Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mengisi

3 min read

baterai laptop tidak mengisi

Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mengisi – Baterai merupakan bagian yang paling penting apabila kita menggunakan sebuah laptop, karena laptop sangat memerlukan baterai apabila ingin hidup atau berjalan.

Tanpa adanya baterai pada laptop maka laptop tidak akan berjalan ataupun hidup, yang mengharuskannya mencolok ke listrik terlebih dahulu untuk menyalakannya.

Karena baterai tersebut adalah sebuah perangakat elektronik maka kita harus menjaganya atau tidak maka bisa mengalami kerusakan seperti ketika di charge tidak akan penuh dan berjalan.

Banyak cara untuk mengatasi baterai yang di charge namun tidak mengisi, kabelkutublog.com akan coba membantu kamu bagaimana cara mengatasi baterai laptop tidak mengisi pada Windows 7, Windows 8, Windows 10, dan juga sistem operasi lainnya.

Baca juga : Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet

Berikut ini Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mengisi

1. Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mengisi Dengan Dinginkan Laptopbaterai laptop tidak mengisi

Apabila kamu menggunakan Laptop untuk bekerja seharian bahkan di panasnya siang hari maka bisa berakibat pada yang namanya overheat, atau panas yang berlebih yang dapat mengakibatkan berpengaruh kepada kesehatan si baterai.

Bagian dari laptop yang mungkin lumayan rentan dalam kerusakan adalah baterai, jika terlalu panas maka bisa memperngaruhi sensor yang ada di dalamnya. Dengan suhu yang cukup tinggi maka laptop kamu bisa saja mendeteksi baterai laptop sudah terisi penuh.

Untuk mengatasi hal ini kamu perlu yang namanya mengistirahatkan laptop tersebut dengan cara mematikannya atau mensleepnya dan pastikan tempat untuk menyimpan laptop tersebut di tempat yang cukup sejuk karena akan percuma bila ditaruh di tempat yang memiliki suhu yang panas.

2. Periksa Charger

baterai laptop tidak mengisi

Charger adalah sebuah kebutuhan yang paling penting dalam setiap laptop yang berguna untuk mengisi daya, dan apabila Charger tersebut rusak ataupun tidak berfungsi dengan normal maka kita sebagai pemilik laptopnya akan kesulitan dalam mengisi daya.

Apabila kamu sudah mencolokkan Charger dengan normal dan tidak kunjung menaikan kapasitas si baterai maka kamu wajib mengeceknya, perhatikan setiap jengkal dari si kabel apakah ada bagian yang berkerut yang menyebabkan kabel terputus, longgar atau ada bagian kabel yang terbuka.

Dan selanjutnya bagian yang kamu cek adalah pada bagian lobang untuk mengecas si laptop apakah penuh dengan debu atau kotoran ataukah tidak, jika iya maka kamu wajib membersihkannya namun dengan perlahan agar tidak meruskanya.

Baca juga : Cara Menghapus Aplikasi di Laptop Secara Permanen

3. Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mengisi Dengan Update Driver

baterai laptop tidak mengisi

Ketika baterai kamu tidak bisa mengisi dengan normal maka bisa jadi akibat jarang sekali mengupdate driver yang ada pada laptop, cara mengupdatenya pun cukup mudah, berikut ini caranya :

  • Buka menu Search dan cari Device Manager, setelah ketemu silahkan di buka.
  • Kemudian pada bagian Baterai bisa di klik di panah bagian kirinya.
  • Setelah itu klik kanan pada salah satu dan klik Update Driver, dan jika banyak bisa di update satu persatu.
  • Jika sudah semua terupate maka langkah selanjutnya adalah merestart Laptop.
  • Dan coba Charge lagi apabila laptop telah hidup.

4. Tahan Tombol Power

power button

Cara ini cukup banyak yang menggunakan karena banyak juga yang berhasil ketika menggunakan cara ini untuk mengatasi baterai laptop yang ketika di cas tidak mengisi.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah melepas baterai ketika laptop sedang mati, setelah itu pasang baterai ke laptop kembali dan tahan tombol power selaam 30 detik. Setelah itu lepas tombol yang ditahan barusan, dan nyalakan laptop dengan cara seperti biasanya.

5. Unistall atau Stop Software Power Management

baterai management

Biasanya aplikasi ini terpasang di laptop-laptop baru sekarang yang berfungsi untuk baterai agar tidak penuh maksimal ketika di cas secara terus menerus.

Laptop yang sudah menyediakan sedari awal dengan fitur ini adalah Lenovo, namun ia akan terus begitu ketika kita colokan ke Charge jadi apabila kamu ingin men Charge maka stop dulu penggunaan aplikasi tersebut dan setelah di stop maka baterai akan penuh seperti normal.

Baca juga : Cara Mengubah VGA Laptop

6. Cabut dan Pasang Charger Secara Berulang-ulang

baterai laptop tidak mengisi

Apabila laptop kamu ketika di Charge akan berjalan namun akan berhenti di tengah jalan maka cara ini mungkin cukup ampuh untuk mengatasinya.

Cara pertama colokan seperti biasanya ketika ingin mengcharge laptop kamu, dan biarkan berjalan sampai nantinya ia berhenti lalu kamu cabut dan pasang kembali, begitu terus hingga si baterai penuh nantinya.

Namun setelah cara ini tidak berhasil lagi maka kamu harus membawanya ketempat service karena bisa saja di bagian laptop atau casan kamu mengalami kerusakan.

7. Lepas dan Pasang Baterai

baterai

Apabila laptop kamu memungkinkan untuk melepas baterai maka untuk mengakali ketika di cas tidak terisi adalah melepas baterai yang ada di laptop lalu bersihkan apabila ada debu yang mengumpul, karena debu tersebut dapat saja menyumbat aliran listrik dari baterai ke laptop sehingga menyebabkannya tidak bisa di Charge.

Dan setelah di lepas pasang kembali baterai tersebut di tempat yang benar, lalu coba lagi di Charge dan perhatikan baterai mengisi ataukah tidak.

8. Pastikan Posisi Baterai Benar

baterai laptop tidak mengisi

Ketika kamu terlalu sering mencopot dan memasang baterai pasti adakalanya ketika ingin memasang tidak pas atau kurang masuk yang mengakibatkan ketika di cas tidak akan masuk.

Untuk itu kamu harus memperhatikan lagi di bagian tersebut apakah sudah sesuai dengan tempatnya dan jika belum kamu bisa mencopotnya secara perlahan lalu memasangnya lagi dengan tempat yang lebih pas dari sebelumnya.

Sekian artikel mengenai Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mengisi, apabila kamu tertarik dengan artikel lainnya di blog ini maka kamu bisa mengunjungi : Kabelkusutblog.com