Cara Mengatasi Suara HP Hilang

3 min read

whatsapp tidak ada suara

Cara Mengatasi Suara HP Hilang – Suara yang di hasilkan dari speaker yang ada di HP pastinya sangat amat berguna pada HP.

Suara tersebut dapat digunakan untuk melakukan panggilan telefon ataupun hanya digunakan untuk mendengarkan musik.

Namun akan menyebalkan apabila suara tersebut hilang karena kita tidak akan bisa mendengarkan suara lagi ketika ingin melakukan telfon ataupun mendengarkan hal-hal lainnya di HP.

Baca juga : Cara Mengatasi WhatsApp Pending

kami Kabelkusutblog.com sudah memiliki beragam macam cara yang dapat kamu pergunakan untuk mengatasi suara hilang pada HP kamu, namun sebelum masuk ke topik tersebut kita harus mengetahui apa saja penyebab yang menyebabkan suara di HP menghilang.

Berikut ini Penyebab Suara HP Hilang

Cukup banyak sekali penyebab yang menyebabkan suara hilang, penyebab-penyebab tersebut dapat dipengaruhi oleh sistem yang ada di dalam HP ataupun masalah hardware daripada si HP, berikut ini beberapa penyebabnya :

  1. HP mengalami Bug.
  2. Volume yang ada di HP dalam keadaan termute.
  3. Sambungan ke headset tidak bisa terlepas.
  4. Speaker internal yang ada di HP sudah rusak.
  5. Speaker HP terkena air.

Itulah beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan HP kamu tidak ada lagi bunyinya.

Berikut ini Cara Mengatasi Suara HP Hilang

Untuk mengatasi suara yang ada di HP hilang, kamu bisa melakukan banyak sekali cara seperti melakukan pengecekan pada volume, speaker internal, dan juga komponen-komponen lainnya.

1. Cek Volume HP

Suara HP Hilang

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengecek volume yang ada pada HP, terkadang kita lupa menyeting atau mengeceknya sehingga volume dalam keadaan mati yang membuat suara di HP menjadi hilang.

Ada 2 cara yang dapat kamu gunakan dalam mengatur pada bagian volume ini yaitu dengan melalui bagian pengaturan atau setting dan juga melalui tombol volume langsung.

Berikut ini cara mengatur melalui Pengaturan :

  1. Pertama buka menu Pengaturan atau Setting di HP kamu.
  2. Jika sudah cari menu Suara.
  3. Atur volume atau naikkan volume di bagian tersebut.
  4. Setelah itu coba lagi suara apakah sudah muncul ataukah belum.

Cara mengatur suara melalui volume langsung :

Untuk cara ini sangatlah mudah kamu hanya perlu menekan tombol up pada volume kamu, dan otomatis volume akan naik, apabila sudah naik maka kamu bisa mencoba suara kembali.

Baca juga : Cara Membuat Absen di Google Classroom

2. Cek Menggunakan SoundAbout

Suara HP Hilang

SoundAbout merupakan sebuah aplikasi gratis yang dapat kamu download dan juga install melalui Google Playstore.

Aplikasi ini berguna untuk mengeluarkan suara bedanya ialah, aplikasi SoundAbout merupakan aplikasi pihak ketiga yang berarti bukan aplikasi bawaan dari HP kamu.

SoundAbout sudah sangat populer dan banyak sekali pengguna yang menggunakan aplikasi tersebut untuk membetulkan perangkat speaker yang rusak.

Namun untuk menggunakan aplikasi SoundAbout HP kamu harus terkoneksi dengan jaringan atau internet.

  1. Pertama install aplikasi yang bernama SoundAbout terlebih dahulu.
  2. Apabila sudah berhasil terinstall maka buka apliaksi itu.
  3. Buka menu Connectable Devices lalu ke Wired Headset Settings.
  4. Dan langkah terakhir adalah menhilangkan centang pada bagian Wired Headset Detection.

3. Hapus Cache Melalui Recovery

hapus cache

Sampah atau Cache yang ada di HP pastinya akan cukup mengganggu apabila terlalu banyak dan juga menumpuk, hal ini juga dapat mengganggu pada bagian suara yang ada di HP.

