Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis

2 min read

baterai laptop cepat habis

Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis – Baterai merupakan suatu komponen atau perangkat yang cukup penting pada Laptop karena Laptop dapat dibawa dan dihidupkan dimana saja yang membuat baterai cukup penting.

Untuk itu karena komponen tersebut cukup penting kita harus menjaganya dengan baik-baik karena apabila memakainya dan tidak menjaganya dengan baik dapat berakibat habis dan menjadi boros baterai ketika sedang digunakan.

Baca juga : Website Download Wallpaper

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan hal itu terjadi di antaranya adalah :

  1. Laptop digunakan untuk menjalankan aplikasi berat
  2. Menggunakan Laptop sambil di charger
  3. Terlalu memaksakan laptop
  4. Suhu baterai atau laptop yang tinggi
  5. Salah dalam meletakkan laptop
  6. Baterai sudah bocor atau soak

Setelah mengetahui hal-hal yang menyebabkan baterai pada laptop menjadi sangat boros maka selanjutnya kamu harus tahu bagaimana cara mengatasinya agar baterai menjadi hemat kembali ketika dipakai :

1. Isi Baterai Sampai Penuh

baterai laptop cepat habis

Cara pertama ini pastinya cukuplah ampuh karena apabila kita tidak mengecharge baterai sampai penuh dan ingin dibawa kemana-mana maka baterai itu akan cepat habis dikarenakan hanya mungkin tersisa kapasitas baterai ketika dibawah.

Ketika ingin dibawa untuk berpergian dan ingin baterai yang ada pada laptop menjadi awet maka kamu harus menchargenya hingga 100% dan harus di pastikan bahwa baterai itu benar-benar penuh, karena baterai yang penuh akan membuat laptop dapat hidup lebih lama.

Namun apabila laptop kamu ketika di isikan daya namun cukup cepat sampai 100% yang hanya beberapa menit kamu harus memastikannya lagi karena apabila baterai bocor bisa membuat baterai cepat penuh namun akan cepat pula untuk habis.

2. Mengatur Daya Baterai

baterai laptop cepat habis

Untuk kamu yang menggunakan sistem operasi Windows 10 kamu bisa mengatur penggunaan pada baterai namun akan berpengaruh kepada performa daripada laptop kamu.

Untuk mengaturnya kamu bisa mengklik icon bateri yang ada di pojok kanan bawah yang biasanya berada disebelah logo wifi ataupun logo sound.

Setelah kamu mengklik icon tersebut maka selanjutnya pilih performance yang kamu inginkan apabila kamu menekan pada Best Performance atau yang paling kanan maka akan membuat baterai kamu akan cepat habis namun performa dari laptop kamu akan semakin cepat.

Nah untuk kamu yang ingin menghemat dan membuat baterai tidak cepat habis maka kamu bisa memilih pada bagian Best Baterry Life yang ada di paling kiri itu akan membuat baterai kamu lebih hemat daripada sebelumnya ketika menggunakan Best Performance.

Baca juga : Cara Menghilangkan Watermark Filmora

3. Biarkan Baterai Habis Sendiri

low bat

Cara kelima adalah dengan mencoba untuk membiarkan baterai yang ada di laptop kamu untuk habis dengan sendirinya, setelah baterai yang ada di laptop tersebut sudah benar-benar habis maka kamu bisa menchargenya.

Hal tersebut akan mengkalibrasi baterai yang ada pada laptop, ketika sudah di charge diusahakan jangan coba-coba memainkan laptop tersebut ketika di charge pastikan sudah selesai terlebih dahulu baru kamu coba untuk jalankan.

4. Menyiapkan Hibernate dan Opsi Low Baterry

baterai laptop cepat habis

Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan hibernate dan opsi low baterry kamu bisa melakukan hal ini melalui Power Options, kemudian menuju Change Plan Settings, selanjutnya ke Advance Settings, setelah itu ke Baterry dan Set it no hibernate, dan atur menjadi Low baterry level 5%.

5. Install Smarter Baterry

smarter baterry

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi baterai cepat habis adalah menginstall aplikasi yang bernama Smarter Baterry. Aplikasi ini berguna untuk memeriksa dan juga memantau baterai yang ada pada laptop dan akan memeberikan datanya pada kamu yang dapat kamu gunakan untuk mendiagnosa hal apa yang sedang terjadi pada baterai laptop kamu.

Dan yang tak kalah penting adalah aplikasi ini dapat kamu gunakan untuk menghemat baterai yang ada pada perangkat.

Cara Lainnya :

6. Jangan Jalankan Aplikasi Berat

Hal ini pastinya harus kamu hindari apabila laptop kamu ingin bertahan cukup lama dengan baterai yang tersisa pada laptop kamu, karena jika menggunakan atau menjalankan aplikasi yang berat sistem akan bekerja dengan cukup keras sehingga membuat sistem panas dan akan berakibat baterai yang ada pada laptop menjadi cukup boros.

Aplikasi-aplikasi yang berat tergantung dari spesifikasi laptop kamu apabila laptop kamu tidak direkomendasikan menjalankan suatu aplikasi maka jangan dijalankan aplikasi tersebut yang berarti aplikasi tersebut termasuk kedalam aplikasi yang berat untuk laptop kamu.

Baca juga : Cara Mengatasi Google Chrome Banyak Iklan

7. Jangan Digunakan Untuk Game Berat

Game pastinya ada yang ringan dan ada yang berat untuk game yang berat tersebut pastinya memerlukan spesifikasi laptop yang lebih mumpuni dan pastinya akan memakan RAM dan juga system yang besar.

Dengan memakan system yang berat tersebut dapat berakibat dengan borosnya baterai yang ada pada laptop, jadi apabila kamu sedang menghemat baterai lebih baik jangan digunakan untuk bermain game terlebih dahulu.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi borosnya baterai pada laptop kamu semoga dapat membantu dan membuat baterai yang ada pada laptop tidak boros kembali.