Cara Mengatasi Panggilan WhatsApp Tidak Ada Suara

2 min read

whatsapp tidak ada suara

Cara Mengatasi Panggilan WhatsApp Tidak Ada Suara – Panggilan pada aplikasi WhatsApp merupakan fitur yang cukup menarik dan banyak sekali orang menggunakannya.

Dengan adanya fitur ini kita tidak perlu lagi menggunakan panggilan biasa yang akan menghabiskan pulsa, dengan adanya WhatsApp kamu bisa menelfon orang lain dengan menggunakan kuota.

Kuota yang digunakan untuk memanggil menggunakan aplikasi WhatsApp tidaklah terlalu boros, kamu hanya memerlukan beberapa MB untuk dapat melakukan panggilan hingga 1 jam.

Namun WhatsApp bisa saja error yang menyebabkan suara menjadi tidak ada, selain error pada WhatsApp, terkadang error juga terjadi pada HP kamu yang error tersebut menyerang pada bagian speaker.

Baca juga : Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Video Call (VC)

Berikut ini Penyebab WhatsApp Tidak Ada Suara

WhatsApp yang tidak mengeluarkan suara apabila melakukan panggilan ataupun melakukan VC dapat dibsebakan oleh banyak hal seperti bug yang ada di WhatsApp, atau perangkat yang kamu gunakan sedang tidak sehat ataupun ada kerusakan lainnya, berikut ini beberapa penyebabnya :

  1. Adanya kerusakan dibagian spekaer
  2. Sampah atau Cache menumpuk
  3. Mic belum diizinkan pada aplikasi WhatsApp
  4. Internet bermasalah
  5. Terdapat bug pada WhatsApp

Dan itulah beberapa penyebab yang mengakibatkan WhatsApp kamu tidak memiliki suara, berikut ini beberapa cara untuk mnegatasinya.

Cara Mengatasi Panggilan WhatsApp Tidak Ada Suara

1. Izinkan Mic Untuk Diakses Oleh WhatsApp

whatsapp tidak ada suara

Mic atau Mikrofon adalah perangkat yang pastinya sangat penting untuk digunakan dalam memanggil sesesorang, tanpa adanya mic maka kamu tidak akan bisa bersuara saat menelfon seseorang.

Mic pada aplikasi WhatsApp pastinya harus di aktifkan, kamu dapat mengaktifkannya melalui menu pengaturan yang pastinya cukup mudah untuk dilakukan, berikut ini caranya :

  1. Buka aplikasi Pengaturan atau Setting pada Hp kamu.
  2. Setelah itu scroll dan cari menu Aplikasi.
  3. Pada menu aplikasi cari WhatsApp.
  4. Selanjutnya klik menu Izin.
  5. Pada bagian Mic pastikan sudah kamu izinkan dengan mengkliknya kemudian memilih Izin.

2. Internet Tidak Bermasalah

whatsapp tidak ada suara

Internet merupakan hal kunci apabila kmu ingin melakukan panggilan menggunakan aplikasi WhatsApp, hal itu cukup di perlukan karena WhatsApp sangat memanfaatkan jaringan internet untuk mengaksesnya.

Jika jaringan yang ada dirumah atau yang ada di HP kamu mengalami gangguan itu dapat menyebabkan WhatsApp tidak dapat digunakan sama sekali, kamu tidak dapat melakukan chat, video call, dan juga pastinya free call atau panggilan biasa.

Hal ini juga yang menyebabkan panggilan kamu tidak ada suara ketika melakukan telfon ke seseorang, jika jaringan hilang tiba-tiba maka WhatsApp akan memberitahu kamu dengan bunyi yang berkali-kali terputar, dan di layar akan ditampilkan tulisan Menyambungkan Ulang atau Menghubungkan Ulang.

Untuk mengatasi hal ini kamu hanya bisa menunggu hingga jaringan yang ada dirumah atau di HP kamu sudah dalam keadaan stabil dan kamu bisa melakukan panggilan lagi.

Baca juga : Cara Menampilkan Kontak WhatsApp yang Tidak Muncul

3. Hapus Sampah atau Cache

Sampah yang sangat banyak dan juga menumpuk pada suatu aplikasi pasti akan mengganggu, dapat saja menyebabkan bug ataupun dapat menyebabkan suatu masalah lainnya, kamu bisa menhapus cache atau sampah dengan mengikuti cara-cara dibawah ini :

  1. Pertama buka aplikasi Pengaturan pada HP kamu.
  2. Selanjutnya scroll dan cari menu Aplikasi.
  3. Jika sudah cari aplikasi WhatsApp.
    WhatsApp
  4. Klik pada bagian Penyimpanan.
    whatsapp tidak ada suara
  5. Dan bagian terakhir klik pada Hapus Memori.
    whatsapp tidak ada suara

4. Install Ulang WhatsApp

install

Sama seperti hapus cache, dnegan melakukan install ulang atau reisntall maka dapat membuat bug yang sebelumnya terjadi pada WhatsApp kamu akan hilang.

Namun sebelum melakukan ini kamu harus wajib membackup data yang ada pada WhatsApp apabila data tersebut tidak ingin hilang, kamu bisa membackup melalui aplikasi WhatsApp langsung. Untuk melakukan Install Ulang kamu bisa mengikuti cara dibawah ini :

  1. Pertama unistall aplikasi WhatsApp.
  2. Tunggu hingga berhasil terhapus.
  3. Selanjutnya buka aplikasi Google Playstore jika kamu pengguna Android dan Appstore apabila kamu pengguna iOS.
  4. Setelah itu buka menu Pencarian.
  5. Cari aplikasi WhatsApp pada menu pencarian tersebut.
  6. Install aplikasi WhatsApp itu.
  7. Tunggu hingga selesai.
  8. Jika sudah buka aplikasi itu, dan login menggunakan nomor kamu.

5. Cek Speaker

speaker

Selain software yang dapat mengalami gangguan atau error perangkat lainnya juga dapat mengalami errror yaitu pada hardware atau perangkat kerasnya.

Perangkat keras yang dapat menyebabkan tidak ada suara ketika melakukan panggilan WhatsApp adalah pada perangkat Speaker, karena sumber suara dari Hp pastinya ada pada Speaker.

Sebelum mengetahui apakah memang perangkat ini yang rusak dan tidak mengeluarkan suara ketika melakukan panggilan pada WhatsApp, kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi yang mengeluarkan suara lainnya.

Kamu bisa memplay sebuah video yang memiliki suara atau kamu bisa menyetel sebuah lagu, namun apabila tidak keluar juga bisa dipastikan speaker kamu yang mengalami gangguan atau rusak.

Untuk mengatasi hal tersebut kamu pastinya harus membawanya ke tempat service karena di temapt tersebut banyak sekali orang yang lebih ahli untuk membenarkan sebuah HP.

6. Gunakan Headset

whatsapp tidak ada suara

Jika memang speaker kamu sedang rusak, maka kamu bisa menggunakan headset sebagai alat bantu mendengar ketika melakukan panggilan.

Dengan menggunakan headset pastinya suara akan keluar karena memang berbeda jalur dengan speaker, namun pastikan juga bahwa headset yang kamu gunakan tidak mengalami kerusakan sama sekali.

Baca juga : Cara Membedakan Headset Kanan dan Kiri

Dan itulah keenam cara mengatasi panggilan WhatsApp yang tidak ada suara dengan cepat dan mudah, apabila kamu tertarik untuk membaca artikel lainnya maka kamu bisa mengunjungi Kabelkusutblog.com.