Jenis-Jenis Headset

2 min read

membedakan headset kanan kiri

Jenis-Jenis Headset – Headset merupakan perangkat yang cukup membantu kita dalam mendengarkan music ataupun untuk digunakan menonton film agar lebih fokus daripada biasanya, karena ketika menggunakan speaker akan sulit fokus dan kurang terdengar dengan jelas.

Selain itu juga headset sering sekali digunakan oleh para gamer untuk bermain game karena akan lebih fokus dan juga dapat mendengar step atau langkah kaki lebih jelas apabila sedang bermain game FPS atau game yang bertemakan pertempuran.

Baca juga : Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis

Namun dari banyaknya headset pastinya ada beberapa jenis yang mungkin harus kita ketahui karena rata-rata orang menyebut semua dengan sebutan “Headset” padahal memiliki nama-nama yang berbeda dan memiliki bentuk yang berbeda pula.

Berikut ini Jenis-Jenis Headset

Headset

jenis-jenis headset

Headset merupakan perangkat gabungan antara Headphone dan juga microphone yang dapat kamu gunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Bentuk fisik dari Headset berbentuk seperti bando dan memiliki dua speaker yang terletak di kanan dan juga kiri, selain itu juga disediakan mic yang fungsinya udah kami jelaskan diatas, mic ini biasanya berbentuk memanjang dan bisa didekatkan ke mulut.

Alat ini sering sekali digunakan oleh para gamer karena bisa salin berkomunikasi antar pemain menggunakan mic, selain itu juga sering digunakan oleh customer service untuk menghubungi para clientnya.

Headphone

jenis-jenis headset

Headphone memiliki sedikit perbedaan dibandingkan Headset, letak perbedaannya yaitu terdapat pada tidak adanya Microphone pada Headphone.

Hal itu karena biasanya headphone digunakan oleh orang-orang hanya untuk mendengarkan music atau digunakan untuk menonton film dan pastinya bentuk headphone lebih praktis.

Baca juga : Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis

Backphone

jenis-jenis headset

Backphone pada dasarnya sama saja dengan Headphone yang tidak memiliki microphone yang menempel pada Backphone. bedanya Backphone ini pada bentuk dan cara menaruhnya bentuknya digunakan untuk ditaruh pada leher bukan ditaruh diatas kepala.

Maka dari itu Backphone sering sekali digunakan oleh orang-orang yang gemar olahraga karena dengan ditaruh pada leher membuat perangkat ini tidak mudah untuk jatuh.

Earphone

Earphone merupakan perangkat yang lebih kecil dibandingkan 3 alat sebelumnya yang sudah kami sebutkan diatas. Cara penggunaannya pun cukup berbeda dibandingkan 3 perangkat sebelumnya.

Jika 3 perangkat sebelumnya harus dikalungkan atau digunakan seperti bando berbeda dengan Earphone yang jika kamu ingin menggunakannya harus memasukkan atau di tempelkan pada telinga sehingga tidak mudah untuk lepas. Earphone juga terbagi menjadi beberapa tipe berikut ini tipe-tipenya :

1. IEM

jenis-jenis headset

IEM merupakan singkatan dari In Ear Monitor merupakan earphone yang memiliki karet pada ujungnya yang dapat dimasukkan ke lobang telinga. fungsi karet tersebut adalah untuk meredam suara dari luar yang sering dikenal dengan sebutan Noise Isolating.

Jika kita memakai Earphone tipe ini kita akan lebih fokus karena tidak mendengar suara lain yang berada di luar earphone, Earphone ini juga cukup cocok bagi kamu para pemain game dan pendengar musik yang lebih ngebass.

Baca juga : Cara Mengatasi Google Chrome Banyak Iklan

2. Earbud

earbud

Earbud merupakan jenis kedua dari earphone yang banyak di pakai oleh orang-orang saat ini, bentuk dari Earbud ini hanya ada plastik yang ada lobang-lobangnya yang di peruntukan untuk mengeluarkan suara, penggunaannya pun hanya di sangkutkan pada daun telinga.

Karena hanya ada plastik yang keras dan hanya disangkutkan earphone yang ini pastinya tidak memiliki noise insolating berebda dengan IEM yang sudah kami jelaskan sebelumnya.

3. Earfit

earfit

Pada ujung Earphone tipe Earfit ini sama dengan tipe IEM yang memiliki karet pada ujungnya yang berguna untuk meredam suara yang ada di luar, namun yang membedakan Earfit dengan tipe lainnya terletak pada bentuknya yang melingkar yang dapat digantungkan diatas telinga yang membuatnya sangat cocok bagi yang senang untuk berolahraga.

Itulah beberapa jenis-jenis headset yang mungkin harus kamu pahami agar tidak salah dalam menyebutkan dan salah dalam membeli tipe headset yang mana yang ingin kamu beli.