Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan SSD

2 min read

kelebihan dan kekurangan SSD

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan SSD – SSD merupakan singkatan dari Solid State Driver, SSD ini adalah perangkat penyimpanan solid-state yang menggunakan rakitan sirkuit yang terinstegrasi untuk menyimpan data secara terus-menerus.

SSD ini merupakan sebuah penyimpanan baru yang dibuatnya untuk mengganti penyimpanan yang sudah lama yaitu Harddisk atau biasa disebut dengan HDD.

kelebihan dan kekurangan SSD

SSD sendiri memiliki beberapa jenis yaitu SSD 2.5 Inch, SSD mSATA, SSD M.2 SATA, SSD M.2 NVMe, dan juga SSD PCIe, yang setiap tipenya memiliki keunggulan masing-masing.

Selain memiliki keunggulan masing-masing, pastinya SSD tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat kamu pertimbangkan apabila ingin menggunakan penyimpanan tipe ini.

Baca juga : Perbedaan SSD dan HDD yang Wajib Kalian Ketahui

Berikut ini Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan SSD

Kelebihan Penyimpanan SSD

Karena ini merupakan tipe terbaru dari penyimpanan yang berguna di letakkan di Komputer maupun Laptop pastinya sudah memiliki teknologi yang lebih maju dan pastinya memiliki beberapa kelebihan, berikut ini kelebihan SSD :

1. Desain yang Minimalis

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh SSD adalah bentuk atau desain yang dimiliki oleh perangkat ini yang minimalis dan kecil yang membuatnya cukup simple apabila dilihat.

Dengan desain yang minimalis ini apabila memiliki SSD Eksternal bisa kamu bawa kemana-mana yang hanya memerlukan kantong celana atau baju yang pastinya cukup untuk perangkat ini.

Berbeda dengan Harddisk (HDD) yang memiliki ukuran yang cukup besar dan sulit untuk dibawa kemana-mana.

2. Lebih Cepat

SSD memiliki kecepatan yang sangat cepat yang membuatnya sering digunakan untuk booting Sistem Operasi karena apabila menggunakan SSD akan lebih cepat yang hanya hitungan detik.

Selain itu untuk trasnfer file SSD ini memiliki kecepatan yang cukup tinggi yang membuat tidak harus menunggu lama apabila ingin mengirim atau memasukkan file baru.

Kecepatan SSD ini memiliki kecepatan yang cukup tinggi yang bisa mencapai 10X lipat lebih cepat dibandingkan dengan HDD yang rata-rata memiliki kecepatan sampai 150MB/s.

3. Tidak Berisik

SSD ini memiliki kelebihan yaitu perangkat ini tidak akan berisik sama sekali ketika berjalan atau sedang aktif, karena SSD tidak memiliki perangkat yang bergerak didalamnya.

Tidak seperti HDD atau Harddisk yang memiliki perangkat bergerak yang ada didalamnya yang membuat perangkat tersebut akan bunyi ketika sedang bekerja atau aktif.

4. Hemat Energi atau Listrik

Listrik yang digunakan oleh SSD jauh lebih kecil daripada HDD yang dapat membuatnya menghemat watt yang digunakan dari Komputer dan menghemat penggunaan baterai apabila menggunakan Laptop.

Baca juga : Cara Melihat Akun Instagram Private

5. Lebih Kuat

SSD ini lebih kuat karena SSD tidak ada benda atau perangkat yang bergerak di dalamnya yang membuatnya lebih tahan apabila terkena guncangan.

Berbeda dengan HDD yang apabila terkena guncangan akan sangat sensitif pada bagian Disc atau piringan yang ada di dalam penyimpanan Harddisk.

6. Lebih Ringan

Karena bentuknya yang kecil SSD ini memiliki bobot atau berat yang jauh lebih ringan daripada HDD, yang membuatnya ketika dibawa kemana-mana tidak terlalu menyusahkan dan tidak terlalu ribet.

Selain itu apabila digunakan di perangkat seperti Laptop atau Komputer maka bobot dari kedua benda itu akan terasa lebih ringan dibandingkan menggunakan HDD.

7. Cepat Digunakan Untuk Rendering

Apabila kamu sering mengedit sebuah video maka apabila menggunakan penyimpanan dari SSD ketika sedang rendering sebuah video maka akan lebih cepat selesai dari biasanya.

8. Lebih Cepat Membuka Aplikasi

Ketika kamu menginstall sebuah aplikasi di SSD maka aplikasi tersebut akan lebih cepat memprosesnya dan pastinya akan mengurangi lemot yang ditimbulkan untuk itu apabila kamu sudah menggunakan SSD maka lebih baik menginstall aplikasi di penyimpanan tesebut.

kelebihan dan kekurangan SSD

Kekurangan Penyimpanan SSD

Selain memiliki banyak sekali kelebihan yang ditawarkan apabila menggunakan SSD, maka SSD pun memiliki kelemahan atau kekurangan yang mungkin akan masuk ke pertimbangan kamu yang ingin hijrah ke SSD, berikut ini kekurangannya.

1. Harga Mahal

Kekurangan pertama dari SSD adalah harga yang cukup mahal, harga yang disajikan biasanya bisa berkali-kali lipat daripada harga HDD dengan kapasitas yang sama, di marketplace harga SSD yang berkapasitas 128GB sendiri sudah memiliki harga dikisaran 300 ribuan.

2. SSD Memiliki Umur atau Batas

Kelemahan atau kekurangan yang kedua adalah penyimpanan SSD ini memiliki batas atau umur. Umur daripada SSD dihitung berdasarkan TBW atau Terabytes Written, TWB ini akan aktif apabila melakukan penulisan data, yang berarti apabila kamu sering melakukan penulisan data maka SSD tersebut akan mengalami penurunan performa yang apabila sudah mencapai batasnya.

Sekian artikel mengenai Kelebihan dan Kekurangan SSD, apabila kamu tertarik dengan artikel lainnya di blog ini maka kamu bisa mengunjungi : Kabelkusutblog.com