Aplikasi Kamera Laptop

4 min read

aplikasi kamera laptop

Aplikasi Kamera Laptop – Kamera pastinya hal yang dicari apabila kita sedang mencari laptop karena pada setiap laptop pastinya ada kamera yang sangat berguna apabila kita ingin berkomunikasi dengan orang lain dan akan lebih mudah dengan laptop apabila kita ingin rapat secara online.

Namun untuk menjalankan aplikasi tersebut pastinya kita memerlukan aplikasi karena jika tidak dengan aplikasi kamera kita tidak bisa berfungsi.

Baca juga : Situs Download Template PowerPoint

Sudah banyak sekali aplikasi yang dapat kamu unduh dan banyak pula aplikasi yang gratis yang dapat kamu gunakan untuk mengaktifkan kamera yang ada pada laptop kamu.

1. YouCam

aplikasi kamera laptop

Aplikasi kamera yang pertama adalah YouCam, aplikasi ini hampir disemua laptop menggunakannya dan biasanya ketika kita membeli laptop baru sudah tersedia aplikasi YouCam ini.

Ketika menggunakan aplikasi ini tersedia banyak sekali efek-efek yang cukup unik dan berguna untuk membuat gambar yang ingin kamu ambil menggunakan laptop menjadi sangat menarik.

Selain itu banyak juga fitur-fitur yang sangat amat menarik untuk kita gunakan seperti mode HDR yang mungkin kita sering temui pada HP yang apabila kita gunakan akan membuat gambar menjadi lebih jelas dan lebih tajam daripada biasanya.

Aplikasi kamera laptop YouCam ini dapat kamu pergunakan untuk mengambil gambar dan juga untuk mengambil video sama halnya seperti HP.

2. Logitech Capture

aplikasi kamera laptop

Aplikasi yang kedua adalah Logitech Capture, aplikasi ini sangat berguna apabila kamu ingin merekam dengan menggunakan dua kamera karena dengan menggunakan Logitech Capture kamu bisa mengaturnya.

Dengan menggunakan dua kamera untuk merekam yang dapat dikendalikan pastinya cukup bermanfaat dan juga berguna, ini sering sekali digunakan untuk para gamer yang 1 kamera untuk melihatnya keyboard yang mereka gunakan dan satunya lagi untuk mengarahkan ke wajah.

Dengan menggunakan Logitech Capture kamu bisa mengatur segala hal seperti kecerahan yang ada pada kamera, menampilkan sebuah watermark, memberikan filter yang ingin kamu gunakan, text berjalan, dan masih banyak lagi hal yang dapat kamu lakukan.

Baca juga : Cara Membuat Video dari PPT

3. Windows Camera

aplikasi kamera laptop

Apabila kamu pengguna sistem operasi Windows maka kamu bisa menggunakan aplikasi ini yaitu Windows Camera, karena aplikasi ini cukup baik dan juga pastinya dibuat langsung oleh Microsoft.

Windows Camera memiliki tampilan yang lebih simple dibandingkan aplikasi kamera lainnya yang pastinya dapat digunakan oleh para pengguna yang awam dalam menggunakan aplikasi Hp.

Selain itu Windows Camera menyediakan berbagai macam resolusi yang dapat kamu pilih seperti resolusi 16:9 dan juga 4:3 yang dapat kamu pergunakan untuk berfoto.

Namun yang perlu kamu ingat apabila ingin menggunakan aplikasi kamera ini diharapkan sistem operasi yang sedang kamu gunakan sudah berada pada sistem operasi yang paling baru yaitu Windows 10, dan perlu diingat lainnya aplikasi ini gratis.

4. Free Screencast

aplikasi kamera laptop

Apabila kamu ingin menggunakan aplikasi kamera laptop namun memerlukan aplikasi yang gratis maka Free Screencast ini adalah yang kamu butuhkan karena sudah terlihat dari namanya yang terdapat kata Free yang berarti gratis.

Free Screencast menyediakan banyak sekali format video yang dapat kamu pakai seperti MP4, MKV, AVI, dan masih banyak lagi lainnya.

Walaupun aplikasi ini gratis ia menyediakan banyak sekali fitur yang dapat dengan mudah untuk kita manfaatkan dan gunakan. Aplikasi ini sering sekali digunakan untuk membuat video tutorial.

5. ManyCam

aplikasi kamera laptop

Aplikasi kelima yang dapat kamu pergunakan untuk mengatur kamera laptop adalah ManyCam, aplikasi ini sangat berguna bagi kamu yang ingin memiliki aplikasi kamera yang ada banyak filter dan juga presetnya.

Dengan menggunakan aplikasi ManyCam kamu bisa memilih resolusi yang diinginkan seperti 240p, 480p, 720p, HD, FullHD dan masih banyak lagi resolusi lainnya yang dapat kamu pilih. Untuk kecepatan FPS ManyCam bisa mencapai 60FPS yang berarti sudah cukup baik dan bagus.

