Cara Mengetahui Traffic Pengunjung Website

4 min read

traffic pengunjung website

Cara Mengetahui Traffic Pengunjung Website – Traffic ataupun pengunjung bagi website merupakan hal yang paling penting. Website-website bisa mendapatkan Traffic dengan banyak sekali cara yaitu dengan share ke media social yang kita punya ataupun menggunakan berbagai macam teknik.

Salah satu cara untuk mendapatkan Traffic adalah dengan menggunakan ads atau beriklan ke Google langsung dan memasukkan link dari website kita ke ads tersebut, dan ads tersebut akan coba merekomendasikan website yang kita masukkan ke orang-orang yang mugkin ingin berkunjung.

Namun setelah mendapatkan traffic atau pengunjung yang berkunjung ke website kita pastinya kita ingin melihat ada berapa orang yang datang hari ini atau rekap dalam sebulan.

Baca juga : Cara Menghilangkan Notifikasi Shareit

Hal tersebut dapat kamu cek melalui website-website atau aplikasi yang dapat mendeteksi ada berapa yang sedang aktif di website kamu atau rekap dalam sehari penuh.

Berikut ini Cara Mengetahui Traffic Pengunjung Website

1. Menggunakan Google Analytics

traffic pengunjung website

Cara pertama yang dapat kamu gunakan untuk mengecek traffic yang ada pada website kamu adalah dengan menggunakan Google Analytics, Google Analytics ini akan menampilkan traffic yang terjadi langsung pada website kamu.

Misal ada pengunjung baru yang mengunjungi link daripada website kamu maka akan langsung terdeteksi oleh Google Analytics dan kamu bisa memantaunya langsung, selain itu akan disediakan banyak sekali data traffic yang terjadi dari harian, bulanan, bahkan hingga tahunan akan tersedia dengan lengkap.

Selain itu Google Analytics ini merupakan sebuah aplikasi atau website yang langsung dibuat oleh Google yang menjadikan website ini sudah banyak sekali pemakainya dan sangat bagus dengan fitur-fitur pendukungnya.

Untuk menggunakan Google Analytics kamu harus punya akun Google terlebih dahulu dan kemudian membuat akun Google Analytics dan selajutnya sambungkan akun Google Analytics tersebut ke website yang kamu punya untuk memantau trafficnya.

2. Menggunakan Alexa

traffic pengunjung website

Kedua adalah menggunakan Alexa, Alexa sudah sangat terkenal di seluruh dunia dan pemakainya juga sudah sangat amat banyak. Alexa merupakan website traffic statistics yang dibuat langsung oleh Amazon dan sudah menjadi rujukan untuk mngecek traffic yang ada di website.

Untuk penggunaan Alexa sendiri cukuplah mudah dan bisa dibilang cukup sederhana. Kamu hanya perlu untuk memasukkan Domain yang ingin kamu cari ke alat yang bernama Website Traffic Statistics.

Kemudian akan ditampilkan berbagai macam hal terkait keyword dan juga traffic yang datang ke domain kamu. Selain itu kamu juga bisa melihat yang lebih rinci dan juga detail melalui Traffic Metrics yang akan disediakan sebuah tombol untuk menuju menu tersebut.

Baca juga : Cara Cek Garansi iPhone

3. Menggunakan Ubersuggest

traffic pengunjung website

Para pencari keyword dan ingin menganalisis SEO pastinya sudah tidak asing lagi dengan namanya Ubersuggest yang fitur di dalamnya sudah lumayan lengkap. Tampilan Ubersuggest sangat baik dan sangat mudah untuk digunakan walaupun kamu masih pemula.

Selain itu Ubersuggest gratis dalam penggunaannya, namun ada fitur upgrade apabila kamu ingin mendapatkan fitur yang lebih daripada user yang menggunakan Ubersuggest gratis.

Cara penggunaannya pun cukup mudah kamu hanya perlu membuat akun Ubersuggest, dan apabila membuat akun tersebut telah selesai maka kamu bisa menggunakan fitur yang ada di dalamnya.

Setelah berhasil membuat akun kamu bisa masuk ke menu Cari dan mencari nama domain yang ingin kamu cari berapa traffic yang telah berkunjung, biasanya akan ditampilan dibagian Original Monthly Traffic yang berarti traffic setiap bulannya.

4. Menggunakan Ahrefs

traffic pengunjung website

Para pencari judul artikel yang banyak peminatnya pastinya sudah tidak asing dengan yang namanya Ahrefs, Ahrefs sudah sangat populer dan penggunanya pun sudah sangat banyak di dunia.

Fitur-fiturnya cukup terkini, sangat update, dan pastinya akan sangat berguna apabila kita menggunakannya. Fitur-fitur yang cukup penting diantarnya domain checker, keyword explorer yang berguna untuk mencari aritkel, site audit, rank tracker, domain analysist, content explorer dan masih banyak lagi fitur-fitur lainnya.

Dan yang kamu cari-cari yaitu mengetahui pengunjung yang ada di website juga ada di Ahrefs, namun semua fitur atau tools yang ada pada Ahrefs tidak ada yang gratis melainkan kamu harus membayarnya sebesar 99$ setiap bulannya.

