Penyebab Komputer Mati Sendiri

3 min read

komputer mati sendiri

Penyebab Komputer Mati Sendiri – Komputer atau terkadang kebanyakan menyebutnya dengan sebutan PC ini merupakan perangkat yang sudah banyak orang yang menggunakannya.

Kebanyakan orang memilih ini karena komputer sendiri mudah sekali mengupgrade sistem yang ada didalamnya berbeda dengan laptop yang cukup sulit dan terbatas untuk mengupgradenya.

Sama seperti perangkat elektronik yang lainnya komputer pastinya memiliki penyebab yang dapat menyebabkannya rusak dan salah satu hal yang sering dialami yaitu komputer mati sendiri.

Walaupun sering dialami pastinya memiliki cara untuk mengatasinya dengan membawanya ke tempat service atau membetulkannya sendiri.

Baca juga : Cara Mengirim File dari Laptop ke HP

Dibawah ini 5 Penyebab Komputer Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

1. Penyebab Komputer Mati Sendiri karena Hardware Rusak

komputer mati sendiri

Hardware atau perangkat keras merupakan sebuah bagian yang paling penting pada komputer, apabila tidak adanya hardware maka komputer tersebut tidak akan mau hidup atau dijalankan.

Sama seperti Hardware tidak ada yaitu tidak mau hidup maka dengan rusaknya perangkat hardware yang ada di komputer akan menimbulkan hal yang sama yaitu tidak mau hidup dan juga akan mati dengan sendirinya. Berikut ini beberapa hardware atau perangkat keras yang harus kamu perhatikan.

1. RAM

Yup, RAM adalah hal yang paling penting pada bagian komputer, jika tidak adanya RAM pada perangkat komputer maka komputer tersebut akan mati dengan sendirinya.

Karena sifat RAM yaitu membantu berjalannya sebuah proses pengolahan data pada komputer, dan jika rusak maka tidak akan ada yang menjalankan pengolahan data tersebut dan dengan otomatis akan membuat komputer mati.

Untuk mengatasi RAM ini, biasanya RAM mengenai debu sehingga membuatnya akan tersendat untuk mengatasinya maka kamu bisa mencoba membersihkannya, apabila sudah dicoba dan belum bisa kamu wajib menggantinya dengan yang baru.

2. VGA

Bagian vital selanjutnya adalah VGA, dengan adanya VGA maka akan membantu kinerja  processor, karena jika VGA rusak akan mengakibatkan komputer mengalami Bluescreen setelah Bluescreen akan mati dengan sendirinya.

Selain itu juga apabila VGA kamu rusak dan mencobanya untuk membuka sebuah game yang mengandalkan sebuah VGA maka game tersebut tidak akan terbuka yang akan terus menerus blackscreen, dan terkadang walaupun tidak blackscreen ketika digunakan untuk bermain game maka akan membuat sangat lag atau macet-macet.

Untuk mengatasi hal ini kamu bisa menggantinya dengan VGA yang baru, atau coba untuk membersihkannya secara hati-hati, dan apabila sudah di bersihkan dan dicoba tidak bisa berarti harus mengganti dengan yang baru.

3. Harddisk

Harddisk juga masuk ke bagian yang paling penting karena jika Harddisk ini mengalami kerusakan akan menyebabkan komputer akan mati dengan sendirinya ataupun tidak mau hidup atau ketika hidup akan memiliki tampilan kosong saja dan selain itu juga bisa mengalami yang namanya bluescreen.

Hal ini bisa terjadi karena umur harddisk yang mungkin sudah cukup tua karena Harddisk yang sudah tua akan rentan mengalami kerusakan, terkena yang namanya virus ataupun malware, dan yang paling sering diakibatkan karena terbentur.

Untuk mengatasi hal ini kamu bisa menggantinya dengan Harddisk yang baru, namun apabila Harddisk yang lama masih bisa kamu harus buru-buru membackup data penting agar terselamatkan dan setelah itu gantilah dengan yang baru.

Baca juga : OS Android untuk PC & Laptop

2. Penyebab Komputer Mati Sendiri karena Listrik Tidak Stabil

komputer mati sendiri

Arus listrik yang stabil merupakan sebuah syarat apabila ingin memiliki komputer atau ingin memakai komputer, karena jika listrik sobat yang berada di rumah mengalami yang namanya tidak stabil sering naik turun akan menyebabkan perangkat yang ada di dalam komputer akan cepat sekali rusak.

Untuk kamu yang ingin mengatasi hal ini kami sarankan menggunakan yang namanya stabilizer dan juga UPS yang akan membuat listrik yang akan dialirkan ke komputer akan menjadi stabil.