Dengan menghapus Cache pada sistem kamu akan mengatasi bug-bug yang terjadi pada sistem dan dengan di hapusnya bug atau cache tersebut akan membuat hal yang sebelumnya rusak menjadi kembali normal.

  1. Pertama matikan HP kamu,
  2. Jika sudah tekan dan tahan tombol Power dan juga Volume Up secara beberapa saat.
  3. Setelah itu kamu akan otomatis masuk ke Mode Recovery.
  4. Pada menu tersebut kamu bisa memilih menu Wipe dan selanjutnya pilih menu Wipe Cache.
  5. Jika sudah kamu bisa menekan tombol OK.

Jika sudah melakukan 5 langkah tersebut maka HP kamu akan otomatis terestart, tunggu hingga HP tersebut hidup normal, dan jika sudah coba suara yang ada di HP kembali.

4. Hapus Aplikasi yang Mempengaruhi Suara HP

Suara HP Hilang

Apabila kamu sebelumnya telah mengisntall aplikasi yang mempengaruhi suara itu dapat berpengaruh terhadap suara yang ada di HP dan dapat berakibat menjadi hilangnya suara.

Untuk mengatasi hal tersebut terjadi kamu bisa menghapus atau mengunistall aplikasi-aplikasi tersebut agar suara yang ada di HP kembali menjadi normal.

Baca juga : Cara Mengganti Email Instagram

5. Tes Speaker

Suara HP Hilang

Apabila memang sudah tidak bisa lagi kamu bisa melakukan pengetesan menggunakan dial yang dapat kamu coba, cara ini agar mengetahui apakah speaker kamu yang memang sudah rusak atau belum.

Kamu bisa mencoba dengan menggunakan dial yaitu *#0#*, sebelum mencoba hal tersebut kamu harus masuk ke menu telepon, lalu mengetikan nomor dial itu.

Setelah berhasil akan otomatis muncul berbagai macam menu, untuk mengetes speaker yang ada di HP kamu bisa memilihi menu Speaker.

6. Reset Pabrik atau Factory Reset

reset pabrik

Biasanya langkah ini merupakan langkah terakhir apabila cara-cara yang sebelumnya tidak berhasil, dengan cara ini kamu bisa mengembalikan HP kamu menjadi seperti baru dibeli yang artinya masih kosong.

Sebelum kamu ingin melakukan langkah ini lebih baik kamu membackup data-data yang ada pada HP, karena dengan melakukan reset pabrik akan menghilangkan semua data yang ada di HP.

Berikut ini cara melakukan Factory Reset :

  1. Masuk ke menu Pengaturan yang ada pada HP.
  2. Scroll dan pilih menu Cadangkan dan Setel Ulang.
  3. Jika sudah pilih opsi untuk melakukan Factory Reset yaitu Kembalikan ke Setelan Pabrik.

Tunggu beberapa saat hingga HP memproses hal tersebut, sebelum melakukan hal ini pastikan dengan benar-benar kamu ingin melakukan, karena data yang di HP bisa dibilang cukup penting.

7. Bawa ke Tempat Service

Suara HP Hilang

Cara paling akhir apabila 6 cara diatas sudah kamu coba namun masih tidak bisa mengatasi suara yang hilang di HP kamu adalah dengan langsung membawa ke tempat service.

Hal ini dilakukan apabila memang speaker yang ada di HP tersebut sudah rusak yang berarti sudah tidak bisa di betulkan dengan 6 cara diatas.

Biasanya ketika dibawa ke tempat service akan langsung di ganti dengan speaker internal yang baru yang memiliki harga yang bervariasi.

Namun apabila HP kamu masih memiliki garansi resmi kamu bisa membawa HP tersebu ke tempat service center, dan biasanya apabila masih bisa claim garansi kamu tidak akan dikenakan biaya.

Itulah 7 cara yang cukup mudah untuk dilakukan oleh para pemula dan juga yang sudah paham. Apabila kamu tertarik untuk membaca artikel lainnya kamu bisa membuka situs Kabelkusutblog.com.