Cara Mengubah VGA Laptop

2 min read

cara mengubah vga laptop

Cara Mengubah atau Berpindah VGA Laptop – Di zaman modern ini sudah banyak sekali ditemui Laptop yang memiliki dua VGA di dalamnya atau sering disebutnya dengan sebutan dual VGA.

Dual VGA ini biasanya memiliki fungsi-fungsi yang berbeda-beda antara VGA yang pertama dan VGA yang kedua, untuk VGA yang pertama bisanya digunakan untuk pekerjaan kantor dan sedangkan untuk VGA yang kedua digunakan untuk kepentingan bermain game agar menjadi lancar.

Bisa dibilang dengan menggunakan dual VGA sangatlah bagus bagi Laptop karena dapat memilih VGA mana yang nantinya ingin digunakan untuk pekerjaan berat seperti merender, bermain game, dan mengedit video dan juga memilih VGA yang ingin digunakan untuk hal ringan-ringan saja seperti mengetik, bermain media social, dan hal lainnya.

Namun masih banyak orang yang tidak tahu cara mengubah atau memindahkan VGA satu ke VGA 2 laptop, untuk itu kami dari kabelkusutblog.com akan coba membantu kamu dengan tutorial dibawah ini.

Baca juga : Printer Wireless Epson

Berikut ini Cara Mengubah atau Memindahkan VGA Laptop

Banyak cara yang dapat kamu gunakan untuk memindahkan atau mengubah VGA Laptop dari yang mudah dan juga ada cara yang sulit, berikut ini beberapa caranya :

1. Menggunakan Mode Performance

Mode Performance ini biasanya sudah ada pada setiap Laptop yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan performa dari si laptop agar menjadi maksimal.

Di mode ini kamu dapat menggunakan dua mode yaitu Power Saver dan High Performace atau Best Performance, namun rata-rata masih bingung apa kegunaannya masing-masing, berikut ini penjelasannya :

  • Untuk Power Saver ia akan membuat baterai menjadi hemat daya yang membuatnya menjadi tidak boros ketika digunakan, namun akan meminimalisir kegiatan yang dapat membuat laptop menjadi sedikit lag.
  • Untuk High Performance akan menignkatkan kemampuan laptop menjadi maksimal yang membuatnya akan boros baterai namun ketika dibuat bermain hal berat akan menjadi sangat lancar.

Dan penjelasan untuk VGA nya adalah apabila kamu menggunakan Power Saver maka VGA kamu akan disetting di paling rendah sedangkan untuk High Performance VGA kamu akan disetting yang paling tinggi.

Untuk cara mensettingnya ada dua cara yaitu menggunakan klik icon baterai bagi pengguna Windows 10 dan menggunakan Control Panel, berikut ini caranya :

Best Performance pada Windows 10 :

cara mengubah vga laptop

  • Cara pertama kamu harus menekan icon baterai yang biasanya ada di pojok kanan bawah.
  • Selanjutnya akan tampil sebuah bar.
  • Untuk meningkatkan ke Best Performance kamu bisa menggesernya ke bagian kanan sampai full.
  • Dan untuk menghemat daya bisa menggeser ke bagian kiri.

Menggunakan Control Panel :

control panel

  • Cara pertama adalah buka aplikasi Control Panel yang ada di Laptop kamu.
  • Kemudian di klik pada bagian Hardware and Sound.
  • Pada bagian Power Option kamu bisa memilih Change battery settings.
  • Langkah terakhir buka pada bagian Additional Plan, dan pilih pada bagian High Performance.

2. Install atau Pasang Driver VGA

cara mengubah vga laptop

Apabila kamu sudah memasang VGA namun tidak memasang Drivernya maka akan menyebabkan tidak akan aktifnya driver tersebut, jadi apabila kamu ingin mengaktifkan VGA kedua maka harus memiliki Driver dari VGA yang kamu pakai seperti Nvidia ataupun AMD.

Setelah kamu menginstall Driver dari VGA kamu tersebut maka langkah selanjutnya akan otomatis aktif apabila sedang menggunakan hal berat atau kamu juga bisa mensettingnya secara manual.

3. Cara Mengubah VGA Laptop Menggunakan Control Panel VGA

cara mengubah vga laptop

Kamu dapat mengatur performa si laptop melalui Control Panel yang ada di VGA dengan Control Panel ini kamu akan dimudahkan ingin mengatur seberapa kuat batas maksimalnya adalah High Preformace yang dijamin akan lancar untuk bermain game yang memang kuat di spesifikasi laptop kamu.

Syarat untuk menggunakan cara ini adalah mengisntall driver pada Laptop kamu karena jika tidak maka VGA yang ada di laptop kamu tidak bisa diatur menggunakan Control Panelnya, untuk itu cek lagi VGA apa yang ada pada laptop dan jika sudah mengetahuinya kamu dapat menginstallnya.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Harddisk (HDD)

4. Cara Mengubah VGA Laptop Melalui BIOS Menu

BIOS

Cara terakhir yang dapat kamu gunakan adalah menggunakan menu BIOS yang ada di laptop kamu, pengaturan ini biasanya ditemukan pada laptop gaming.

Pada BIOS laptop gaming kamu bisa memindahkan ke VGA kedua dengan mudah dan pastinya cepat. Untuk membuka menu BIOS berbeda beda setiap tipe atau merk laptopnya, bisa menekan F2, F12, atau tombol lainnya.

Sekian artikel mengenai Cara Mengubah VGA Laptop, apabila kamu tertarik dengan artikel lainnya di blog ini maka kamu bisa mengunjungi : Kabelkusutblog.com