Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet

Cara merawat baterai laptop agar awet dan bertahan lama – Baterai pada laptop merupakan satu hal yang sangatlah penting karena fungsi laptop dapat digunakan di mana-mana dan membuat laptop bergantung pada baterai ketika ingin di pakai di luar ruangan.

Saat ini sudah banyak sekali laptop yang di bekali dengan kapasitas baterai yang cukuplah besar dan membuatnya bisa bertahan dengan cukup lama. namun dengan anda melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk pada laptop anda bisa membuat baterai pada laptop anda berumur pendek atau jika anda pakai dalam waktu pendek cepat habis.

Baca juga : Cara membuat foto hitam putih di Adobe Photohshop dengan mudah

cara merawat baterai laptop

5 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet

Baterai yang bertahan lama merupakan dambaan bagi beberapa orang atau mungkin setiap orang karena dengan baterai bertahan lama itu dapat menunjang kesehariannya dalam menggunakan laptop.

1. Cabut ketika baterai sudah mencapai 100%

Penyebab paling utama dari baterai bocor atau cepat terkurasnya baterai ketika di pakai adalah anda mengecas sampai penuh namun tidak dicabut. kebiasaan buruk ini kalau seringnya di lakukan dapat memperpendek umur baterai bahkan bisa sampai baterai tidak bisa di pakai lagi.

Jika anda melakukan hal itu maka listrik akan terus masuk ke laptop anda yang dapat membuat komponen-komponen pada baterai anda rusak. Mulai saat ini hindarilah mengecas sampai full namun tidak di cabut-cabut.

2. Gunakan charger original

cara merawat baterai laptop

Sama seperti hp apabila tidak menggunakan charger originalnya maka baterai pada hp akan cepat rusak. Laptop pun sama dengan itu, apabila anda menggunakan charger tidak original atau Kw itu dapat mebuat aliran listrik yang masuk ke laptop menjadi tidak stabil yang dapat membuat baterai anda rusak.

Jika memang charger ori anda rusak lebih baik anda membelinya yang baru di toko resmi merk laptop anda. Jangan sampai anda membeli charger Kw atau murah demi menghemat uang. Karena biaya membenarkan laptop atau mengganti baterai tidaklah murah.

Baca juga : Cara agar baterai HP awet dan tahan lama saat digunakan

3. Jangan sampai laptop mati total

cara merawat baterai laptop

Kebiasaan buruk membiarkan baterai laptop mati total atau baterai sampai 0% justru bisa berakibat sangatlah fatal yang dapat berakibat rusak pada mesin laptop maupun baterai. Ketika laptop mati total itu akan memaksa sistem juga mati dengan seketika.

Lalu berapa persen baterai laptop harus dicas? Jika anda melihat baterai tinggal 20% atau kurang lebih baik anda cas atau isi dayanya dan cabut setelah sampai 100%.

4. Jangan sampai laptop anda telalu panas

Cara merawat laptop yang keempat adalah jangan sampai laptop anda terlalu panas atau overheat. Ketika laptop sangat panas itu akan berakibat borosnya baterai yang terpakai di laptop anda dan membuat sistem pada laptop juga akan sedikit melambat dari biasanya.

Ketika anda memakai laptop dan sudah merasakan sedikit panas dan anda tidak memiliki laptop fan lebih baik anda istirahatkan laptop anda terlebih dahulu setidaknya 15 menit sampai 30 menit sekiranya laptop sudah sedikit mendingin.

5. Jangan pakai laptop di atas kasur atau bantal

cara merawat baterai laptop

Tips yang terakhir adalah janganlah sesekali anda memakai laptop di atas bantal atau kasur, karena di atas bantal atau kasur dapat membuat sirkulasi udara di laptop anda berkurang yang dapat membuat laptop anda akan cepat panas atau overheat. Jika anda ingin memakainya di atas kasur lebih baik anda cari kotak atau tempat yang bisa untuk di taruh laptop saya sarankan tempatnya rata.

Jika kalian ingin membaca artikel inspiratif lainnya di blog ini kalian dapat mengunjungi link berikut : kabelkusutblog.com