Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard

2 min read

mematikan laptop dengan keyboard

Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard – Laptop merupakan suatu barang elektronik yang sering atau banyak sekali orang gunakan untuk membantu kegiatan sehari-hari seperti bekerja atau digunakan untuk mengerjakan tugas sekolah atau tugas kampus.

Ketika menggunakan laptop pastinya kita harus menggunakannya dalam keadaan menyala atau dalam keadaan hidup karena apabila dalam keadaan sebaliknya yaitu mati maka tidak akan bisa digunakan sama sekali.

Baca juga Cara Mempercepat Download pada Google Chrome

Apabila sedang menggunakan laptop ataupun komputer pastinya kamu cukup sering mematikan perangkat tersebut menggunakan tombol Start yang ada kemudian menekan tombol Shutdown yang ada pada menu tersebut.

Namun menggunakan cara tersebut akan menjadi masalah apabila kursor yang ada di laptop atau komputer kamu tidak dapat difungsikan dengan normal yang mengakibatkan tidak bisa menekan tombol Start.

Kursor yang tidak dapat difungsikan biasanya karena mouse yang sedang kamu gunakan mengalami kerusakan atau apabila kamu menggunakan laptop kabel yang menyabungkan ke touchpad mengalami kerusakan.

Nah untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa menggunakan keyboard yang ada di komputer ataupun laptop kamu untuk mematikan perangkat kamu tersebut namun dengan cara yang aman.

Berikut ini Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard

Dengan mematikan laptop atau komputer dengan menggunakan keyboard pastinya akan ada kelebihan yang akan didapatkan yaitu seperti akan lebih cepat dalam melakukan shutdown, tanpa harus menggerakkan mouse ataupun menggunakan touchpad, dan pastinya cukup cepat dan tidak ribet.

1. Menggunakan Alt + F4

mematikan laptop dengan keyboard

Cara pertama dan cara ini merupakan cara yang paling banyak sekali orang-orang memakainya karena cukup mudah dan cukup cepat sekali dalam penggunaannya.

Menggunakan tombol Alt+F4 ini selain dapat digunakan untuk mematikan komputer ataupun laptop tombol ini juga dapat kamu gunakan untuk menutup aplikasi secara singkat dan apabila aplikasi telah tertutup semua maka akan muncul pop up yang dapat kamu gunakan untuk mematikan perangkat yang sedang kamu gunakan.

Berikut ini cara menggunakan tombol Alt + F4 untuk mematikan komputer ataupun laptop :

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menuju menu Desktop pada perangkat kamu.
  2. Apabila mouse kamu tidak benar-benar bisa digunakan dan masih dalam kondisi membuka aplikasi kamu bisa menekan kombinasi Alt + F4 sampai semua aplikasi tertutup.
  3. Kemudian apabila sudah di Desktop dapat menekan tombol Alt + F4 kembali.
  4. Dan akan muncul sebuah pop up, kamu bisa memilih ingin Shutdown, Restart atau Sleep.
  5. Apabila ingin Shutdown maka di paskan ke Shutdown dan klik pada tombol OK atau tekan Enter pada keyboard.

Baca juga : Aplikasi Kamera Laptop

2. Menggunakan Ctrl + Alt + DEL

mematikan laptop dengan keyboard

Apabila kamu sudah menggunakan perangkat komputer ataupun laptop sudah lama pastinya sudah tidak asing dengan tombol kombinasi yaitu Ctrl + Alt + DEL.

Tombol tersebut dapat kamu gunakan untuk mengunci perangkat kamu, mengganti password yang sudah dibuat, membuka task manager dan yang paling penting yaitu dapat kamu gunakan untuk mematikan perangkat.

Berikut ini cara mematikan laptop atau komputer menggunakan Ctrl + Alt + Del :

  1. Apabila laptop atau komputer kamu sedang dalam keadaan menyala maka kamu bisa menekan tombol kombinasi Ctrl + Alt + Del.
  2. Dan kamu akan diarahkan ke halaman yang lain pada layar utama kamu.
  3. Selanjutnya kamu bisa menggunakan panah yang ada pada keyboard unutk mengrahkan ke tombol Shutdown.
  4. Kamu bisa menekan tombol Enter untuk mengaktifkan dan dengan cara ini perangkat kamu akan masuk ke mode Shutdown.

Cara ini dapat kamu lakukan di semua versi Windows karena memang kombinasi tersebut diperuntukan untuk para pengguna Windows.

3. Menggunakan CMD

Cara ketiga yaitu menggunakan Command Prompt, Command Prompt ataupun CMD dapat dengan mudah kamu manfaatkan untuk mematikan komputer atau laptop kamu dengan menggunakan kode yang pasti tidak memerlukan mouse dalam melakukannya.

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka CMD pada perangkat kamu.
  • Kamu bisa menggunakan kombinasi Windows Keys + R, kemudian pada Run ketikkan CMD kemudian tekan Enter.

cmd

  • Apabila CMD sudah terbuka pada layar perangkat kamu maka langkah selanjutnya adalah mengetikkan shutdown.exe -s.
  • Selanjutnya tekan Enter pada keyboard.

mematikan laptop dengan keyboard

  • Dengan cara tersebut maka perangkat kamu akan mati dengan sendirinya.

Selain dapat langsung kamu matikan dengan menggunakan kode tersebut kamu juga dapat memasangkan timer pada CMD tersebut agar shutdown sesuai waktu yang kamu inginkan.

Baca juga : Jenis-Jenis Headset

Caranya cukup mudah kamu hanya perlu menuliskan kode shutdown.exe -s -t 10 pada nomor 10 tersebut merupakan detik dimana hitung mundur mulai berjalan kamu bisa mengubah angka 10 tersebut ke angka lainnya.

cmd 2

4. Menggunakan Keyboard Khusus Untuk Windows XP

windows xp

Cara terakhir ini dikhusukan bagi kamu yang menggunakan Windows XP sebagai sistem operasi, kamu dapat mencoba cara dibawah ini apabila ingin mematikan perangkat yang menggunakan Windows XP dengan keyboard. 

  1. Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah menekan tombol Windows yang ada pada keyboard.
  2. Kemudian menekan tombol U sebanyak 2x.
  3. Tunggu beberapa saat hingga komputer atau laptop kamu yang menggunakan Windows XP benar-benar mati.

Berikut adalah 4 cara yang dapat kamu gunakan untuk mematikan laptop atau komputer dengan menggunakan keyboard yang dijamin cukup mudah dan cepat apabila mouse yang sedang kamu gunakan mengalami kendala.