Cara Mengecek Touchscreen HP

2 min read

cara mengecek touchscreen hp

Cara Mengecek Toucshcreen HP – HP dizaman sekarang ini pastinya sudah menggunakan touchscreen karena komponen yang satu ini cukup penting pada jenis HP Android atau iOS.

Walaupun komponen yang cukup penting pastinya bisa terkena error seperti layar yang tidak bisa disentuh, tidak bisa di geser, bergerak sendiri, dan masih banyak lagi error yang dapat menyerang bagian Touchscreen.

Dengan adanya kondisi tersebut pastinya kamu akan merasa terganggu karena tidak bisa menggunakan HP secara normal lagi, bahkan terkadang HP tidak bisa digunakan sama sekali semenjak Touchscreen error.

Baca juga : Cara Mencari Efek di Instagram

Namun sebelum memastikan bahwa HP kamu itu mengalami kerusakan pada bagian Touchscreen kamu bisa mengeceknya terlebih dahulu dengan menggunakan berbagai macam cara.

Berikut ini Cara Mengecek Touchscreen HP

Ada banyak cara yang dapat kamu gunakan dalam mengecek touchscreen HP masih normal ataukah sudah error, disini kami Kabelkusutblog.com meyediakan 3 cara yang sangat mudah untuk kamu gunakan yaitu seperti :

  1. Menggunakan kode rahasia.
  2. Menggunakan aplikasi pihak ketiga.
  3. Dan dengan menecek langsung kondisi layar.

Cara ini juga sangat berguna apabila kamu membeli HP baru, karena terkadang ada yang HP baru yang sudah mengalami error pada bagian touchscreen. Untuk cara-cara menggunakannya kamu bisa menyimak dan mengikuti artikel ini sampai habis.

1. Cara Mengecek Touchscreen HP Menggunakan Kode Rahasia

cara mengecek touchscreen hp

Kode rahasia ini dapat digunakan pada perangkat Android dan dapat dengan mudah untuk digunakan, kamu hanya perlu aplikasi telfon, dan selanjutnya memasukkan kode rahasia.

Selain dapat digunakan untuk mengecek touchscreen yang ada di HP, kamu juga dapat mengecek IMEI, informasi tipe HP, mengecek fungsi getar, panggilan suara, dan sampai-sampai kamu bisa menggunakannya untuk meresert HP, berikut ini cara menggunakannya :

  1. Pertama buka aplikasi Telfon yang ada di HP kamu, dan pastikan bahwa HP kamu Android.
  2. Selanjutnya ketikkan kode *#0*#* atau bisa juga #*#0*#*#*.
  3. Maka setelah mengetikkan hal tersebut akan muncul pop up untuk mengecek Touchscreen.
  4. Klik pada tombol Touchscreen Test.
  5. Kamu bisa mengecek dengan mengikuti menekan seluruh bagian agar tau apakah ada yang error ataukah tidak.

Namun kode tersebut ada di beberapa merk HP yang tidak bisa digunakan, jadi apabila merk HP kamu salah satu yang tidak bisa menggunakannya kamu bisa menggunakan cara selanjutnya.

Baca juga : Cara Mengatasi Panggilan WhatsApp Tidak Ada Suara

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

cara mengecek touchscreen hp

Apabila kamu tidak bisa menggunakan kode rahasia dalam mengecek touchscreen maka kamu bisa menggunakan aplikasi yang dapat kamu unduh dan juga install pada Playstore.

Nama aplikasi yang dapat kamu jadikan untuk mengecek toucscreen adalah Touchscreen Test. Untuk menggunakannya sangatlah mudah, berikut ini cara menggunakannya :

  1. Pertama buka aplikasi Playstore yang ada di HP kamu.
  2. Kemudian cari aplikasi yang bernama Touchscreen Test.
  3. Jika sudah install aplikasi tersebut seperti mengisntall aplikasi-aplikasi lainnya.
  4. Apabila sudah berhasil terinstall maka langkah selanjutnya membuka aplikasi itu.
  5. Klik pada tombol START TEST dan akan muncul bintik-bintik berwarna putih.
  6. Tekan seluruh bintik-bintik putih tersebut, apabila masih ada yang putih jika kamu sudah menekan semua bintik maka bisa disimpulkan titik yang masih putih tersebut adalah bagian yang error.
  7. Apabila menjadi hijau semua maka bisa dibilang Touchscreen HP kamu masih normal.

Cara tersebut sama seperti menggunakan kode rahasia yaitu kamu hanya perlu menekan pada bagian-bagian untuk mengecek keseluruhan layar.

3. Cek Langsung Pada Bagian Layar

cara mengecek touchscreen hp

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan apabila kedua cara sebelumnya tidak dapat digunakan, cara ini yaitu langsung mengecek pada bagian layar HP kamu, bagian luar layar juga dapat sangat berpengaruh terhadap Touchscreen yang tidak bisa disentuh, berikut ini beberapa hal yang dapat kamu cek :

  1. Pastikan pada bagian layar tidak terdapat garis, karena garis tersebut bisa jadi pengaruh terhadap touchscreen.
  2. Pada LCD HP pastikan tidak terdapat retakan yang parah.
  3. Pada bagian yang rusak tersebut kamu bisa menyentuhnya apakah mengalami gangguan ataukah tidak.

Hal-hal diatas harus wajib kamu test karena pastinya akan dapat mengganggu layar HP kamu bisa membuat error dan lain sebagainya.

Baca juga : Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Video Call (VC)

Dan itulah cara untuk mengecek touchscreen yang ada di HP, cara diatas cukup ampuh dalam melakukan pengecekan pada layar HP kamu, apabila kamu tertarik untuk membaca artikel mengenai cara-cara lainnya maka kamu bisa membuka situs Kabelkusutblog.com.