Cara Masuk BIOS pada Laptop Asus

1 min read

Cara Masuk BIOS Asus – ASUS merupakan sebuah brand elektronik yang sudah cukup terkenal, untuk Laptop ASUS pun sudah cukup terkenal dan banyak sekali tipe yang sudah di perjual belikan di pasaran Laptop.

Laptop ASUS juga sama seperti Laptop lainnya yang dapat mengalami kerusakan seperti pada Software ataupun Hardwarenya, dan terkadang ketika kerusakan kita harus membuka melalui BIOS dan melakukan pengeceknya.

Baca juga : Jenis-Jenis Kabel LAN

Nah untuk masuk kedalam BIOS pastinya bisa dibilang cukup simple namun yang belum tahu pastinya akan mengalami kesulitan dalam melakukannya.

Untuk itu kabelkusutblog.com akan coba membantu kamu dengan tutorial dibawah ini yaitu cara masuk kedalam BIOS di laptop merk ASUS agar tidak mengalami kesalahan.

Cara Masuk BIOS pada Laptop Asus

cara masuk bios asus

  1. Pertama yang harus kamu lakukan adalah menyalakan Laptop ASUS, namun apabila sudah menyala kamu bisa merestartnya.
  2. Kedua ketika sedang booting tekan tombol F2 secara terus menerus.
  3. Ketika berhasil ia akan masuk ke halaman BIOS Laptop ASUS, dan jika gagal kamu bisa mengulangnya lagi ke langkah yang pertama.

Selain itu kamu bisa menekan tombol F8 apabila sudah mencoba dengan menekan tombol F2 namun tidak kunjung masuk ke BIOS. Dengan menggunakan F8 sama saja ketika menggunakan F2 yang membedakan hanya pada tombol yang ditekan secara terus-menerus.

Baca juga : Pengertian dan Fungsi Setiap Bagian pada Motherboard

Selain kedua tombol tersebut kamu juga bisa mencoba tombol lainnya yang dapat digunakan untuk membuka BIOS pada Laptop ASUS, tombol-tombol itu adalah ESC, DEL, dan F12.

Setelah mengetahui bagaimana cara masuk kedalam BIOS pada ASUS, maka selanjutnya kamu harus tahu apa saja fungsi yang ada pada BIOS, karena agar tidak mengalami kesalahan ketika mengoperasikannya.

Berikut ini Fungsi BIOS

1. Mengatur Konfigurasi Dasar pada Perangkat

Cara kerja BIOS kali ini adalah untuk mengkonfigurasi perangkat yang ada pada komputer untuk memberikan informasi dasar yang nantinya dibutuhkan untuk dapat beroperasi. Proses ini dapat diatur dengan diri sendiri dan sesuai kemamuan dari pengguna si komputer.

2. Memberikan Informasi Dasar pada Perangkat

BIOS juga dapat berfungsi untuk memberikan informasi dasar tentang proses interaksi yang berjalan pada setiap-setiap bagian yang ada di komputer ataupun laptop.

3. Menjalankan Sebuah Perintah

Fungsi BIOS yang paling penting adalah untuk digunakan menjalankan sebuah perintah. Para pengguna sebelum melakukan penginsatallan sistem operasi pada Komputer ataupun Laptop, si pengguna tersebut wajib melakukan pengecekan pada bagian yang ada pada komputer ataupun laptop seperti spesifikasi hardware dengan menggunakan BIOS.

Sekian artikel mengenai Cara Masuk BIOS pada Laptop Asus, apabila kamu tertarik dengan artikel lainnya di blog ini maka kamu bisa mengunjungi : Kabelkusutblog.com