Cara Menyembunyikan Aplikasi Android

2 min read

cara menyembunyikan aplikasi

Cara Menyembunyikan Aplikasi Android – Aplikasi merupakan hal yang sangat berguna sekarang ini karena sangat menunjang ketika kita sedang menggunakan Hp, aplikasi-aplikasi yang ada sekarang ini juga sudah beraneka ragam dari yang berguna untuk menghitung hingga ada yang berguna untuk bermain game.

Baca juga : Aplikasi Burning CD

Namun terkadang ada beberapa aplikasi yang ingin kita sembunyikan karena aplikasi tersebut penting dan tidak ingin aplikasi tersebut di buka oleh orang lain dan diketahui oleh orang lain.

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menyembunyikan aplikasi tersebut agar tidak diketahui oleh orang lain, berikut ini beberapa cara yang sangat mudah untuk dilakukan atau digunakan.

Berikut ini Cara Menyembunyikan Aplikasi Android

1. Menggunakan Fitur Bawaan HP

Cara pertama yang dapat kamu pergunakan adalah menggunakan fitur yang ada di dalam HP, terkadang di dalam HP sudah terdapat sebuah fitur yang berguna untuk menyembunyikan aplikasi yang ada di HP agar tidak terlihat oleh siapapun selain pemilik HP.

Fitur ini dapat kamu lakukan pada HP merk Samsung namun hanya pada beberapa tipe saja, dan mungkin HP kamu salah satu yang bisa menggunakan fitur ini, berikut caranya :

  1. Pada menu awal ketika membuka HP kamu bisa menekan dan tahan pada wallpaper yang ada pada HP.
  2. Kemudian akan muncul beberapa fungsi, kamu bisa memilih pada Pengaturan layar depan atau di beberapa HP hanya bertuliskan Pengaturan.
  3. Selanjutnya scroll dan cari menu yang bertuliskan Sembunyikan Aplikasi.
    cara menyembunyikan aplikasi
  4. Pilih aplikasi yang sekiranya ingin kamu sembunyikan dan klik pada tombol Selesai.
    cara menyembunyikan aplikasi
  5. Dengan menggunakan cara tersebut maka aplikasi yang sebelumnya kamu sembunyikan sudah tidak akan muncul di halaman aplikasi.

2. Menggunakan Cara Cepat Untuk Menyembunyikan Aplikasi

cara menyembunyikan aplikasi

Kamu dapat menggunakan cara kedua ini karena cara ini sangatlah simple untuk dilakukan, kamu bisa melakukan hal ini hanya dalam hitungan detik saja, berikut ini caranya :

  1. Yang kamu harus lakukan pertama kali adalah membuka Pengaturan dan cari menu Aplikasi.
  2. Setelah itu masuk ke menu Aplication Manager atau Manager Aplikasi.
  3. Pilih menu atau tab All dan pilih aplikasi yang ingin kamu sembunyikan.
  4. Dan pada bagian akhir kamu bisa memilih atau menekan tombol Disable.
  5. Dan dengan cara tersebut aplikasi akan menjadi tersembunyi.

Baca juga : Perbedaan Warna Hardisk WD dan Penjelasannya

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

cara menyembunyikan aplikasi

Untuk aplikasi pihak ketiga ini kita menggunakan laucher yang bernama Apex Launcher karena pada Apex Launcher tersebut disediakan sebuah fitur yang dapat berguna untuk menyembunyikan sebuah aplikasi agar tidak muncul di halaman awal, dibawah ini caranya :

  1. Pertama install aplikasi yang bernama Apex Launcher terleih dahulu.
  2. Kemudian sesuaikan keinginan kamu pada Apex Launcher.
  3. Selanjutnya apabila sudah buka menu lalu piliuh Apex Settings di pengaturan.
  4. Apabila sudah klik pada menu Hidden Apps.
  5. Selanjutnya klik pada tombol Add hiddepn apps dan pilih aplikasi yang ingin di sembunyikan.
  6. Jika sudah klik pada tombol Hide (jumlah aplikasi) Apps yang ada di pojok kanan bawah.
  7. Dan akan otomatis aplikasi tersebut akan tersembunyi.

4. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga Lainnya

applock

Selain menggunakan aplikasi yang bernama Apex Launcher kamu bisa menggunakan aplikasi lainnya yang sudah banyak sekali di internet yang dapat kamu pergunakan secara gratis, beriku ini aplikasi-aplikasinya :

  • AppLock

Aplikasi yang pertama yang dapat kamu pergunakan untuk menyembunyikan aplikasi adalah AppLock, aplikasi tersebut cukup direkomendasikan karena cukup mudah dalam menggunakannya dan sangat mudah untuk menyembunyikan aplikasi.

Selain aplikasi kamu juga dapat menggunakan aplikasi AppLock untuk menyembunyikan data dan file pribadi yang ada pada HP.

  • PrivateMe

Yang kedua adalah PrivateMe, dengan menggunakan aplikasi ini untuk menyembunyikan aplikasi kamu tidak perlu untuk root HP terlebih dahulu karena dapat digunakan di HP yang tidak di root.

PrivateMe dapat kamu gunakan walaupun HP yang kamu gunakan sudah cukup jadul jadi tidak akan ada masalah apabila series HP sudah cukup lama.

  • HideApp

Tampilan dari HideApp cukuplah simple yang memudahkan kamu dalam menggunakannya, selain dapat digunakan untuk menyembunyikan aplikasi, HideApp juga dapat dimasukkan password sehingga akan terkunci dan hanya kamu yang mengetahuinya.

5. Menyembunyikan Aplikasi Bawaan

aplikasi

Cara keempat ini cukup ampuh apabila di Hp kamu terdapat aplikasi bawaan yang tidak sama sekali kamu pakai, berikut ini cara menyembunyikannya :

  1. Masuk ke menu atau aplikasi Pengaturan yang ada di HP.
  2. Kemudian masuk ke menu Aplikasi.
  3. Pilih aplikasi bawaan yang ingin di sembunyikan.
  4. Klik aplikasi tersebut dan pilih pada bagian Disable.

Itulah 5 cara yang dapat digunakan untuk menyembunyikan aplikasi di Android, cara-cara diatas cukup mudah dalam penggunaannya. Untuk kamu yang ingin mencari artikel lainnya kamu bisa membuka website Kabelkusutblog.com