Apabila kamu merekam layar atau merekam diri kamu menggunakan ManyCam kamu bisa memilih format yang nantinya kamu pilih seperti format MP4, MKV, FLV dan masih banyak format video lainnya.

6. Camersoft Webcam Capture

camersoft

Camersoft Webcam Capture menyediakan banyak sekali filter yang dapat kamu gunakan yang pastinya dapat memperunik hal yang sedang kamu lakukan dan yang ingin diabadikan.

Aplikasi ini dapat langsung tersambung dengan kamera yang ada pada laptop dan juga kamera-kamera yang kamu sambungkan menggunakan kabel atau bisa disebut kamera eksternal.

Untuk format yang nantinya dihasilkan oleh Camersoft Webcam ini akan berformat AVI yang dapat dibilang format ini sudah cukup baik dan juga bagus.

Baca juga : Sistem Operasi Terbaik

7. Free2x Webcam Recorder

free 2x

Jika kamu membutuhkan aplikasi kamera yang ringan maka Free2x Webcam Recorder adalah pilihan kamu karena aplikasi ini cukup ringan untuk digunakan di beberapa merk Laptop dan juga komputer.

Untuk format hasil yang nantinya dihasilkan oleh aplikasi ini adalah format AVI dan juga WMV, selain itu disediakan file manager yang dapat kamu atur sendiri.

Dan hal yang unik untuk aplikasi ini adalah kamu bisa menjadwalkan kapan kamu ingin merekam menggunakan aplikasi ini secara otomatis.

8. SplitCam

splitcam

Aplikasi SplitCam ini dapat menunjang kamu yang ingin melakukan livestream karena aplikasi ini menyediakan hal tersebut langsung, platform yang disediakan untuk livestream pada SplitCam seperti YouTube, Gtalk, Skype, dan masih banyak lagi lainnya.

Ada fitur unik pada SplitCam ini yaitu Realistic 3D Mask yang dapat berguna untuk kamu yang ingin merekam diri sendiri tanpa harus menunjukan wajah kamu pada kamera.

SplitCam ini hanya tersedia pada sistem operasi Windows 10 namun dapat digunakan di 2 bit yaitu 32 bit dan juga 64 bit jadi kamu tidak perlu memeriksa berapa bit yang ada pada perangkat kamu.

9. Bandicam

aplikasi kamera laptop

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi yang satu ini yup, Bandicam, aplikasi ini cukup berguna di bidang perekaman karena sudah banyak sekali orang-orang yang menggunakan apliaksi ini untuk merekam yang ada pada layar selain itu kamu juga bisa menambahkan kamera dan juga merekamnya.

Namun apabila kamu pengguna gratis yang ingin menggunakan aplikasi Bandicam ini kamu hanya bisa merekam layar hingga 10 menit dan apabila sudah 10 menit akan berhenti dengan sendirinya.

Berbeda dengan pengguna yang berbayar karena dengan pengguna yang berbayar kamu bisa merekam layar sepuasnya tanpa batasan limit dan juga tidak akan ada Watermark yang biasanya ada di bagian atas layar.

10. Weeny Free Video Recorder

weeny

Seperti namanya yang terdapat kata Free maka aplikasi ini dapat kamu pergunakan secara gratis dan juga dapat dengan mudah di jalankan, format yang nantinya dihasilkan oleh aplikasi jika kamu membuat video adalah ASF dan juga WMP.

Tampilan dari Weeny Free Video Recorder ini cukuplah simple dan sangat nyaman ketika dipandang selain itu mudah untuk digunakan karena kamu hanya perlu untuk menekan tombol record untuk melakukan rekaman.

11. OBS Studio

aplikasi kamera laptop

OBS Studio merupakan sebuah aplikasi yang sering sekali digunakan oleh para streamer yang berguna untuk menyiarkan secara live yang sedang kamu lakukan seperti bermain game atau kegiatan lainnya.

Aplikasi ini juga dapat kamu gunakan untuk mengendalikan kamera kamu dengan benar selain itu aplikasi tersebut juga dapat merekam mulai dari layar laptop atau komputer sampai kamera yang tersambung pada perangkat kamu tersebut.

12. Streamlabs

aplikasi kamera laptop

Streamlabs merupakan sebuah aplikasi yang sejenis dengan OBS Studio yaitu berguna untuk menyiarkan langsung atau merekam segala hal yang terjadi pada perangkat kamu dan termasuk yang ada pada kamera kamu.

Selain itu kamu dapat menambahkan beberapa kamera pada perangkat kamu dengan cara menkoneksikan perangkat laptop atau komputer dengan kamera yang telah kamu miliki.

Itulah 12 aplikasi kamera laptop yang dapat kamu download secara gratis dan kamu gunakan secara mudah, untuk kamu yang tertarik untuk membaca aplikasi lainnya kamu bisa mengunjungi Kabelkusutblog.com.