3. Overheat atau Terlalu Panas

komputer mati sendiri

Overheat adalah salah satu hal yang terjadi apabila perangkat yang sedang kamu gunakan memiliki panas yang melebihi batas wajar yang menyebabkan komputer mati sendiri.

Overheat pasti memiliki penyebab yang mendasari terjadinya hal tersebut, karena memang bukan hal yang wajar apabila komputer memiliki suhu yang cukup sangat panas, berikut ini penyebabnya.

Penyebab Overheating atau Kelabihan panas :

1. Pasta Sudah Habis atau Kering

Bagi yang sering merakit kompuer pastinya sudah tau dengan barang yang sering dioleskan pada processor yaitu pasta, apabila pasta ini mengalami yang namanya kering pastinya memperburuk keadaan pada Processor.

Processor akan menjadi sangat panas yang akan menyebabkan oeverheat, untuk mengatasi hal ini pastinya kamu memerlukan mengganti pasta dengan yang baru dan menggantinya dengan kualitas yang lebih baik daripada pasta yang sebelumnya.

2. Program yang Dijalankan Berat

Banyak sekali program-program yang berat yang dapat di install pada komputer seperti Game ataupun aplikasi coding android, dan pastinya aplikasi edit video cukup berat.

Karena cukup berat tersebut akan memakan memori atau RAM dengan cukup besar yang membuat komputer yang tidak sesuai dengan spesifikasi akan memaksanya dan berakibat komputer shutdown dengan sendirinya.

Apabila komputer kamu sudah mengalami hal ini maka untuk lebih berhati-hati lagi dan jangan coba-coba menjalankan aplikasi tersebut atau bisa menggunakan aplikasi dengan versi yang lebih ringan daripada sebelumnya.

3. Kipas di Komputer Bermasalah

Perangkat yang cukup berguna di dalam komputer adalah kipas, kipas akan cukup berfungsi karena akan membuang udara panas yang ada di dalam komputer ke luar, dan ada juga kipas yang memasukkan udara luar ke dalam untuk mendinginkan suhu yang ada di dalam komputer.

Apabila kipas ini bermasalah seperti tidak ingin berputar maka bisa berakibat suhu yang ada di dalam CPU akan menjadi kacau dan mengakibatkan mati sendiri pada komputer. 

Untuk mengatasinya apabila kamu sudah tahu bahwa kipas tersebut mati maka kamu harus buru-buru memperbaikinya sebelum memakai komputer kembali.

4. Bermain di Suhu Ruangan yang Panas

Suhu ruangan pastinya sangat berpengaruh karena jika ruangan cukup dingin akan menyebabkan suhu pada komputer atau CPU menjadi dingin juga dan membuatnya menjadi tahan lama.

Namun apabila cukup panas kondisi ruangan yang ditempati oleh CPU akan membuatnya cepat sekali panas dan dapat menyebabkan overheat yang mengakibatkan komputer mati sendiri.

Baca juga : Cara Install Driver Nvidia

4. Terkena Virus

malware

Virus merupakan masalah yang paling menyulitkan bagi pengguna PC atau Komputer karena sudah banyak sekali virus maupun malware yang menyebar, untuk menghindari virus ini kamu harus menggunakan antivirus atau jangan terlalu sering mendownload di tempat yang tidak disarankan.

Selain itu juga jangan terlalu sering menyolokkan flashdisk yang mungkin sudah terkontaminasi atau terkena virus di perangkat yang di colokkan sebelumnya.

Virus atau malware juga ada yang menyerang ke dalam sistem yang ada pada komputer yang dapat mengendalikan komputer yang menyebabkannya mati atau shutdown dengan sendirinya.

5. Program atau Sistem Komputer Crash

crash

Crash ini bisa diakibatkan dengan pemasangan driver yang tidak sesuai yang menyebabkan tidak diterimanya driver tersebut di OS yang sedang kamu pakai. Untuk mengatasi hal ini kamu bisa mengunistall driver yang tidak sesuai sebelumnya dan coba untuk mencari driver yang sudah sesuai agar kejadian ini tidak terulang kembali.

Sekian artikel mengenai Cara Mengirim Penyebab Komputer Mati Sendiri, apabila kamu tertarik dengan artikel lainnya di blog ini maka kamu bisa mengunjungi : Kabelkusutblog.com

 

Cara Update Google Chrome

admin
1 min read

Cara Cek Nomor Axis

admin
2 min read

Cara Cek Nomor XL

admin
2 min read