Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp Tidak Bunyi

2 min read

notifikasi whatsapp tidak bunyi

Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp Tidak Bunyi – Membunyikan notifikasi pastinya cukuplah penting apabila kita sedang jauh dari HP agar terdengar apakah ada pesan masuk ataukah tidak.

WhatsApp pastinya bisa mengalami masalah baik masalah yang disebabkan oleh bug maupun masalah yang disebabkan oleh si penggunanya sendiri.

Namun kamu bisa mengatasi masalah tersebut sendiri, sebelum masuk ke pembahasan kamu bisa mengetahui penyebab-penyebab yang mengakibatkan notifikasi WhatsApp tidak bunyi.

Baca juga : Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Dibuka

Penyebab Notifikasi WhatsApp Tidak Bunyi

Notifikasi WhatsApp yang tidak bunyi pastinya memiliki penyebabnya, bisa mulai dari HP yang tersilent yang membuat bunyi-bunyi apapun tidak akan keluar dari HP, berikut ini beberapa penyebab yang mengakibatkan WhatsApp tidak bunyi :

  1. Aplikasi WhatsApp termute
  2. HP dalam kondisi tersilent
  3. Lupa mengatur nada dering
  4. Setting suara diatur agar tidak berbunyi
  5. Volume HP terlalu rendah

Setelah mengetahui apa saja yang menyebabkan notifikasi pada aplikasi WhatsApp kamu tidak berbunyi, maka sekarang saatnya mengetahui bagaimana cara mengatasinya.

Berikut ini Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp Tidak Bunyi

1. Matikan Mode Silent

notifikasi whatsapp tidak bunyi

Hal pertama yang dapat kamu lakukan agar notifikasi WhatsApp menjadi bunyi adalah dengan cara mematikan mode silent yang ada pada HP.

Terkadang orang lupa bahwa telah menghidupkan mode ini, dengan HP yang masuk ke mode silent maka akan membuat HP tersebut tidak akan menerima suara dari aplikasi manapun termasuk WhatsApp. Berikut ini cara mematikannya :

  1. Pertama masuk ke aplikasi Pengaturan.
  2. Selanjutnya cari menu Suara.
  3. Setelah itu pindah dari mode Hening atau Silent ke mode Suara.

Cara lainnya yang dapat kamu coba adalah dengan menekan tombol Volume Up pada bagian kanan atau kiri HP kamu, dengan itu maka volume akan naik dan mengubah dari mode hening ke suara.

2. Nyalakan Notifikasi WhatsApp di Pengaturan

notifikasi whatsapp tidak bunyi

Tekadang penyebab notifikasi WhatsApp yang tidak bunyi adalah matinya pengaturan notifikasi yang ada pada setelan aplikasi, untuk mengembalikan kamu bisa mengikuti cara dibawah ini :

  1. Buka aplikasi Pengaturan yang ada di HP kamu.
  2. Setelah itu cari menu Aplikasi dengan cara scroll.
  3. Cari aplikasi WhatsApp dan klik aplikasi tersebut.
  4. Selanjutnya klik menu Pemberitahuan.
  5. Langkah terakhir hidupkan menu Tampilkan Notifikasi / Notifikasi Pesan.

3. Mengatur Nada Dering di WhatsApp

notifikasi whatsapp tidak bunyi

Jika kamu sudah melakuakan 2 cara sebelumnya dan masih tidak membuat WhatsApp kamu mengeluarkan bunyi, maka kamu bisa mencoba langkah yang ketiga ini.

Langkah ketiga ini ialah kamu harus mengatur nada dering yang ada di WhatsApp langsung, berikut ini caranya :

  1. Pertama buka aplikasi WhatsApp kamu.
  2. Jika sudah klik di pojok kanan atas, lalu pilih Setelan.
  3. Pilih pada menu Notifikasi lalu ke Nada Notifikasi dan terakhir pilih nada dering WhatsApp yang ingin kamu gunakan.

Baca juga : Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Kirim SMS

4. Restart HP

notifikasi whatsapp tidak bunyi

Restart HP berguna untuk mereset semua yang ada di HP termasuk aplikasi-aplikasi yang berjalan di belakang layar akan memulai ulang lagi apabila kamu melakukan hal ini, WhatsApp juga termasuk aplikasi yang berjalan di belakang layar.

Kamu hanya perlu merestart HP dan menunggu HP tersebut hidup kembali dalam beberapa menit, setelah itu kamu bisa mengecek ulang apakah notifikasi sudah normal ataukah belum.

5. Hentikan Paksa WhatsApp

force stop

Jika kamu melakukan paksa henti ini pada aplikasi WhatsApp kamu maka kamu bisa menghilangkan bug-bug yang terjadi termasuk pada notifikasi yang hilang, berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Langkah pertama buka aplikasi Pengaturan.
  2. Selanjutnya scroll kebawah dan cari menu Aplikasi.
  3. Setelah itu cari aplikasi WhatsApp.
  4. Dan terakhir klik pada tombol Force Stop atau Paksa Berhenti.

Setelah itu kamu bisa membuka aplikasi WhatsApp seperti biasanya, apabila tidak dibuka maka WhatsApp kamu akan menjadi Off.

6. Update WhatsApp

update

Bisa saja notifikasi yang tidak muncul di WhatsApp adalah suatu bug yang terjadi pada aplikasi tersebut, untuk mengatasinya sangatlah mudah kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

  1. Buka aplikasi Playstore ataupun Appstore.
  2. Jika sudah masuk maka kamu bisa menuju ke menu pencarian.
  3. Setelah itu cari aplikasi WhatsApp.
  4. Selanjutnya klik tombol Update.
  5. Tunggu hingga selesai maka proses update telah usai.

Baca juga : Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Menerima SMS

7. Install Ulang WhatsApp

install

Install ulang dapat kamu lakukan apabila 6 cara sebelumnya tidak dapat dimengatasi masalah tersebut, bedanya dengan update adalah apabila kamu melakukan Install Ulang maka data akan hilang terlebih dahulu alias akan mengulang semuanya.

Cara ini sangatlah muda namun pastinya memiliki resiko seperti data yang ada pada WhatsApp kamu akan bisa hilang apabila kamu tidak melakukan backup terlebih dahulu.

Kamu bisa membackup data lewat WhatsApp langsung atau bisa membackup melalui Google Drive atau cloud storage lainnya.

Kamu bisa mengunistall aplikasi seperti biasanya lalu kamu bisa download lagi aplikasi tersebut melalui Google Playstore ataupun Appstore.

Dan itulah ketujuh cara dalam mengatasi notifikasi WhatsApp yang tidak bunyi, cara tersebut bisa dibilang cukup mudah untuk dilakukan. Apabila kamu tertarik untuk membaca artikel lainnya kamu bisa membuka Kabelkusutblog.com.