Cara Mengatasi WiFi IndiHome Lemot

3 min read

wifi indihome lemot

Cara Mengatasi WiFi IndiHome Lemot – WiFi merupakan salah satu perangkat yang sekarang ini sudah tidak asing karena sudah mudah ditemui di manapun kita berada.

Dan sudah dapat dijumpai dengan gratis dalam menggunakannya atau disebut dengan Free WiFi dan juga dengan membayar sedikit yaitu sebesar 5000 rupiah di WiFi Corner yang ada di IndiHome atau Telkom biasanya.

Dan yang terakhir adalah WiFi yang harus kita bayar setiap bulannya untuk menggunakan paket WiFi bulanan, paket ini disediakan berbagai macam provider dan salah satunya adalah IndiHome.

Sama seperti povider lain yang juga pasti mengalami yang namanya gangguan seperti jaringan mati ataupun lemot, IndiHome pun pernah mengalami hal tersebut.

Hal tersebut dapat kamu atasi dengan sendirinya, namun apabila sudah tidak dapat mengatasinya dengan diri sendiri kamu dapat mengunjungi atau menghubungi pihak terkait.

Untuk kamu yang ingin mengatasinya sendiri kamu dapat mencoba beberapa cara yang akan kami sampaikan di bawah ini, namun sebelum itu kita harus mengetahui apa saja penyebab dari WiFi yang lemot tersebut.

Baca juga : 5 Cara Scan Dokumen Menggunakan HP Dengan Mudah

Berikut ini Penyebab WiFi IndiHome Mengalami Lemot

1. Sudah Mencapai Ambang Batas atau FUP

FUP merupakan singkatan dari Fair Usage Policy atau yang sering diartikan oleh pengguna adalah mencapai ambang batas pemakaian sehingga apabila sudah melebihi akan mengalami penurunan kecepatan.

Ambang batas atau FUP merupakan suatu hal yang cukup wajar dan sering ditemui ketika ingin menggunakan internet rumah seperti IndiHome.

Jadi apabila ambang batas yang sudah kamu ketahui adalah 350GB yang diberikan oleh provider maka apabila kamu menggunakannya lebih dari 350GB maka akan mengalami lemot pada jaringan.

Untuk mengatasi hal tersebut kamu dapat menambah masa paket biasanya disediakan oleh IndiHome, namun apabila kamu tidak mau untuk menambah hal tersebut kamu bisa menunggu dengan sabar sampai bulan berikutnya dan internet akan stabil lagi.

2. Terlalu Banyak Pengguna

banyak pengguna

Penyebab yang kedua ini sering dialami karena WiFi pun memiliki batas pengguna yang apabila batas tersebut dilampaui dan para pengguna tersebut menggunakannya untuk download maka yang akan terjadi adalah jaringan menjadi lemot.

Untuk mengatasi hal tersebut kamu harus tagu berapa kecepatan WiFi yang ada dirumah dan berapa perangkat yang diizinkan untuk tersambung, berikut ini rekomendasi jumlah perangkatnya :

10 Mbps 1 – 3 Perangkat
20 Mbps 3 – 5 Perangkat
30 Mbps 5 – 7 Perangkat
40 Mbps 7 – 10 Perangkat
50 Mbps 10 – 12 Perangkat
100 Mbps 12 – 18 Perangkat
200 Mbps 18 – 25 Perangkat
300 Mbps 25 – 30 Perangkat

3. Terlalu Banyak Penghalang Dirumah

Penghalang tersebut bisa seperti tembok-tembok yang terlalu banyak yang ada di rumah, karena hal tersebut pastinya dapat mengganggu sinyal yang akan menyebar di dalam rumah.

Dengan terlalu banyaknya penghalang atau tembok yang ada di dalam rumah pastinya nanti di setiap sudut di rumah akan berbeda kualitas dari jaringan dan nantinya di suatu sudut akan ada yang mengalami lemot pada jaringan.

Baca juga : Cara Mengatasi Sinyal Smartfren Hilang

4. Salah Satu Pengguna Menggunakan Internet Berlebih

Internet berlebih itu dimaksudkan untuk salah satu pengguna yang mendownload terlalu banyak sehingga jaringan yang tersebar di rumah akan terganggu.

Apabila salah satu mendownload berlebih dan lama, maka jaringan lainnya yang menyambung ke perangkat lain akan mengalami penurunan kualitas jaringan yang menjadikannya tidak stabil dan cenderung lemot.

5. Perangkat Rusak

repeater

Perangkat seperti Modem dan juga Router pastinya sangat penting untuk kenyamanan ketika menggunakan internet karena perangkat tersebut yang menjadi penyambung ke internet.

