Cara Membedakan Headset Kanan dan Kiri

1 min read

membedakan headset kanan kiri

Cara Membedakan Headset Kanan dan Kiri – Headset adalah barang yang sangat berguna apabila kamu seorang gamers.

Dengan menggunakan headset kamu dapat dengan mudah mengdengarkan langkah kaki dari lawan apabila kamu memainkan game yang berjenis FPS (First Person Shooters) atau tembak-tembakan.

Baca juga : Jenis-Jenis Headset

Dan terkadang orang menggunakan headset untuk mendengarkan music atau menonton film agar bisa lebih fokus, karena Headset akan menutup keseluruhan dari kuping kamu.

Untuk mendengarkan music mungkin tidak terlalu penting untuk membedakan mana headset untuk kuping kanan dan kuping kiri, namun untuk bermain game ataupun untuk menonton film ini cukup penting.

Terkadang di Headset ada ciri-ciri yang dapat kamu ketahui untuk membedakan apakah itu kanan atau kiri yaitu tanda yang bertuliskan R ataupun L.

Namun belum banyak yang tahu dari kedua tanda tersebut, padahal tanda tersebut cukup penting untuk diketahui, untuk tanda R memiliki arti Right yang berarti untuk kuping kanan, sedangkan untuk L adalah Left yang berarti untuk kuping bagian kiri.

Tanda tersebut dibuat oleh penyedia headset untuk memudahkan para penggunanya dalam membedakan bagian kanan atau kiri headset.

Namun beberapa brand tidak memberikan tanda ini yang membuat pengguna dari brand tersebut menjadi bingung mana bagian untuk kuping kanan dan mana bagian untuk kuping kiri.

Selain menggunakan tanda R ataupun L, kamu juga bisa menggunakan cara lain untuk mengetahui headset bagian kanan ataupun bagian kiri, berikut ini cara membedakannya.

Baca juga : Cara Mencari Efek di TikTok

Berikut ini Cara Membedakan Headset Kanan dan Kiri

Ada 2 cara yang dapat kamu gunakan untuk membedakan mana R dan bagian mana yang L, berikut ini kedua cara tersebut.

1. Test Dengan Bermain Game

membedakan headset kanan kiri

Cara pertama untuk membedakan mana bagian R atau bagian L daripada headset yang kamu gunakan adalah dengan mencoba memainkan sebuah game FPS.

Game FPS yang dapat kamu mainkan untuk mengetahui bagian dari headset kamu adalah seperti PUBG, Valorant, PB, CSGO, dan game-game FPS lainnya.

Dengan memainkan game tersebut kamu bisa mengetahui langkah-langkah kaki atau biasa disebut dengan footstep dari seseorang, karena biasanya langkah kaki tidak akan muncul dari dua arah headset kamu.

Kamu bisa mencobanya apabila kamu mendengar langkah dari sebelah kiri namun yang muncul dari sebelah kanan berarti headset yang kamu gunakan dengan posisi terbalik.

2. Menggunakan Bantuan Video dari Youtube

membedakan headset kanan kiri

Sudah banyak sekali video-video di Youtube yang dapat membantu kamu dalam membedakan mana bagian headset kanan ataupun mana bagian headset kiri.

Kamu dapat menggunakan keyword atau kata kunci seperti “Left/Right Stereo Sound Test” dan dengan otomatis Youtube akan menampilkan berbagai macam vidoe untuk mengetest headset kamu.

Kamu bisa membuka salah satu video tersebut, pada video di Youtube itu akan ditampilkan huruf R (Right) ataupun L (Left).

Ketika video di Youtube tersebut berjalan maka akan menunjukan bagian mana yang berbunyi apabila ditampilkan bagian R yang berbunyi maka headset kamu akan berbunyi bagian kanan juga, dan begitu juga untuk sebaliknya.

Baca juga : Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp Tidak Bunyi

Dan demikian cara membedakan headset kanan dan kiri secara mudah dan juga cepat, apabila kamu tertarik untuk membaca artikel lainnya maka kmau bisa membuka Kabelkusutblog.com.