Cara Memperbarui Layanan Google Play Service

2 min read

memperbarui layanan google play

Cara Memperbarui Layanan Google Play – Google Play merupakan suatu layanan yang paling wajib kita miliki apabila kita menggunakan sistem operasi Android pada HP yang kita gunakan.

Layanan Google Play juga merupakan salah satu aplikasi bawaan atau fitur bawaan pada sistem Android, yang apabila kamu mengecek pada bagian Aplikasi pastinya dapat langsung melihat aplikasi Layanan Google Play ini.

Baca juga : Cara Mengatasi Sayangnya Layanan Google Play Telah Berhenti

Google Play juga dapat di update dan terkadang update tersebut berlangsung secara otomatis, update tersebut sangat berguna karena akan membantu kita dengan sistem yang baru dan dapat menyesuaikan dengan HP yang kamu gunakan.

Sebelum masuk ke cara update layanan Google Play mari kita pahami terlebih dahulu apa itu Layanan Google Play.

Pengertian Layanan Google Play

Layanan Google Play atau terkadang orang sering menyebutnya dengan sebutan Google Play Service ini merupakan sebuah aplikasi yang akan langsung tersedia setiap kamu menggunakan OS Android pada HP kamu.

Layanan Google Play ini akan otomatis berjalan di belakang layar jadi akan terus menerus berjalan walaupun HP tidak digunakan, Layanan Google Play ini akan membantu HP kamu dalam menjalankan beberapa aplikasi dan pastinya akan sangat membantu apabila ada aplikasi yang membutuhkan fitur buatan Google.

Berikut ini Cara Memperbarui Layanan Google Play

1. Download Langsung Melalui Play Store

Cara pertama ini dapat kamu gunakan dengan cukup mudah yaitu bisa langsung mengupdatenya melalui Google Play Store namun dengan beberapa langkah, berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Langkah pertama buka menu Pengaturan atau Setelan yang ada pada HP kamu.
  2. Kemudian buka menu Aplikasi.
    aplikasi
  3. Setelah itu cari aplikasi yang bernama Layanan Google Play atau Google Play Service.
  4. Pilih menu App details atau Rincian Aplikasi.
    memperbarui layanan google play
  5. Setelah itu akan otomatis diarahkan ke Google Play Store apabila ada tulisan Update maka kamu bisa mengupdatenya, namun apabila tidak ada tulisan update maka Google Play Service kamu sudah versi yang paling baru.

Baca juga : Cara Mengetahui Traffic Pengunjung Website

2. Tunggu Hingga Adanya Update Otomatis

google play

Cara kedua ini cukup hanya menunggu hingga adanya update otomatis yang diberikan oleh Google untuk Layanan Google Play yang ada di HP kamu.

Karena Google Play Service merupakan aplikasi bawaan atau aplikasi default pada setiap HP maka ia akan melakukan update sendiri yang tidak perlu kamu atur-atur lagi.

Namun terkadang ada beberapa user yang membatasi update secara otomatis ini dengan cara membuatnya tidak bisa mengupdate secara otomatis. Karena terkadang Hp yang masih keadaan Default atau bawaaan dari awal beli saja yang bisa melakukan ini.

Baca juga : Cara Menghilangkan Notifikasi Shareit

Apabila HP kamu pernah kamu ubah-ubah dan mematikan update otomatis yang ada pada HP maka kamu bisa mengeceknya kembali, dan apabila benar sudah dimatikan pada update otomatisnya kamu bisa melakukan hal berikut ini :

  1. Pertama buka Pengaturan atau Setelan pada HP kamu.
  2. Setelah itu masuk ke menu Tentang Ponsel.
  3. Selanjutnya cari menu yang bernama Update.
  4. Pada menu Update tersebut silahkan di ubah menjadi Auto Update atau Update Otomatis.

Setelah mengubah pengaturan yang ada di Ponsel atau Hp kamu maka langkah selanjutnya adalah mengubah pengaturan yang ada di Google Play kamu, berikut ini caranya :

  1. Langkah pertama masuk ke Google Play Store.
  2. Kemudian klik pada Foto Profile.
  3. Dan selanjutnya pilih menu Setelan.
  4. Pada bagian Preferensi jaringan dan pada bagian Update Otomatis Aplikasi pilih Melalui jaringan apa pun.
    memperbarui layanan google play
  5. Dan jika sudah klik pada tombol Selesai.

3. Menggunakan Pihak Ketiga

memperbarui layanan google play

Cara ketiga ini kamu bisa gunakan pihak ketiga yaitu menggunakan website yang bernama APKPure untuk mendownload aplikasi Google Play Service yang biasanya pada aplikasi tersebut sudah tersedia versi terbarunya.

  1. Buka browser kamu dan klik link berikut ini Klik Disini.
  2. Selanjutnya klik pada tombol Download APK.
  3. Apabila muncul notifikasi ketika ingin mendownload klik pada bagian OK.
  4. Download akan berjalan, kamu bisa menunggunya beberapa saat tergantung kecepatan jaringan yang sedang kamu gunakan.
  5. Kemudian setelah download selesai kamu bisa menginstall aplikasi tersebut seperti menginstall aplikasi biasa.

Kenapa Google Play Service Harus di Update ?

Google Play Service cukup penting karena dengan di updatenya Google Play Service ini kamu bisa menggunakan aplikasi yang paling baru tanpa harus menunggu adanya update sistem operasi yang ada pada HP Android kamu, yang kamu perlukan hanya membuka aplikasi Google Play Store untuk mengupdate aplikasi atau kamu bisa menyetingnya agar update secara otomatis.

Itulah 3 cara yang dapat kamu gunakan untuk memperbarui Google Play Service yang ada pada HP kamu cara diatas cukup mudah untuk dilakukan oleh semua orang. Apabila kamu ingin membaca artikel lainnya kamu bisa mengunjungi Kabelkusutblog.com.