Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis

2 min read

penyebab laptop cepat habis

Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis – Setiap Laptop pastinya memiliki baterai yang berguna untuk menyalurkan daya ke seluruh perangkat yang ada pada laptop agar laptop tersebut hidup dan berjalan dengan normal.

Pastinya ketika kita menggunakan Laptop berharap baterai yang ada di Laptop dapat bertahan dengan lama agar kita bisa menggunakan perangkat tersebut cukup lama.

Ada beberapa laptop yang memiliki tingkat keawetan baterai yang cukup dan bisa bertahan bahkan bisa sampai seharian, namun itu pastinya memerlukan perawatan yang lebih lagi agar bisa menjaga kondisi baterai tersebut hingga bertahun-tahun.

Baca juga : Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis

Biasanya laptop menjadi semakin boros ketika usia laptop bertambah yang terkadang pada usia laptop yang sudah mencapai 5 tahun akan semakin boros bahkan sudah ada laptop yang apabila casan dicabut baterai dapat langsung habis.

penyebab laptop cepat habis

Selain disebabkan oleh usia laptop itu sendiri pastinya ada beberapa penyebab yang dapat membuat baterai di Laptop itu menjadi sangat boros ketika sedang digunakan.

Berikut ini Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis

penyebab laptop cepat habis

1. Laptop digunakan menjalankan Aplikasi yang berat

Laptop pastinya memiliki batas kemampuan yang apabila kita melebihinya maka harus siapa dengan konsekuensi yang harus dihadapi nantinya, salah satu contoh adalah menjalankan aplikasi yang berat.

Aplikasi-aplikasi yang berat dapat berupa aplikasi editing video, foto, aplikasi coding, aplikasi pembuat aplikasi, dan juga aplikasi 3D desain yang cukup berat.

Aplikasi-aplikasi yang sudah disebutkan di atas patinya akan memakan pada bagian system dengan cukup banyak yang dapat mengakibatkan borosnya baterai yang ada pada laptop sehingga baterai jadi cepat habis walaupun baru saja diisi.

Baca juga : Website Download Wallpaper

2. Menggunakan laptop ketika di charge

Sama seperti Hp yang apabila menggunakan Hp ketika masih di isikan dayanya maka akan berakibat buruk kepada Hp tersebut, perangkat Laptop pun bisa dibilang sama yang ketika sedang diisikan dayanya lebih baik jangan di mainkan terlebih dahulu.

Karena apabila dimainkan dan digunakan untuk aplikasi yang berat dapat berakibat baterai yang ada pada laptop menjadi rusak atau menjadi soak dan juga bisa menjadi bocor yang membuat kita ketika ingin bermain laptop menjadi sangat boros.

3. Suhu baterai yang tinggi

Suhu pada laptop pastinya sangat berpengaruh pada borosnya baterai yang ada pada laptop. Apabila suhu yang ada di baterai atau laptop sangatlah tinggi maka kamu bisa menginstirahatkan laptop tersebut terlebih dahulu untuk mengistirahatkan si laptop agar menjadi dingin kembali.

Apabila suhu pada laptop sudah dingin barulah kamu bisa menggunakan laptop tersebut lagi dan kamu harus memeperhatikan lagi dengan seksama suhu yang ada pada laptop.

4. Menjalankan Game yang berat

Siapa yang tidak tahu dengan yang namanya game, kamu pastinya sering memainkan game di Laptop ataupun perangkat lainnya, di beberapa game memerlukan spesifikasi dari sistem yang cukup berat.

Hal tersebut bisa membuat game dibilang menjadi aplikasi yang berat yang mengharuskan kinerja lebih daripada si laptop tersebut yang membuat baterai yang ada pada laptop akan menjadi boros.

Yang biasanya satu hari habis ketika digunakan untuk mengetik ataupun hal lainnya maka bisa berubah yang dapat habis ketika 6 jam ataupun kurang yang sangat amat boros.

5. Laptop digunakan sampai baterai benar-benar habis

Baterai yang ada di laptop dibiarkan sampai habis dapat berakibat fatal dan dapat merusak sistem yang ada pada laptop, hal ini sangatlah buruk untuk Hp ataupun Laptop. Diusahakan ketika kita menggunakan laptop jangan sampai baterai yang ada pada laptop sampai benar-benar habis ataupun kosong, karena yang sudah kami sebutkan sebelumnya itu dapat merusak perangkat yang ada di dalam laptop.

Baca juga : Cara Menghilangkan Watermark Filmora

6. Laptop terlalu dipaksakan

baterai

Hal yang terlalu memaksakan pastinya tidak baik, sama dengan memaksakan Laptop kamu untuk bekerja ekstra dan menjalankan beberapa aplikasi yang berat-berat ataupun bekerja dengan cukup lama.

Laptop yang terlalu dipaksakan pastinya akan membuat hal buruk terjadi pada laptop kamu salah satu hal yang dapat terjadi adalah membuat baterai yang ada di laptop menjadi boros dan bisa membuat si baterai menjadi rusak apabila dilakukan setiap hari.

7. Salah dalam meletakkan laptop

Tidak seperti Hp yang ditaruh dimana saja akan aman, untuk Laptop kamu harus memperhatikan peletakan Laptop yang tidak dapat sembarangan karena apabila kamu memainkan laptop di kasur atau ditempat yang lunak misalnya akan membuat sirkulasi udara yang ada di laptop menjadi tidak normal.

Karena tidak normalnya sirkulasi udara tersebut akan membuat laptop kamu menjadi cukup panas yang akan berakibat borosnya baterai yang ada pada laptop, karena panas akan membuat baterai bekerja lebih daripada biasanya.

8. Baterai yang tidak ori atau buruk

Penyabab baterai laptop cepat habis yang terakhir adalah kondisi atau keaslian dari baterai cukup buruk, hal ini pastinya akan sangat amat berpengaruh pada laptop karena apabila baterai yang ada pada laptop kamu memiliki kualitas yang sangat buruk pastinya akan berakibat cukup fatal seperti laptop gampang mati, baterai cepat habis walaupun baru di cas, dan hal-hal lainnya dapat terjadi.

Itulah 8 penyebab yang dapat membuat baterai yang ada pada laptop kamu menjadi boros atau cepat habis, untuk itu kamu bisa menghindari hal-hal tersebut dan jangan sampai melakukan beberapa hal yang sudah disebutkan diatas.