Cara Reset HP Samsung Semua Tipe

2 min read

cara reset hp samsung

Cara Reset HP Samsung Semua Tipe – Samsung merupakan brand yang sudah sangat terkenal di dunia bahkan hampir disetiap negara ada brand satu ini dengan Hpnya yang begitu canggih.

Namun adakalanya Hp mengalami kendala seperti rusak, mengalami error yang membuatnya harus melakukan reset pabrik atau yang biasa dikenal dengan sebutan Factory Reset.

Alasan lain bahwa pengguna Hp Samsung ingin melakukan reset pabrik adalah karena ingin menjual Hp tersebut ke orang lain yang mengharuskannya menghapus data-data yang ada di Hp terlebih dahulu agar tidak terpakai oleh orang yang membelinya.

Sejatinya melakukan Reset Pabrik adalah mengembalikan tampilan awal dari Smartphone yang baru pertama kali dibeli yang membuatnya menjadi fresh kembali  dan hanya tersedia aplikasi-aplikasi bawaannya saja.

Baca juga : Cara Setting APN HP Samsung

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Reset Pabrik / Factory Reset

1. Backup Data : Backup data adalah suatu hal yang wajib apabila Hp masih bisa Hidup karena jika tidak melakukan hal ini maka data yang tidak di backup pada Hp dapat hilang untuk selamanya.

2. Baterai Minimal 75% : Jika ingin melakukan reset pabrik pada Hp kamu perlu memperhatikan ukuran baterai yang tersisa karena apabila kurang dari 75% maka dapat mengakibatkan kerusakan.

3. Jangan Sambil di Cas : Jangan sambil dicas adalah hal yang penting yang harus kamu perhatikan ketika ingin melakukan Reset Data.

4. Cabut Memori Eksternal atau MicroSD : Kamu harus mencabut terlebih dahulu memori Eksternal atau MicroSD apabila ingin melakukan Reset Data atau Factory Reset.

Cara Reset HP Samsung Semua Tipe

Cara Reset Pabrik atau Factory Reset merk Hp Samsung bisa dibilang mudah untuk dilakukan semua orang namun masih ada pengguna yang mengalami kesulitan ketika melakukan hal ini.

Untuk mempermudah pengguna yang mengalami kesulitan kami kabelkusutblog.com akan coba memberitahu kamu bagaimana cara melakukan reset pabrik Hp Samsung di bawah ini :

1. Menggunakan Kode *#*#7780#*#*

cara reset hp samsung

Cara pertama ini bisa dibilang cara yang tidak terlalu memakan banyak waktu karena hanya menggunakan kode, cara ini juga cukup mudah untuk dilakukan setiap orang.

Namun perlu diperhatikan setiap tipe mungkin akan berbeda kodenya namun untuk caranya akan sama saja setiap Hp atau Tipe dari Hp Samsung ini.

Sebelum melakukan hal ini yang perlu kamu lakukan adalah melakukan backup data yang ada di Hp kamu agar tidak hilang permanen, karena dengan melakukan reset pabrik akan hilang seluruh data yang ada di Hp.

  • Pertama hidupkan Hp kamu dan periksa baterai Hp kamu jangan sampai kurang dari 75%. Karena apabila kurang bisa mengalami kerusakan.
  • Selanjutnya buka aplikasi Telepon atau Dial Phone yang ada di Hp.
  • Kemudian pada aplikasi tersebut masukkan nomor reset yang sudah kami berikan sebelumnya yaitu *#*#7780#*#*.
  • Setelah mengetikkan kode tersebut maka langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah klik Yes ata OK atau Call yang ada di Hp.
  • Kemudian Hp akan melakukan reset pabrik dengan sendirinya dan kamu bisa menunggunya sampai selesai.

2. Menggunakan Menu Pengaturan

Dengan cara satu ini kamu bisa melakukan reset pabrik disemua tipe Hp Samsung mulai yang paling lama seperti J2 Prime, J1, sampai tipe-tipe yang baru sekarang pasti bisa reset pabrik menggunakan menu Pengaturan.

Baca juga : Cara Mudah Mematikan Suara Kamera Iphone

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi Pengaturan yang ada di HP.
  • Kemudian scroll dan pilih Manajemen umum atau General Management.

managemen umum

  • Setelah masuk ke Manajemen umum pilih pada menu Reset.

reset

  • Untuk mereset pabrik pilih Reset data pabrik atau Factory data reset.

cara reset hp samsung

  • Dan klik pada tombol Reset.
  • Dan apabila telah selesai maka Hp kamu akan melakukan booting secara otomatis.
  • Tunggu hingga booting selesai dan Hp kamu selesai melakukan Reset Pabrik.

Lama proses yang harus kamu lalui dengan menggunakan cara ini tergantung dari banyaknya file yang ada di Hp kamu, semakin banyak file yang ada di Hp maka akan semakin lama proses untuk melakukan reset pabrik ini.

3. Melalui System Recovery Samsung atau Kombinasi Tombol

cara reset hp samsung

Cara ini sangatlah ampuh bagi Hp Samsungnya sudah mengalami yang namanya Bootloop yang sudah tidak bisa masuk ke menu atau tampilan Hp lagi.

Karena cara satu ini biasanya digunakan oleh para pengguna Hp Samsung untuk melakukan Reset Pabrik pada Hp yang sudah tidak bisa booting lagi kedalam sistem, berikut ini caranya :

  • Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah mematikan Hp kamu terlebih dahulu.
  • Kemudian dalam kondisi mati klik tombol Volume Atas atau UP + Power + Home secara bersamaan.
  • Jika sudah masuk ke Recovery Menu yang harus diperhatikan untuk memilih menu adalah dengan menggunakan tombol Volume Up & Down.
  • Dan untuk memilih menu kamu bisa menekan tombol Power atau Home tergantung tipe Hp Samsung kamu.
  • Setelah memahami maka langkah selanjutnya adalah memilih Wipe Data/Factory Reset dan klik OK.
  • Biasanya akan langsung berjalan secara otomatis tunggu beberapa menit biasanya 5-10 menit.
  • Jika sudah selesai pilih menu Reboot System Now dan Hp Samsung kamu akan otomatis meresetart.

Sekian artikel mengenai Cara Reset HP Samsung Semua Tipe, apabila kamu tertarik dengan artikel lainnya di blog ini maka kamu bisa mengunjungi : Kabelkusutblog.com