Cara Mengatasi Sinyal Telkomsel Hilang Pada HP

2 min read

kode paket telkomsel murah

6 Cara mengatasi sinyal Telkomsel hilang pada HP – Telkomsel adalah salah satu perusahaan operator seluler yang cukup sangat terkenal di Indonesia karena memiliki jaringan yang sangat luas hingga dapat masuk ke pelosok-pelosok Indonesia. Tekomsel sendiri memiliki beberapa produk yaitu : kartuHalo, simPATI, Kartu As dll.

cara mengatasi sinyal Telkomsel hilang

Namun pasti kalian pernah merasakan jaringan yang hilang ataupun error di hp kalian, sebelum masuk ke cara mengatasinya mari kita cari tahu dulu apa faktor-faktor yang menyebabkan sinyal tersebut hilang dari hp kalian.

Baca juga : 6 Cara Mengatasi Sinyal Internet Indosat Hilang Dengan Cepat & Mudah

Penyebab Sinyal di HP Hilang

1. Simcard di Hp Kalian Tidak Terpasang Dengan Pas

simcard

Yup, ini sering kali di jumpai. Apabila kalian memasang simcard tidak pas pada posisinya itu dapat menyebabkan sinyal tidak akan muncul apabila kalian belum membenarkannya. kalian dapat membenarkannya dengan membuka kembali lalu memasang dengan pas dan nantinya sinyal kalian akan muncul kembali dan kalian dapat menggunakannya dengan normal.

2. Rusaknya Perangkat Keras atau Hardware di Hp Kalian

Banyak penyebab yang mengakibatkan Hardware hp kalian rusak yaitu hp kalian pernah terjatuh, masuk ke dalam air, membuka hp tidak sesuai prosedur, mengotak-atik hardware hp kalian sendiri tanpa bantuan ahli.

Jika beberapa hal itu terjadi bisa saja salah satunya merusak bagian jaringan di hp kalian yang mengakibatkan sinyal di hp kalian hilang dan tidak akan muncul. Apabila hp masuk ke dalam air itu juga dapat mengakibatkan karat di bagian dalam hp dan menyebabkan bagian dalam rusak akibat karat itu. Jika memang sudah di pastikan rusak kalian dapat membawa hp kalian ke konter-konter resmi atau konter hp yang kalian percayai dan mungkin biayanya tidaklah murah.

3. Faktor Cuaca di Sekitar Kalian

Jika di tempat kalian cuaca sedang tidak mendukung atau sedang hujan yang cukup deras itu dapat mengakibatkan sinyal di hp kalian akan melambat dan dapat juga mengakibatkan hilangnya sinyal di hp kalian. Apabila terjadi hujan yang sangat deras atau cuaca yang tidak mendukung lebih baik jangan dulu menggunakan hp.

4. Mati lampu

Penyebab yang terakhir adalah mati lampu, mati lampu dapat mengakibatkan sinyal hilang karena tower atau BTS di sekitar kalian akan ikut padam juga sehingga hp kalian akan mencoba menggapai tower atau BTS yang masih aktif sehingga akan mengakibatkan sinyal kalian mengalami penurunan atau malah bisa menghilang.

Cara Mengatasi Sinyal Telkomsel Hilang

1. Resart hp kalian

restart hp

Cara pertama yang kalian dapat lakukan adalah merestart hp kalian, karena jika kalian merestart hp itu dapat mereset ulang jaringan di hp kalian dan akan mencari jaringan baru di sekitar kalian tunggu beberapa saat dan sinyal di hp kalian akan segera muncul.

Baca juga : Cara Mengatasi Sinyal Axis Hilang & Tidak Ada Layanan Dengan Mudah

2. Menghidupkan dan mematikan mode pesawat

cara mengatasi sinyal telkomsel

Cara ini sangatlah mudah di lakukan yaitu dengan menghidupkan mode pesawat dan tunggu sekitar 3 menitan lalu kalian matikan mode pesawat tersebut dan sinyal akan segera muncul. Mode pesawat dapat membantu merestart jaringan kalian untuk mencari jaringan yang baru di hp kalian, apabila sinyal hilang kembali kalian dapat melakukan hal itu kembali.

3. Menunggu Perbaikan Jaringan Selesai

Biasanya sebuah provider memiliki jadwal-jadwal sendiri ketika ingin memperbaiki jaringan yang ada di suatu wilayah, dan apabila provider Telkomsel yang kamu pakai sedang mengalami hilang sinyal mungkin di daerah kamu sedang dilakukan perbaikan atau maintenance jaringan oleh provider yang bersangkutan.

Kamu hanya bisa menunggu sampai perbaikan tersebut selesai, terkadang perbaikan jaringan tersebut tidak memakan waktu yang lama, paling lama mungkin hanya 24 jam.

4. Menggunakan kode *#*#4636*#*#

cara mengatasi sinyal telkomsel

1. Ketikan kode *#*#4636*#*#
2. Pilih Sim 1 atau Sim 2 yang terdapat kartu Telkomselnya
3. Selanjutnya pilih LTE only dan tunggu beberapa saat sinyal di hp kalian akan segera muncul

5. Setting ulang APN Kalian

Jika jaringan kalian tak segera muncul kalian dapat menyetting ulang jaringan telkomsel kalian di pengaturan :

Android : Setting/pengaturan > Mobile Network Setting > Access Point Names > New APN

iOS : Setting > Cellular > Cellular Data Options > Celluler Data Network to fill your APN Settings

APN TELKOMSEL :

Name APN : Telkomsel Internet
APN Akses : telkomsel
Proxy : kosongkan
Port : kosongkan
Username : wap
Password : wap123
Server : kosongkan
MMSC : kosongkan
MMS Proxy : kosongkan
MCC :
 510
MNC : 10
Authentication type : PAP
APN type : default,supl

6. Hubungi Customer Service

Jika 5 cara di atas masih belum bisa coba kalian hubungi langsung pihak Telkomsel melalui :

  • Nomor : 188 ( untuk kartuHalo, simPATI, Kartu As dan Loop)
  • Email : cs@telkomsel.co.id
  • Twitter : @telkomsel
  • Facebook : Telkomsel

    sumber : www.telkomsel.com

Itulah 6 cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi sinyal Telkomsel yang hilang pada Hp kamu, apabila kamu tertarik untuk membaca artikel lainnya maka kamu bisa mengunjungi Kabelkusutblog.com.