Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Menerima SMS

3 min read

sms

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Menerima SMS – SMS merupakan hal yang cukup penting pada masanya, dengan melakukan SMS kita bisa mengabari orang lain.

Namun dengan seiringnya perkembangan jaman SMS sudah lama sekali ditinggalkan dan digantingkan dengan media sosial yang sudah sangat canggih.

Walaupun demikian masih banyak orang lain yang menggunakan SMS karena bisa dibilang semua orang belum tentu memiliki smartphone yang dapat di install aplikasi media sosial.

Baca juga : Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Microsoft Word

Sama seperti hal lainnya yang ada di HP, SMS juga bisa menjadi error di HP yang kamu gunakan, error tersebut seperti tidak bisa menerima SMS dari orang lain dan masih banyak lagi.

Kami Kabelkusutblog.com sudah memiliki cara untuk mengatasi hal tersebut, namun sebelum masuk ke pembahasan mari kita membahasa penyebab-penyebab utama hal tersebut dapat terjadi.

Penyebab HP Tidak Bisa Menerima SMS

Apabila terjadi error pada HP pastinya memiliki penyebab yang bisa berupa error dari HP tersebut ataupun bisa disebabkan oleh kita yang lalai seperti merusak perangkat kerasnya.

Berikut ini penyebab HP Tidak bisa menerima SMS :

  1. Sampah atau Cache di aplikasi pesan cukup menumpuk.
  2. SMS sudah terlalu menumpuk
  3. Operator sedang gangguan
  4. SIM tidak terpasang dengan pas
  5. Rusaknya perangkat keras yang ada di HP

Itulah 5 penyebab yan dapat menyebabkan HP tidak bisa menerima SMS lagi, dan selanjutnya adalah menuju pembahasan utama yaitu cara mengatasinya.

Berikut ini Cara Mengatasi HP TIdak Bisa Menerima SMS

1. Hapus Beberapa Pesan di Aplikasi SMS

Tidak Bisa Menerima SMS

Setiap HP pastinya memiliki batas maksimum SMS yang tersimpan, apabila SMS terus menumpuk pada HP kamu maka dapat menyebabkan HP tidak bisa menerima SMS lagi.

Yang dapat menyebabkan SMS penuh pada HP adalah SMS dari operator yang kamu gunakan dan SMS spam yang pastinya apabila kamu melihat SMS tersebut akan kamu abaikan.

Untuk mengatasi hal ini sangatlah mudah kamu cukup membuka aplikasi SMS atau Pesan pada HP kamu lalu pilih SMS yang ingin kamu hapus.

Apabila sudah di hapus beberapa maka akan dengan otomatis pesan yang sebelumnya tidak sampai akan segera sampai ke nomor kamu.

Baca juga : Cara Mengatasi Layar Laptop Blank Putih

2. Bersihkan Sampah Pada Aplikasi SMS

Setiap aplikasi pastinya akan mengalami error atau terganggu apabila terdapat sampah atau cache yang terlalu banyak, untuk menghapus cache pada aplikasi Pesan cukuplah mudah, berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Pertama silahkan buka aplikasi Pengaturan atau Setting pada HP kamu.
  2. Jika sudah scroll dan cari menu Aplikasi.
    Aplikasi
  3. Pada menu aplikasi tersesbut cari aplikasi SMS atau Pesan.
  4. Buka menu Penyimpanan, dan kemudian pilih pada Hapus Memori atau Cache.

Aapbila kamu telah melakukan keempat langkah tersebut maka sampah atau cache pada aplikasi SMS yang ada di HP kamu akan terhapus keseluruhan.

3. Ubah ke Jaringan 3G

Tidak Bisa Menerima SMS

Apabila HP yang kamu gunakan jaringan 4G default maka bisa menyebabkan SMS tidak akan sampai ke nomor kamu, namun berbeda lagi apabila 4G yang ada di HP kamu sudah memiliki fitur VoLTE.

Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa mengubah jaringan yang sebelumnya 4G default menjadi 3G dengan melakukannya lewat pengaturan. Berikut ini caranya :

  1. Pertama buka aplikasi Pengaturan atau Settings.
  2. Selanjutnya pilih menu Jaringan atau Koneksi.
  3. Setelah itu masuk ke menu Jaringan Seluler.
  4. Ganti Mode Jaringan ke 3G.

Dengan melakukan hal tersebut membuat pesan yang tadinya pending akan menjadi lancar kembali seperti semula.

4. Tunggu Hingga Gangguan Selesai

Sinyal

Operator yang mengalami gangguan pastinya akan mengganggu pesan yang orang lain kirimkan ke nomor kamu, dengan dikirimkan pesan tersebut namun nomor kamu gangguan maka kamu tidak akan menerima SMS tersebut.

Selain tidak dapat menerima SMS apabila operator gangguan maka kamu juga tidak akan bisa menggunakan internet secara normal.

Untuk mengatasi hal ini kamu bisa menunggu hingga gangguan tersebut selesai biasanya tidak akan lama yaitu 2-3 jam saja.

Untuk memastikan bahwa operator sedang gangguan ataukah tidak kamu bisa bertanya kepada orang lain yang menggunakan kartu SIM yang sama dengan yang kamu gunakan.

Baca juga : Cara Hapus Kelas di Google Classroom

5. Hubungi Operator

Tidak Bisa Menerima SMS

Apabila memang kelima cara diatas sudah kamu pastikan buakan penyebabnya maka langkah kelima kamu bisa mencoba menelfon operator yang kamu gunakan.

Dengan menelfon operator atau melakukan Call Center maka kamu akan dibantu langsung oleh pusat hal yang terjadi pada nomor kamu yang menyebabkan tidak bisa menerima SMS.

Kamu harus menjelaskannya dengan rinci agar operator tau apa permasalahan yang terjadi pada nomor kamu tersebut.

6. Reset Pabrik

Tidak Bisa Menerima SMS

Reset pabrik atau Factory Reset merupakan langkah terakhir yang dapat kamu lakukan apabila cara-cara sebelumnya tidak dapat mengatasi HP kamu yang tidak bisa menerima SMS.

Dengan melakukan reset pabrik maka akan mengatur ulang HP menjadi seperti baru, namun pastinya akan menghilangkan data-data yang sebelumnya ada di HP.

Sebelum melakukan hal ini kamu bisa melakukan backup terlebih dahulu data-data tersebut ke perangkat lain seperti HP lain atau Laptop atau kamu juga bisa melakukan backup di cloud storage seperti Google Drive.

Namun sebelum kamu melakukan hal ini kamu harus mencoba cara-cara lainnya seperti memindahkan nomor yang ada di HP kamu tersebut ke HP lain, lalu lakukan SMS ke nomor tersebut, apabila masuk maka bisa dipastikan HP kamu yang mengalami error.

Dan itulah 6 cara yang berguna untuk mengatasi HP yang tidak bisa menerima SMS sama sekali. Dan apabila kamu tertarik untuk membaca artikel lainnya maka kamu bisa mengunjungi Kabelkusutblog.com.