Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Dibuka

2 min read

whatsapp tidak bisa dibuka

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Dibuka – WhatsApp merupakan aplikasi untuk chatting yang sudah sangat besar dan pastinya banyak sekali penggunanya diseluruh dunia.

Walaupun sudah sangat besar WhatsApp tidak terlepas dari berbagai macam error seperti pesan tidak sampai-sampai, tidak dapat membuka pesan hingga tidak dapat membuka WhatsApp.

Namun itu semua pastinya dapat dengan mudah untuk diatasi bahkan dapat diatasi tanpa bantuan orang lain melainkan diri sendiri walaupun masih dibilang cukup awam.

Baca juga : Cara Mengatasi WhatsApp Pending

Berikut ini Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Dibuka

Banyak sekali cara yang dapat digunakan untuk mengatasi aplikasi WhatsApp yang tidak bisa dibuka yaitu dengan merestart HP, kami Kabelkusutblog.com sudah merangkum 6 cara yang dapat kamu gunakan.

1. Restart HP

whatsapp tidak bisa dibuka

Restart HP berarti menghidupkan ulang perangkat yang ada di HP seperti jaringan dan juga aplikasi, hal ini cukup efektif apabila kamu tidak bisa membuka aplikasi WhatsApp.

Kamu hanya perlu menekan lama tombol power dan akan otomatis muncul sebuah pop up dan kamu bisa memilih pada tulisan Restart, tunggu beberapa saat hingga restart tersebut selesai maka kamu bisa mencoba lagi membuka aplikasi WhatsApp.

Baca juga : Cara Mengatasi Suara HP Hilang

2. Periksa Jaringan Internet

whatsapp tidak bisa dibuka

Jaringan internet pastinya sangat berpengaruh pada aplikasi WhatsApp, karena jika tidak ada jaringan internet maka tidak akan bisa membuka atau mengirim pesan ke seseorang.

Untuk mengatasi hal ini kamu bisa mengecek jaringan yang ada pada HP kamu apabila memang tidak ada maka ini yang membuat WhatsApp kamu tidak bisa dibuka dan mengirim pesan.

Kamu bisa berpindah ke lokasi yang memiliki sinyal atau kamu bisa menggunakan cara menonaktifkan dan mengaktifkan mode pesawat agar jaringan yang ada pada HP kamu terestart.

3. Update WhatsApp

whatsapp tidak bisa dibuka

Aplikasi yang sudah lama tidak di update pastinya akan mengalami bug apalagi aplikasi tersebut sudah bertahun-tahun tidak di update.

Apabila aplikasi WhatsApp kamu yang sudah lama tidak di update maka akan otomatis memunculkan tulisan WhatsApp telah kadaluarsa pada tanggalnya, dengan munculnya hal tersebut maka WhatsApp kamu wajib di update.

Untuk melakukan update kamu bisa melakukannya dengan mudah yaitu hanya perlu menuju ke Google Playstore bagi pengguna Android atau ke Appstore bagi pengguna iOS, berikut ini cara lengkapnya :

  1. Pertama buka aplikasi Playstore atau Appstore.
  2. Jika sudah klik pada menu pencarian.
  3. Cari WhatsApp.
  4. Tunggu hingga muncul dan klik pada tombol Update.
  5. Jika sudah tunggu hingga selesai.

Apabila sudah berhasil update maka langkah selanjutnya adalah untuk mengecek aplikasi WhatsApp tersebut bisa dibuka atau belum.

4. Hapus Cache WhatsApp

WhatsApp

Cache atau biasa orang menyebutnya dengan sampah merupakan hal yang akan menumpuk apabila dibiarkan terlalu lama di suatu aplikasi.

Cache dapat menumpuk di semua aplikasi termasuk di WhatsApp. Dengan menumpuknya cache tersebut dapat menyebabkan error termasuk error tidak dapat membuka aplikasi tersebut.

Untuk mengatasi hal ini kamu bisa dengan mudah menghapus sampah atau cache tersebut melalui menu pengaturan, berikut ini cara lengkapnya :

  1. Buka menu Pengaturan atau Settings yang ada pada HP kamu.
  2. Setelah itu cari menu Aplikasi dengan melakukan scroll di menu Pengaturan.
  3. Jika sudah cari aplikasi WhatsApp.
  4. Pilih menu Penyimpanan.
  5. Lalu tekan tombol Hapus Memori.

Jika sudah dilakukan tunggu beberapa saat hingga cache berhasil terhapus seluruhnya, setelah itu buka aplikasi WhatsApp kamu.

Baca juga : Cara Membuat Absen di Google Classroom

5. Hapus Data WhatsApp

hapus data

Cara kelima ini adalah dengan menghapus data yang ada pada WhatsApp, namun sebelum melakukan ini pastikan data penting yang ada di WhatsApp telah kamu simpan atau backup.

Jika tidak di backup maka data tersebut akan terhapus dan tidak dapat dikembalikan. Jika kamu melakukan hapus data ini maka kamu harus melakukan login ulang ketika sudah berhasil menghapus data secara keseluruhan, berikut ini cara hapus data WhatsApp :

  1. Pertama buka aplikasi Pengaturan.
  2. Setelah itu cari menu Aplikasi.
  3. Jika sudah cari aplikasi WhatsApp pada menu tersebut.
  4. Tekan atau pilih menu Penyimpanan.
  5. Terakhir tekan tools Hapus Data.
  6. Tunggu hingga 100% terhapus keseluruhan data.

6. Install Ulang Aplikasi WhatsApp

whatsapp tidak bisa dibuka

Install ulang merupakan sebuah cara yang paling terakhir apabila WhatsApp kamu tidak bisa dibuka, hal ini dapat mengatasi bug-bug yang memang terjadi pada saat aplikasi tersebut berada di HP kamu.

Cara ini sangatlah mudah kamu hanya perlu menghapus aplikasi WhatsApp yang ada pada HP kamu lalu mengisntallnya lagi melalui Playstore ataupun Appstore.

Sama seperti hapus data apabila kamu melakukan Install ulang ini maka seluruh data yang ada pada WhatsApp kamu akan terhapus untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa melakukan backup data terlebih dahulu.

Itulah keenam cara yang dapat mengatasi aplikasi WhatsApp kamu yang tidak bisa terbuka sama sekali. Apabila kamu tertarik untuk membaca artikel lainnya maka kamu bisa mengunjungi Kabelkusutblog.com.