Perbedaan SSD dan HDD

2 min read

perbedaan SSD dan HDD

Perbedaan SSD dan HDD – Di zaman sekarang ini perkembangan teknologi sudah tidak bisa dipungkiri lagi karena sudah semakin cepat perkembangannya.

Perkembangan teknologi yang paling mencolok adalah penyimpanan yang mungkin dulu kita menggunakannya yang namanya disket yang memerlukan banyak untuk menyimpan file sekarang ini sudah ada yang namanya SSD yang semakin kecil dan cukup simple pastinya.

Namun para pengguna komputer maupun laptop pastinya sudah tau penyimpanan yang ada sekarang ini yaitu HDD atau Harddisk dan juga SSD, tapi terkadang bingung apa saja perbedaan dari kedua penyimpanan tersebut.

Sebelum masuk ke pembahasan apa perbedaan dari SSD dan HDD mari kita bahas pengertian dari masing-masing penyimpanan tersebut.

Berikut ini : Aplikasi Recovery Data

1. Pengertian HDD (Harddisk)

Harddisk merupakan sebuah piringan cakram yang keras yang digunakan untuk menyimpan data sekunder dan isinya adalah piringan magnetis. Harddisk ini diciptakan pertama kali oleh IBM pada tahun 1956.

2. Pengertian SSD

SSD merupakan singkatan dari Solid State Drive adalah sebuah perangkat penyimpanan solid-state yang menggunakan rakitan sirkuit yang sudah terintegrasi untuk menyimpan data secara terus menerus

Berikut ini Perbedaan SSD dan HDD

1. Perbedaan SSD dan HDD dari Cara Kerja

perbedaan SSD dan HDD

Cara kerja kedua penyimpanan ini jauh berbeda, karena HDD atau Harddisk bekerja dengan cara menggunakan perpaduan sistem mekanik dan elektrik, sedangkan SSD berkerja dengan cara menggunakan sistem full elektrik yang artinya semua menggunakan elektrik.

SSD ini juga hampir sama dengan sistem yang sering kita lihat untuk transfer data yaitu MicroSD pada HP, RAM di perangkat-perangkat seperti laptop, komputer, dan HP, dan juga pada Flashdisk.

2. Kecepatan atau Kinerja

perbedaan SSD dan HDD

Karena SSD adalah teknologi penyimpanan yang bisa dibilang masih baru maka SSD ini memiliki kinerja dan kecepatan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan HDD, bahkan kecepatan dari SSD 10x lipat dibandingkan dengan HDD bahkan bisa lebih.

3. Perbedaan SSD dan HDD dari Ukuran

perbedaan SSD dan HDD

Ukuran dari kedua benda penyimpanan ini jauh berbeda karena apabila kita pernah melihat kedua benda ini HDD memiliki ukuran yang lebih besar, dan sedangkan untuk penyimpanan SSD memiliki ukuran yang lebih kecil dan terlihat simple.

4. Perbedaan SSD dan HDD dari Harga

perbedaan SSD dan HDD

Perbedaan yang keempat adalah dari segi harganya, kedua penyimpanan ini memiliki harga yang agak jauh berbeda. Biasanya SSD lebih mahal daripada HDD, perbedaan harganya yaitu SSD biasanya 2x lipat lebih mahal dari HDD.

Baca juga : 12 Laptop 5 Jutaan Terbaik 2021

5. Komponen di Dalamnya

perbedaan SSD dan HDD

Perbedaan SSD dan HDD yang kelima adalah Komponen yang ada di dalam kedua perangkat tersebut. Jika HDD yang merupakan singkatan dari Harddisk pastinya memiliki piringan kecil di dalamnya yang apabila berputar akan berbunyi atau sedikit berisik.

Sedangkan untuk SSD ia menggunakan Micro Chip, Integrated Circuit atau IC, dan juga dengan sejumlah komponen elektronik seperti kapasitor yang berguna sebagai penyimpanan arus dan juga tegangan yang ada di SSD.

6. Keawetan atau Usia

usia

HDD memiliki keawetan dan usia yang cukup lebih panjang daripada SSD, apabila HDD rusak maka bisa diakibatkan oleh bad sector yang adad yang mengharuskan kita mengganti HDD dengan yang baru, namun semua itu tergantung dari cara kita merawatnya.

Berbeda dengan HDD, umur SSD dihitung berdasarkan satuan Terabytes Written atau TBW, TBW ini akan dihitung apabila melakukan penulisan ulan data pada SSD, setiap penulisan maka SSD akan mengalami penurunan kemampuan dan rusak apabila telah mencapai batas.

7. Fragmentasi

fragmentasi

Apabila kita menggunakan HDD yang awalnya fragmentasi tersusun rapi dan tidak ada yang bercerai berai, namun dengan bertambahnya usia dan semakin banyaknya file yang disimpan disana akan berakibat berantakan yang akan mengakibatkan menurunnya performa dari HDD atau Harddisk tersebut.

8. Efek yang Akan Ditimbulkan

efek

Perbedaan ini dapat sangat dirasakan apabila pernah menggunakan kedua penyimpanan ini, yaitu apabila HDD memiliki suara yang cukup bising atau berisik ketika sedang bekerja untuk menyimpan atau memproses data.

Sedangkan untuk SSD tidak memiliki suara sama sekali ketika sedang aktif bekerja untuk perangkat kamu, karena SSD sendiri tidak memiliki perangkat yang bergerak apabila aktif.

Sekian artikel mengenai Perbedaan SSD dan HDD, apabila kamu tertarik dengan artikel lainnya di blog ini maka kamu bisa mengunjungi : Kabelkusutblog.com