokoh.

Untuk itu cara ini cukup dapat membedakan HP Samsung yang asli maupun HP Samsung yang palsu, apabila yang palsu maka material yang digunakan terasa cukup murah.

Untuk itu ketika ingin membeli produk dari HP Samsung dan merasakan keraguan maka kita bisa mengecek terlebih dahulu pada kondisi fisik dari barang tersebut agar menjadi kehati-hatian dalam membeli HP Samsung.

4. Cek Kualitas Kamera

Cek HP Samsung

Kualitas kamera HP Asli dengan HP Palsu pastinya memiliki perbedaan yang cukup mencolok, namun apabila kita melihat dari bentuk kameranya saja bisa saja terkecoh sehingga kamu harus mecoba kedua HP tersebut dan melihat perbedaannya.

HP Samsung Asli pastinya memiliki kualitas Kamera yang cukup bagus yang sesuai dengan resolusi yang ditampilkan atau masuk kedalam spesifikasinya, sedangkan untuk HP Samsung Palsu memiliki kualitas kamera yang cukup buruk sehingga kita akan melihat dengan kontras perbedaan kedua HP tersebut.

5. Cek Kualitas Baterai

Baterai

Baterai pastinya menjadi hal yang paling mencolok dari perbedaan Hp yang asli dengan Hp yang palsu, karena biasanya HP yang palsu memiliki kualitas baterai yang cukup jelek atau buruk.

HP Palsu apabila kita menggunakannya terkadang baterai hanya mampu bertahan selama beberapa bulan saja setelah itu mengalami kebocoran yang membuatnya cukup boros ketika dipakai untuk membuka HP.

Baca juga : 12 Harga HP dibawah 2 Juta Paling Bagus

Berbeda dengan Hp yang asli, baterai HP asli pastinya akan bertahan cukup lama hingga bertahun-tahun dan jarang sekali mengalami keborosan apabila kita merawatnya dengan benar.

6. Cek Spesifikasi

Spesifikasi

Dengan mengecek spesifikasi pastinya kita harapkan dapat melihat spesifikasi yang ada di dalam HP tersebut apa saja dan dapat mengecek apakah HP tersebut palsu atau asli.

Kamu dapat melihat apa saja yang ada di dalam seperti CPU, RAM, Kapasitas Memori yang ada di dalam HP, dan spesifikasi lainnya. Kamu dapat menggunakan aplikasi yang bernama CPU-Z dengan menginstall Google Play Store, dan CPU-Z akan otomatis mendeteksi spesifikasi yang ada pada HP kamu.