Cara Masuk BIOS Laptop Lenovo

1 min read

masuk BIOS Laptop Lenovo

Cara Masuk BIOS Laptop Lenovo – BIOS merupakan singkatan dari Basic Input Output System yang cukup berguna karena BIOS ini program yang digunakan mikroprosesor komputer pribadi untuk nantinya memulai sistem komputer ketika sudah dinyalakan.

BIOS ini cukup berguna bagi kamu yang ingin mengubah settingan yang ada pada perangkat untuk sesuai dengan kemauan kamu sendiri, selain itu BIOS ini sering digunakan oleh pengguna untuk menginstall ulang sistem operasi.

Selain itu fungsi yang didapat ketika membuka BIOS adalah mengecek perangkat yang sudah tersambung ke Laptop ataupun Komputer apabila mengecek dengan membuka desktop tidak terdeteksi.

Baca juga : Cara Masuk BIOS pada Laptop Asus

Setiap merk Laptop pastinya memiliki caranya sendiri yang nantinya berguna dalam membuka BIOS seperti merk ASUS, HP, Acer, MSI, dan merk Lenovo pun memiliki caranya sendiri untuk membuke menu BIOS pada perangkatnya.

Berikut ini Cara Masuk BIOS Laptop Lenovo

masuk BIOS Laptop Lenovo

  1. Langkah pertama, nyalakan laptop yang ingin masuk ke BIOS.
  2. Kemudian tunggu loading atau booting laptop tersebut.
  3. Ketika sedang booting tersebut kamu bisa menekan tombol kombinasi FN dan F1 pada keyboard laptop tersebut, kode ini bisa kamu gunakan pada Laptop Lenovo tipe ThinkPad.
  4. Untuk Laptop Lenovo kamu yang bertipe G405 atau G Series bisa menekan tombol FN dan F2 ketika Booting.
  5. Dan untuk bertipe IdeaPad dapat menekan tombol F1.
  6. Setelah menekan tombol-tombol tersebut sesuai tipe Laptop Lenovo yang digunakan maka akan masuk ke BIOS.
  7. Di dalam BIOS tersebut kamu akan melihat berbagai macam konfigurasi hardware yang dapat diubah sesuai keinginan kamu.

Dalam kasus lainnya semua tipe yang ada pada Laptop Lenovo dapat masuk ke BIOS hanya dengan menekan tombol F1 sebanyak 5-10 kali ketika logo Lenovo masuk pada saat booting.

Selain cara di atas Laptop Lenovo dapat menggunakan cara lain yaitu menggunakan tombol Shift + menghidupkan ulang mesin, berikut ini cara lengkapnya :

  1. Pertama keluar dari Windows dan selanjutnya buka layar masuk.
  2. Kedua tahan tombol Shift pada keyboard sambil mengklik tombol Power di layar.
  3. Terus tahan tombol Shift tersebut dan klik tombol Restart.
  4. Tahan tombol Shift pada kyeboard dan akan membuka layar biru dengan opsi untuk melaknutkan.
  5. Klik Troubleshoot selanjutnya pilih Opsi Lanjutan kemudian pilih UEFI Firmware Settings dan selanjutnya Restart. Dan kemudian pengaturan BIOS akan terbuka.

Baca juga : Sususan Warna Kabel Straight & Kabel Cross

Itulah beberapa cara yang dapat kamu gunakan dalam membuka menu BIOS pada Laptop Lenovo, namun ketika kamu berhasil dalam membuka menu BIOS pada perangkat kamu tersebut sebaiknya berhati-hati karena dapat merubah settingan awal, karena memang membutuhkan pengetahuan dalam mengubah settingan pada BIOS tersebut.

Untuk kamu yang masih awam dalam mengubah ataupun mengatur yang ada pada BIOS lebih baik untuk melihat tutorial terlebih dahulu atau melihat buku panduan yang disediakan oleh Laptop Lenovo terlebih dahulu.

Sekian artikel mengenai Cara Masuk BIOS Laptop Lenovo, apabila kamu tertarik dengan artikel lainnya di blog ini maka kamu bisa mengunjungi : Kabelkusutblog.com