8 Manfaat Buah Alpukat yang Belum Banyak di Ketahui

2 min read

8 manfaat buah alpukat

8 Manfaat buah alpukat yang belum banyak di ketahui – Alpukat adalah tumbuhan penghasil buah meja dengan nama sama. Tumbuhan alpukat ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah dan kini banyak dibudidayakan di Amerika Selatan sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman perkarangan di daerah-daerah tropika lainnya di dunia.

Pohon alpukat memiliki batang yang mencapai tinggi 20 meter dan dengan panjang daun sepanjang 12 hingga 25cm. Buahnya bertipe buni, memiliki kulit yang lembut tak rata berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan, tergantung pada variestasnya. Daging buah alpukat berwarna hijau muda dekar kulit dan kuning muda dekat dengan biji buahnya, dengan tekstur buah yang cukup lembut. – wikipedia.org

Baca juga : Cara menurunkan berat badan tanpa obat

8 manfaat buah alpukat

Berikut ini 8 manfaat buah Alpukat yang belum banyak di ketahui :

1. Mengandung Kalium lebih banyak daripada buah pisang

Kalium adalah nutrisi yang tidak didapatkan kebanyakan orang. Unsur hara ini membantu mempertahankan sel dalam tubuh kalian dan melayani berbagai fungsi penting di dalam tubuh.

Alpukat sangat tinggi kadar kaliumnya, 1 buah Alpukat dengan berat 100 gram memiliki 14% kandungan kebutuhan harian dibandingkan pisang yang hanya memiliki 10%, pisang dan alpukat adalah buah yang sangat tinggi kadar kaliumnya.

2. Alpukat dapat mengatur kadar gula darah

Lemak baik tak jenuh tunggal yang terdapat di dalam alpukat dapat mengembalikan resistensi insulin. Yang dapat membantu mengatur kadar gula dalam darah. Alpukat juga mengandung lebih banyak serat larut yang dapat menjaga kadar gula darah menjadi stabil.

Baca juga : Manfaat daun pepaya bagi kesehatan

3. Mengurangi bau pada mulut

Selain sebagai pencuci mulut alami buah alpukat juga dapat digunakan sebagai obat bau mulut. Buah alpukat dapat membersihkan usus yang merupakan salah satu penyebab dari bau mulut yang membuat hari-hari kalian menjadi kurang menyenangkan.

avocado fruits

4. Dapat menambah berat badan

Pada buah biasanya kalori yang terkandung pada 100 gramnya hanya sekitar 60 – 80 kalori sedangkan pada buah alpukat terdapat 200 kalori setiap 100 gramnya. Karena jumlah kalori yang cukup besar itu, buah ini di jadikan makanan dari sebagain orang yang ingin menaikkan berat badannya. Alpukat adalah sumber kalori yang sehat, tidak seperti makanan cepat saji atau makanan padat kalori lainnya yang mengandung gula yang berlebih dan lemak jenuh.

5. Menyehatkan mata kalian

Jika alpukat di buat jus itu dapat membantu menyerap antioksidan dari makanan lain, jus ini juga memiliki antioksidan yang kuat. Dan buah ini juga mengandung Karotenoid Lutein dan Zeaxanthin, yang sangat penting untuk kesehatan mata kalian, Karotenoid Luten dan Zeaxanthin juga dapat mecegah masalah mata yaitu katarak, glaukoma, dan astigmatisme.

6. Mencegah penuaan dini

Karotenoid Lutein dan Zeaxathin merupakan senyawa antioksidan di dalam buah alupkat yang dapat mencegah penuaan dini dengan memberikan perlindungan dari sinat UV

7. Menjaga kulit agar tetap sehat

Alpukat adalah buah yang kaya akan Vitamin C ( Sebesar 17 persen asupan harian yang direkomendasikan) dan Vitamin E ( sebesar 17 persen asupan harian yang direkomendasikan ), Kedua Vitamin tersebut sangatlah penting bagi kalian yang ingin menjaga kulit kalian dan dapat membuat kulit kalian bercahaya.

8. Baik untuk jantung

Selain menjadi sehat untuk pasien tekanan darah, alpukat juga merupakan sumber yang kaya antioksidan dan lemak tak jenuh tunggal yang membantu menjaga jantung sehat dan mengurangi resiko stroke. Makan buah alpukat juga dapat mengatur kadar kolesterol LDL dan HDL, serta trigliserida darah.

Selain memiliki hal positif tadi Alpukat juga memiliki efek samping

efek samping

Buah alpukat akan memberikan manfaat jika di konsumsi dalam jumlah dan takaran yang pas atau tepat, namun jika kalian memakannya secara berlebih akan dapat menimbukan efek samping yaitu seperti, migran, mual, muntah, dan sensitif terhadap cahaya.

Apabila kalian ingin membaca artikel tentang kesehatan lainnya kalian dapat mengunjungi : kabelkusutblog.com