Aplikasi Recovery Data

2 min read

aplikasi recovery data

Aplikasi Recovery Data merupakan sebuah aplikasi yang membantu para pengguna komputer ataupun laptop yang tidak sengaja menghapus file yang berada di perangkatnya tersebut.

Kebiasaan buruk ketika menghapus file adalah penyebab dari terhapusnya file penting yang ingin tidak dihapus, kebiasaan buruk tersebut adalah asal langsung memblok semua file dan langsung mendeletenya, selain itu juga kurangnya ketelitian yang menyebabkan hal tersebut terjadi.

Baca juga : Aplikasi Terbaik Untuk Mengetahui Penggunaan Data Internet

Namun dengan perkembangan jaman yang begitu cepat file yang terhapus dengan tidak sengaja tersebut dapat dikembalikan dengan cukup mudah dan juga cepat dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang ada sekarang.

Dengan itu kami dari Kabelkusutblog.com akan coba memberitahu kamu beberapa aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mengembalikan file yang terhapus.

Berikut ini Aplikasi Recovery Data

1. Recuva

aplikasi recovery data

Aplikasi pertama yang berguna untuk mengembalikan file yang telah terhapus adalah Recuva. Recuva merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh developer yang bernama Pirform.

Recuva ini dapat digunakan untuk mengembalikan file yang telah terhapus di Hard disk, SSD, Hard disk Eksternal, Flashdisk, Kartu memori, dan masih banyak lagi lainnya penyimpanan yang apabila isinya terhapus dengan tidak sengaja maka bisa dikembalikan lagi menggunakan Recuva.

File-file yang dapat dikembalikan oleh aplikasi Recuva adalah file Gambar atau Foto, Musik, Dokumen-dokumen, Video, Installan aplikasi dan jenis file lainnya.

Aplikasi ini bisa kamu gunakan secara gratis kan kamu dapat mengunduhnya di Google karena sudah banyak tersebar aplikasi ini. Namun yang perlu kamu perhatikan aplikasi ini hanya dapat digunakan di sistem operasi Windows saja.

2. Test Disk

test disk

Dengan menggunakan aplikasi Test Disk ini kamu dapat mengembalikan data yang telah terformat dengan tidak sengaja maupun dengan sengaja pada perangkat HDD, Flashdisk, SDD, dan perangkat lainnya.

Aplikasi ini juga dapat kamu gunakan di berbagai sistem operasi seperti Windows, MacOS, dan sistem operasi lainnya.

Selain itu aplikasi ini dapat mengembalikan data yang mengalami kerusakan di perangkat penyimpanannya seperti Hard disk dan perangkat lainnya.

3. UndeleteMyFiles Pro

aplikasi recovery data

Aplikasi ketiga yang dapat kamu gunakan adalah UndeletMyFiles Pro, walaupun dinamanya terdapat tulisan Pro namun aplikasi ini disediakan oleh developer secara gratis untuk para penggunanya.

Aplikasi ini sama dengan aplikasi-aplikasi recovery lainnya yaitu dapat digunakan di beberapa penyimpanan seperti Hard disk, SSD, USB, dan lainnya.

Selain itu juga aplikasi ini dapat mengembalikan dokumen-dokumen yang telah terhapus, foto-foto, video, musik, dan lainnya yang telah terhapus tidak sengaja.

Baca juga : 10 Aplikasi Untuk Membuat Brosur di PC dan Android

4. Pandora Recovery

pandora recovery

Pandora Recovery ini dapat mengembalikan data kamu yang terhapus tidak sengaja ataupun sengaja. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengembalikan file yang ada di Recyle Bin ataupun yang tidak ada di Recycle Bin atau bisa dibilang terhapus permanen.

Untuk jangka waktu pengembalian Pandora Recovery memberi waktu sebesar 1 bulan dari aplikasi tersebut di Install jadi jika lebih dari 1 bulan maka aplikasi ini tidak dapat mengembalikannya.

5. Wise Data Recovery

aplikasi recovery data

Jika menggunakan aplikasi ini untuk mengembalikan data yang terhapus pada perangkat kamu akan disajikan beberapa tier atau kondisi data yang dapat dikembalikan.

Seperti, Good, Poor, Very Poor, dan juga Lost dan yang bisa dikembalikan biasanya yang bertuliskan Good dan apabila di bawah Good maka file tersebut sudah sulit untuk dikembalikan.

6. MiniTool Power Data Recovery

minitool power data

Aplikasi Recovery data yang keenam kali ini memiliki tampilan yang sudah cukup modern dan pastinya akan mudah digunakan oleh para pemula untuk masalah Recovery data atau mengembalikan data.

Aplikasi ini dapat kamu gunakan apabila kamu tidak sengaja menghapus file yang sebelumnya ada di Recycle Bin PC atau Laptop kamu, Software ini juga dapat mengembalikan file yang hilang akibat terkena virus dengan cukup mudah.

Namun perlu diperhatikan aplikasi ini memiliki kelemahan yaitu memiliki limit yang hanya 1GB apabila telah melebihi limit tersebut maka kamu tidak akan bisa mengembalikan data lagi.

7. Disk Drill

aplikasi recovery data

Aplikasi mengembalikan data yang terhapus pada PC atau Laptop yang terakhir adalah Disk Drill, aplikasi ini dapat kamu gunakan di berbagai sistem operasi seperti Windows, MacOS, dan OS lainnya.

Selain itu juga aplikasi ini dapat mengembalikan data yang ada di Sistem Operasi iOS atau Android dengan cara mengubungkan kabel data ke laptop atau komputer yang memiliki aplikasi ini.

Tampilan dari aplikasi ini mudah untuk dipahami karena memiliki tampilan yang sudah cukup modern. Namun aplikasi ini hanya dapat mengembalikan data sebesar 500MB.

Sekian artikel mengenai Aplikasi Recovery Data, apabila kamu tertarik dengan artikel lainnya di blog ini maka kamu bisa mengunjungi : Kabelkusutblog.com