Cara Menghapus Cache di Semua Tipe Samsung

2 min read

cara menghapus cache

Cara Menghapus Cache di Samsung – Salah satu masalah yang sering di hinggapi oleh pengguna Android terutama merk Samsung adalah penuhnya memory yang diakibatkan oleh sampah-sampah yang tidak berguna apabila diletakkan di Smartphone Samsung.

Apabila di hp Samsung kamu memiliki sampah yang cukup banyak, maka itu dapat sekali mengganggu kamu seperti kecepatan interaksi hp kamu akan berkurang, yang berakibatkan terjadinya lag.

Selanjutnya apabila memory di hp kamu mengalami kepenuhan maka aplikasi yang kamu jalani akan mengalami macet, karena sudah tidak ada ruang lagi yang bisa dipakai oleh aplikasi tersebut.

Dan apabila memory tersebut tidak juga dibersihkan maka ponsel kamu tidak akan bisa update ke aplikasi terbaru dan OS terbaru yang telah diterbitkan oleh developer dari hp kamu. Dan masih banyak lagi akibat apabila memory di hp kamu mengalami kepenuhan.

Untuk menghapus cache di hp Samsung memiliki caranya sendiri karena berbeda dengan hp-hp lainnya caranya tidaklah sulit dan cukup simple untuk dilakukan dan memiliki efek yang besar untuk penyimpanan dari hp Samsung kamu.

Untuk cara yang akan dibahas kali ini diperuntukukan untuk hp-hp Samsung series terbaru seperti Samsung A series, S series, dan series-series lainnya yang dikeluarkan baru-baru ini oleh Brand Samsung.

samsung logo

Baca juga :

Berikut ini Cara Menghapus Cache di Samsung Hingga Bersih Tak Tersisa

Ada beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk menghapus Cache pada HP Samsung yang kamu miliki yaitu seperti menggunakan Info Aplikasi yang tersedia langsung di HP Samsung atau mengggunakan aplikasi yang perlu kamu install terlebih dahulu.

Menggunakan Info Aplikasi 

  • Langkah pertama adalah membuka kunci dari Hp kamu dan melakukan Swipe Up untuk masuk ke menu-menu yang tersedia aplikasi.
  • Kali ini kami Kabelkusutblog.com akan mencontohkan untuk membersihkan sampah pada aplikasi yang cukup terkenal yaitu Instagram.
  • Kamu dapat memilih aplikasi yang ingin di hapus sampah dengan mengklik tahan pada aplikasi tersebut. cukup lama sekitar 3 detik.

memilih aplikasi

  • Setelah diklik tahan sekitar 3 detik an tersebut, maka akan keluar sebuah pop up dari aplikasi tersebut, kamu dapat mengklik menu Info Aplikasi.

ke info aplikasi

  • Maka dengan mengklik menu Info Aplikasi maka kamu akan masuk kemenu tersebut, dan selanjutnya kamu dapat memilih menu Penyimpanan.

cara menghapus cache

  • Pada menu Penyimpanan, kita akan coba menghapus penyimpanan pada memori karena di memori tersebut sampah-sampah pada aplikasi tersebut tersimpan.
  • Selanjutnya kamu dapat mengklik pada Hapus Memori, untuk menghilangkan sampah-sampah tersebut.

cara menghapus cache

  • Maka dengan mengklik atau memilih Hapus Memori maka dengan sendirinya Memori yang ada pada akan kosong, seperti gambar dibawah ini.

cara menghapus cache

Cara tersebut juga dapat kamu lakukan di aplikasi-aplikasi lainnya yang sekiranya menyimpan banyak sekali ruang yang berakibat smartphone kamu mengalami kepenuhan pada memori akibat sampah-sampah.

Menggunakan Ccleaner

cara menghapus cache

Ccleaner merupakan aplikasi pihak ketiga atau aplikasi yang perlu kamu install terlebih dahulu kamu dapat install melalui PlayStore yang ada di HP Samsung kamu, dan aplikasi ini dapat kamu gunakan secara gratis, berikut ini caranya :

  1. Pertama masuk ke Google Playstore kamu dan Install aplikasi Ccleaner ke HP kamu.
  2. Setelah itu buka aplikasi tersebut.
  3. Pilih menu Cleaner yang ada di kiri atas.
  4. Apabila sudah masuk ke panel layar maka kamu bisa menekan tombol Analyze dan kemudian tunggu sebentar hingga selesai melakukan analisis.
  5. Beri tanda centang cache mana yang ingin kamu hapus.
  6. Jika sudah klik tombol Clean.

Menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Ccleaner pastinya sangat memudahkan kita ketika ingin menghapus Cache dan tidak perlu membuka pengaturan dan melihat aplikasi satu per satu.

Sekian dari artikel Cara Menghapus Cache di Samsung Hingga Bersih Tak Tersisa, Tutorial atau info lainnya di blog ini kalian dapat mengunjungi link berikut : kabelkusutblog.com