Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

3 min read

SIM Card tidak terbaca

Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca – SIM Card merupakan barang yang cukup penting karena dengan adanya SIM card kita bisa menggunakan internet dan juga SMS orang lain.

Namun akan menjadi sulit apabila SIM card tiba-tiba tidak terbaca di HP, hal ini akan membuat kamu tidak bisa mengaktifkan internet dan juga tidak bisa menelfon atuapun SMS.

SIM card yang tidak terbaca tersebut dapat membuat kita emosi karena pastinya ada data penting didalamnya seperti nomor-nomor orang lain.

Baca juga : Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Kirim SMS

Penyebab SIM Card Tidak Terbaca

Apabila SIM card kamu menjadi tidak terbaca pastinya ada penyebab yang mengakibatkan hal tersebut terjadi bisa saja kerusakan pada SIM nya ataupun ada penyebab lainnya. Berikut ini penyebab-penyebabnya :

  1. SIM tidak terpasang dengan pas.
  2. Masa berlaku SIM card habis.
  3. SIM Card rusak.
  4. SIM Card berdebu.
  5. Slot SIM yang ada di HP telah rusak.

Itulah beberapa penyebab yang membuat SIM tidak terbaca, setelah mengetahui penyebab-penyebabnya maka selanjutnya kamu bsia mengetahui bagaimana cara mengatasinya.

Berikut ini Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

1. Restart HP

restart

Restart HP dapat sekali membantu dalam mengatasi SIM card yang memang terbaca pada HP kamu, dengan cara merestart ini maka HP kamu akan di merestart semua mulai dari jaringan dan juga aplikasi-aplikasi didalamnya.

Hal ini juga sering kamu temui apabila ada yang error pada perangkat HP maupun Laptop, untuk melakukan cara ini sangatlah mudah kamu hanya perlu menekan tombol power dan kemudian memiliki menu Restart.

Tunggu sampai HP hidup normal lagi jika sudah maka selanjutnya kamu bisa melihat sinyal yang ada di SIM card sudah kembali atau belum, jika belum kamu bisa mencoba cara kedua dibawah ini.

Baca juga : Cara Mencari Efek di TikTok

2. Hidupkan dan Matikan Mode Pesawat

mode pesawat

Menghidupkan dan mematikan mode pesawat sangatlah berguna apabila kamu ingin mengatasi sinyal yang hilang pada kartu memori kamu, hal tersebut merupakan cara mudah untuk merestart jaringan ataupun sinyal.

Kamu hanya perlu membuka tab menu yang ada di HP lalu memilih mode pesawat, tunggu hingga mode pesawat tersebut hidup dan jika sudah hidup secara normal maka kamu bisa mematikan mode pesawat itu.

Jika sudah mati maka tunggulah beberapa saat hingga sinyal yang ada pada HP kamu muncul secara normal lagi.

3. Mencoba Menggunakan Slot SIM Lainnya

Perangkat hardware yang ada di HP bisa saja rusak, perangkat yang menyebabkan tidak adanya sinyal di HP kamu bisa saja rusak akibat slot SIM yang rusak.

Apabila HP kamu tersedia dua slot SIM maka apbila sinyal pada HP mu hilang atau tidak terdeteksi kamu bisa mencoba slot SIM yang satunya.

Kamu hanya perlu membuka slot SIM dan mencabut SIM card pada slot satunya dan memindahkan SIM card tersebut ke slot satunya lagi, jika sudah hidupkan HP kamu dan tunggu hingga jaringan tersebut muncul.

Dana apabila jaringan menjadi muncul maka bisa dibilang slot dari SIM card yang sebelumnya kamu pindah tersebut telah rusak.

4. SIM Card Terpasang Dengan Benar

SIM Card tidak terbaca

Posisi SIM card harus terpasang dengan benar, apabila bergeser saja sedikit dari tempatnya atau slot SIM maka bisa membuat SIM tersebut tidak akan terbaca oleh HP.

Untuk mengatasi SIM tidak terpasang dengan benar maka kamu harus memasang SIM card tersebut dengan berhati-hati dan jangan terlalu terburu-buru.

Kamu dapat mengecek SIM card kamu apabila tidak terbaca dengan membuka slot SIM dan melihat apakah sudah benar ataukah belum dalam pemasangannya.

Jika memang masih sedikit miring atau belum pas pada tempatnya maka kamu bisa membenarkannya lalu memasangnya kembali, dan selanjutnya cek pada HP apakah sudah muncul sinyalnya ataukah belum.

5. Bersihkan dari Debu

SIM Card tidak terbaca

Debu bisa saja membuat SIM card menjadi terhalang atau menghalangi konektor yang menghubungkan dan membaca sim card ke HP atau perangkat, untuk mengatasi hal ini kamu bisa mencopot SIM tersebut dan kemudian lihat pada bagian keemasan pada SIM.

Apabila kotor kamu bisa melapnya saja dan sebisa mungkin jangan terlalu keras karena apabila terlalu keras dapat berakibat rusaknya SIM, dan untuk membersihkan SIM jangan menggunakan air.

Setelah dipastikan sudah bersih dari debu maka langkah selanjutnya adalah memasukan SIM card tersebut ke HP kembali dan mengeceknya.

6. Pastikan SIM Card Belum Lewat Masa Berlaku

masa berlaku

Masa berlaku cukup penting untuk diperhatikan karena apabila masa berlaku habis dan operator mematikan SIM card kamu maka SIM tersebut atau nomor tersebut tidak akan bisa digunakan kembali.

Untuk menghindari masa berlaku yang habis kamu harus mengisi pulsa agar masa berlaku terus diperpanjang oleh operator.

Jika kamu ingin mengecek masa berlaku nomor yang kamu gunakan kamu bisa menggunakan aplikasi yang disediakan oleh operator atau kamu bisa melakukan cek pulsa yang biasanya akan disediakan info masa berlaku nomor.

Baca juga : Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Menerima SMS

7. Pastikan SIM Card Tidak Mengalami Kerusakan

SIM Card tidak terbaca

Hal terakhir yang dapat menyebabkan SIM card kamu tidak terbaca adalah rusaknya SIM card tersebut, kerusakan dapat terjadi apabila kartu SIM patah, kuningan yang dibelakang SIM sudah rusak, dan masih banyak lagi penyebabnya.

Apabila kartu SIM kamu sudah rusak kamu wajib menggantinya, kamu bisa mengganti ke nomor baru atau kamu bisa ke gallery dari provider yang kamu gunakan seperti ke Grapari atau lainnya.

Dan demikian 7 cara untuk mengatasi SIM card yang tidak terbaca yang pasti cara diatas adalah cara termudah untuk mengatasi hal tersebut. Apabila kamu tertarik untuk membaca artikel lainnya kamu bisa membuka situs Kabelkusutblog.com.