Manfaat Air Putih Bagi Tubuh

2 min read

Manfaat air putih antara lain bagus untuk kesehatan kulit, meningkatkan sistem imun pada tubuh, mengurangi rasa lelah dan masih banyak lainnya. Pada dasarnya diri manusia terdiri dari 60% air. Manusia di anjurkan untuk meminum 8 gelas air putih per harinya. Meskipun belum banyak ilmu di balik aturan khusus ini, tetapi aturan itu sangat penting bagi tubuh.

Baca Juga : Manfaat Buah Naga Untuk Kecantikan

manfaat air putih

Kerusakan Ginjal

Yup, jika kalian kekurangan dalam asupan minum kalian dapat mengalami kerusakan ginjal. Air sendiri membantu untuk melarutkan mineral dan nutrisi di dalam tubuh. Hali ini dapat membantu menghapus produk limbah di dalam tubuh.

Fungsi tersebut membuat air sangat vital bagi ginjal. Setiap harinya ginjal menyaring seikitar 120-150 liter cairan. Sekitar 1 – 2 liter di dalam tubuh di alirkan di dalam bentuk air urin. Dan sisanya terdapat di dalam aliran darah.

Air putih sangat penting bagi ginjal untuk berfungsi. Jika fungsi ginjal rusak atau tidak berfungsi dengan baik. Limbah atau cairan berlebih akan menumpuk di dalam tubuh.

Jika penyakit ginjal tidak diobati, penyakit ginjal akan menyebabkan gagal ginjal. Organ tersebut akan tidak berfungsi atau tidak bekerja, dan kalian butuh trasnpalntasi ginjal untuk mengembalikan fungsinya dan itu tidaklah murah.

Baca Juga : Manfaat Air Lemon Untuk Kesehatan

Jika kalian kekurangan air putih kalian akan mengalami yang namanya dehidrasi. Dehidrasi terjadi karena jika kita kehilangan lebih banyak air daripada yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal tersebut dapat mengakibatkan ketidakseimbangan dalam elektrolit di dalam tubuh. Elektrolit itu seperti Kalium, Fosfat, dan Natrium itu dapat membantu membawa sinyal listrik antar sel. Ginjal dapat menjaga tingkat elektrolit di dalam tubuh menjadi stabil ketika mereka berfungsi dengan baik. – medicalnewstoday.com

Dibawah ini 5 manfaat air putih bagi tubuh :

  1. Mengatur Subuh Tubuh

    Air yang tersimpan di lapisan tengah kulit akan datang ke permukaan kulit sebagai keringat ketika suhu tubuh meningkat. Ketika kalian menguap itu dapat mendinginkan tubuh. Memiliki banyak air dalam tubuh dapat mengurangi ketegangan fisik.

  2. Menjaga Kulit Anda

    Kulit manusia adalah organ. Dan air minum sangat penting untuk fungsi organ. Jika kulit anda mendapatkan air yang cukup, Kurangnya air dalam tubuh dapat mengakibatkan mengubah kulit menjadi kering, ketat dan bersisik. Kulit kering akan memilki sedikit ketahanan dan lebih rentan terhadap kerutan. Minum air sangat bagus untuk kulit anda. Air sangat membantu melembabkan kulit, kulit agar tetap lembut, dan menghilangkan keriput.

  3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

    Salah satu manfaat yang paling umum air putih adalah mejaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat. Air minum telah secara langsung berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.

    Air memperkuat sistem kekebalan tubuh kalian dengan dua cara yaitu : yang pertama, membawa oksigen ke sel-sel tubuh kalian, yang membuat sistem di dalam tubuh kalian berfungsi dengan normal atau benar. Yang kedua dapat menghilangkan racun di dalam tubuh kalian. Air putih juga dapat mengurangi resiko kanker kandung kemih karena air dapat membilas racun dari kandung kemih kalian.

  4. Memperbaiki Sistem Pencernaan

    Usus membutuhkan air minum untuk bekerja dengan normal atau baik. Jika kalian dehidrasi itu dapat membuat masalah pada pencernaan, perut terlalu asam, dan juga sembelit. Hal ini meningkatkan resiko perut mulas dan sakit maag.

  5. Meningkatkan Kosentrasi Otak

    Saat kalian melakukan sesuatu kalian membutuhkan tenaga lebih supaya agar tetap fokus. Selain asupan makanan kalian juga sangat butuh air putih. Minuman dapat membuat otak bekerja dengan lebih maksimal sehingga fokus dan kosentrasi pada pekerjaan kalian tetap terjaga. Air minum memilki kandungan potasium yang dapat meningkatkan daya ingat otak.

Apabila kalian ingin membaca artikel tentang kesehatan lainnya kalian dapat mengunjungi : kabelkusutblog.com/category/kesehatan/