Jadi apabila perangkat tersebut mengalami kerusakan maka bisa berakibat dengan jaringan yang semakin berkurang dan bahkan bisa berakibat hilangnya jaringan yang ada.

6. Sedang Gangguan dari Pusat

Setiap provider internet pasti pernah yang mengalami gangguan seperti internet yang tiba-tiba melemah atau bisa juga mengalami RTO pada jaringan padahal yang memakai sedikit.

Berikut ini Cara Mengatasi WiFi IndiHome Lemot Menjadi Ngebut

1. Restart Router

Cara pertama yang dapat kamu lakukan pertama kali apabila WiFi IndiHome yang ada di rumah kamu mengalami lemot adalah merestart Router yang ada di rumah terlebih dahulu.

Tujuan dari merestart ini adalah mereset atau mengkalibrasi ulang jaringan yang sebelumnya mengalami error menjadi fresh kembali sehingga menjadi lebih baik pada jaringannya.

Untuk waktu yang dibutuhkan untuk merestart router adalah sekitar 5 menit, kegiatan ini membuat perangkat-perangkat yang tersambung pada internet sebelumnya akan terputus namun hanya sementara waktu.

2. Batasi Pengguna

Seperti yang dibahas sebelumnya yaitu penyebab dari internet lemot adalah pengguna yang berlebih untuk mengatasinya kamu bisa membatasi pengguna, misalnya pengguna yang dapat masuk ke WiFi hanya 5 atau 10.

Hal ini dapat membuat internet kamu menjadi lancar kembali, karena pengguna yang sebelumnya banyak menjadi sedikit membuat sinyal yang tadinya terbagi ke banyak perangkat menjadi sedikit.

3. Upgrade Paket IndiHome

wifi indihome lemot

Apabila pengguna di rumah kamu banyak dan perangkat yang ada pun banyak maka internet dengan kecepatan 10Mbps akan sangat kurang untuk mencukupi perangkat-perangkat tersebut.

Untuk itu apabila ingin mendapatkan kecepatan yang stabil di semua perangkat maka kamu bisa menambah kecepatan dari WiFi IndiHome kamu menjadi 20Mbps, 30 Mbps, atau yang paling besar yaitu 100 Mbps.

4. Ganti Password

wifi indihome lemot

Cara ini cukup mudah untuk dilakukan dan juga ampuh, karena biasanya apabila WiFi sudah terlalu lama berada dan sudah lama pula tidak di ganti passwordnya sudah diketahui banyak orang,

Sehingga penggunanya pun akan bertambah yang akan berakibat melambatnya jaringan yang ada pada WiFi, untuk itu kamu bisa mengganti password WiFi secara rutin.

5. Gunakan Repeater

wifi indihome lemot

Repeater merupakan sebuah alat yang dapat menyebarkan koneksi yang ada di rumah kamu, alat itu dapat ditempatkan di ruangan yang cukup jauh dari jaringan sehingga alat tersebut menyebarkan jaringan baru.

Jaringan baru tersebut yang akan membuat ruangan yang sebelumnya memiliki koneksi yang lemah menjadi kencang kembali dan memiliki kecepatan yang sama seperti ruangan yang memiliki sinyal kencang.

Baca juga : 6 Cara Mengatasi Sinyal Telkomsel Hilang Pada HP

6. Taruh Router di Tempat yang Tinggi

wifi indihome lemot

Tempat yang tinggi dan juga strategis akan menyebarkan jaringan secara menyeluruh keseluruh rumah sehingga seluruh bagian rumah yang sebelumnya tidak mendapatkan sinyal menjadi dapat.

Penempatan Router ini sangatlah berpengaruh karena apabila tidak tepat dan tidak strategis maka akan menyebabkan kecepatan dari internetpun kurang maksimal yang akan menajdikannya lemot.

7. Hapus Cache pada Browser

Cache

Cara terakhir untuk mengatasi WiFi IndiHome yang lemot adalah menghapus Cache yang ada pada Browser, Cache pastinya akan mengganggu jalannya sebuah program dan juga internet.

Untuk itu kamu harus menghapus Cache yang ada pada Google Chrome, Mozilla Firefox dan juga aplikasi Web Browser lainnya agar internet kembali menjadi lancar.

Itulah 7 cara yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi WiFi IndiHome yang kamu gunakan yang tadinya memiliki kecepatan yang lambat menjadi memiliki kecepatan yang cepat. Apabila kamu tertarik untuk membaca artikel lainnya maka kamu bisa membuka Kabelkusutblog.com.