Untuk penggunaannya kamu hanya perlu login menggunakan akun yang sudah dimiliki lalu ke menu Site Explorer dan masukkan nama domain yang ingin kamu cari atau identifikasi.

5. Menggunakan SimiliarWeb

traffic pengunjung website

Apabila kamu ingin mengetahui traffic atau pengunjung melalui atau berdasarkan negara mungkin SimiliarWeb solusinya karena pada SimiliarWeb menyediakan fitur tersebut yang pastinya kita dapat memanfaatkannya.

Fitur lainnya selain mengetahui traffic berdasarkan negara adalah mengetahui traffic dari sosial media, minat para pencari, sumber traffic, presentase organic traffic dan juga paid traffic, dan masih banyak fitur-fitur lainnya yang dapat kamu manfaatkan.

Kamu juga akan ditampilkan rata-rata durasi kunjungan dari orang yang mengunjungi website kamu, halaman yang dibuka oleh pengunjung, dan pastinya ada atau menyediakan Bounce Rate.

6. Menggunakan SE Ranking

SE Ranking

SE Ranking akan membantu kamu dalam hal melihat traffic yang ada pada suatu domain atau suatu website yang fitur didalamnya juga sudah sangat lengkap dari mulai memberikan rekomendasi keyword yang dapat kamu gunakan dan juga mengawasi perubahan apa saja yang terjadi pada halaman.

Sama seperti SimiliarWeb, SE Ranking juga dapat kamu pergunakan untuk melihat traffic berdasarkan negara, namun untuk sekarang ini SE Ranking belum memasukkan atau menyediakan opsi negara Indonesia, jadi apabila kamu menggunakan situs ini masih belum tahu berapa total kunjungan yang berasal dari Indonesia.

Apabila kamu menggunakannya dan mencari domain kamu maka akan langsung ditampilkan berbagai macam perbandingan seperti organic traffic dan paid traffic atau traffic berbayar, dan juga akan disediakan berupa informasi seperti keyword utama dan juga menyediakan daftar-daftar website kompetitor.

7. Menggunakan Siteprice

siteprice

Apabila kamu membutuhkan website yang berguna untuk mnegecek traffic dan juga gratis maka Siteprice merupakan jawabannya karena situs ini menyediakan fitur tersebut secara cuma-cuma atau gratis.

Cara penggunaannya pun sama dengan situs-situs sebelumnya yaitu kamu harus memasukkan domain atau website yang ingin diidentifikasi dan setelah itu akan langsung menampilkan traffic dan juga ranking dari domain atau website tersebut.

Biasanya di data akan ditampilkan berupa jumlah kunjungan perhari, berapa kali pengunjung mendatangi website kamu, dan rata-rata pengunjung menghabiskan waktu untuk mengunjungi website kamu.

Baca juga : Cara Download File di Google Drive

8. Menggunakan Websites Worth Calculator

website worth calculator

Website Worth Calculator memiliki fitur yang tidak jauh beda dengan Siteprice yang dapat kamu pergunakan secara cuma-cuma atau bisa dibilang dapat digunakan semua fitur yang ada didalamnya secara gratis.

Apabila kamu sudah mencari website atau situs yang ingin kamu identifikasi maka akan ditampilkan berupa kunjungan perhari atau Daily kunjungan perbulan atau Montly dan juga kunjungan pertahun atau Yearly.

9. Menggunakan SEMRush

traffic pengunjung website

SEMRush tersedia berbagai macam versi mulai dari versi yang berbayar dan juga versi yang gratis, untuk versi yang berbayar pastinya memiliki kelebihan daripada versi yang gratis dari segi fitur-fitur yang nantinya bisa digunakan.

Apabila kamu teratarik untuk menggunakan versi yang berbayar maka kamu bisa mencoba trial yang disediakan oleh SEMRush selama seminggu yang mengharuskan kamu untuk mandaftarkan akun terlerbih dahulu apabila ingin mencoba trial tersebut.

Fitur-fitur yang disediakan oleh SEMRush diantaranya Domain rank, jumlah traffic berdasarkan negara, kata kunci organic, hasil pencarian berbayar atau paid traffic, analisis backlink, dan ada juga fitur-fitur SERP yang nantinya bisa kamu dapatkan.

10. Menggunakan Histats

histats

Para pengguna blogger yang sudah lama pastinya sudah tidak asing dengan yang namanya Histats, karena dulu banyak sekali pengguna menggunakan situs atau fitur ini untuk mengecek jumlah traffic yang telah berkunjung ke website.

Histats ini walaupun sudah lama tidak kalah canggih dibandingkan website-website yang ada diatas. dengan menggunakan Histats ini kamu bisa mengecek jumlah traffic yang telah berkunjung ke website dan juga kamu bisa melacak konversi dengan menggunakan custom event tracking.

Untuk menggunakannya kamu hanya perlu untuk login ke website Histats dan kamu bisa langsung menggunakannya untuk mencari statistik website yang kamu gunakan kapanpun dan juga dimanapun.

Itulah 10 situs atau aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mengetahui traffic pengunjung website yang dijamin cukup mudah dalam penggunaannya. Apabila kamu ingin membaca artikel lainnya maka kamu bisa membuka Kabelkusutblog.com.