Cara Hapus Cache WhatsApp

2 min read

cara hapus cache whatsapp

Cara Hapus Cache WhatsApp – Cache merupakan sebuah sampah yang tersimpan pada penyimpanan Hp yang membuat memori Hp menjadi penuh.

Dengan banyaknya sampah atau cache pastinya akan membuat memori yang tadinya menyisahkan banyak menjadi sedikit.

Selain membuat penyimpanan penuh cache juga dapat mengakibatkan hal lainnya seperti Hp menjadi lebih berat atau lag karena menjalankan aplikasi pasti perlu adanya memori.

Hp kamu juga tidak akan bisa menginstall aplikasi lainnya apabila cache menumpuk dan menghabiskan banyak sekali memori.

Baca juga : Cara Mencari Grup di Telegram

Di semua aplikasi pastinya terdapat cache seperti Youtube, Facebook, Twitter, dan pastinya pada aplikasi WhatsApp juga ada yang namanya cache.

Cache pada aplikasi WhatsApp terkadang sangatlah banyak yang membuat memori penyimpanan kamu menjadi cepat sekali penuh padahal tidak digunakan untuk menyimpan hal-hal lainnya.

Namun kamu tidak perlu pusing lagi untuk mengatasi hal tersebut karena Cache yang tersimpan pada aplikasi WhatsApp tersebut dapat sekali di hapus dan sangat mudah untuk menghapusnya.

Disini kami Kabelkusutblog.com sudah menyiapkan cara yang sangat mudah untuk kamu yang ingin menghapus Cache yang ada pada aplikasi WhatsApp.

Berikut ini Cara Hapus Cache WhatsApp

Banyak sekali cara yang dapat kamu gunakan untuk menghapus sampah-sampah yang ada pada aplikasi WhatsApp kamu. Kami Kabelkusutblog.com menyediakan 2 cara yang dapat kamu gunakan yaitu menggunakan pengaturan atau menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Baca juga : Cara Mengaktifkan Windows Defender

Cara Hapus Cache WhatsApp dari Pengaturan HP

Cara pertama dan cara yang paling mudah dan dapat kamu terapkan pada setiap merk Hp seperti vivo, samsung, oppo, xiaomi, dan merk lainnya.

Yang kamu perlukan untuk melakukan langkah ini adalah hanya perlu membuka aplikasi Pengaturan yang ada pada setiap Hp pastinya, untuk langkah yang lebih rinci kamu dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

  1. Pertama buka aplikasi Pengaturan atau Setting yang ada pada Hp kamu.
  2. Setelah itu scroll menu pengaturan tersebut sampai bertemu dengan menu Aplikasi.
    cara hapus cache whatsapp
  3. Apabila sudah kamu bisa scroll menu tersebut dan cari aplikasi WhatsApp.
    WhatsApp
  4. Pilih pada bagian Penyimpanan.
    cara hapus cache whatsapp
  5. Dan jika sudah pilih pada tombol Hapus memori.
    cara hapus cache whatsapp
  6. Dengan 5 langkah diatas maka bisa dipastikan memori cache pada aplikasi WhatsApp kamu akan berhasil terhapus keseluruhannya.

Ketika kamu memasuki bagian penyimpanan pada aplikasi WhatsApp tersebut, jangan sekali-kali kamu memiliki opsi atau menu Hapus Data karena apabila kamu memilih hal tersebut akan menghapus keseluruhan data WhatsApp yang tersimpan pada Hp kamu. 

Setelah kamu mengetahui bagaiman cara menghapus sampah atau cache pada apliaksi WhatsApp, maka kali ini kamu juga harus mengetahui apa saja efek dari menghapus cache.

Baca juga : Cara Keluar Grup WhatsApp Tanpa Diketahui

Efek dari Menghapus Cache

Ada banyak sekali efek yang akan ditimbulkan dari menghapus cache pada Hp, disini kami Kabelkusutblog.com telah merangkum 4 efek yang akan ditimbulkan apabila menghapus cache :

  1. Mengembalikan kapasitas memori menjadi besar kembali, dengan banyaknya sampah atau cache akan berakibat memori menjadi lebih sedikit untuk menampung file ataupun aplikasi.
  2. Membuat RAM menjadi lancar kembali, apabila Hp kamu yang kamu miliki memiliki spesifikasi yang rendah, maka Cache yang menumpuk akan memberatkan RAM dan pastinya akan membuat Hp menajadi sangat LAG.
  3. Membuat Loading dari setiap aplikasi yang kamu hapus cachenya contohnya seperti WhatsApp ini akan menjadi lebih lancar dari sebelumnya.
  4. Baterai yang ada pada Hp kamu akan lebih hemat, karena jika cache sangat banyak akan membuat kinerja Hp menjadi lebih beras yang pastinya akan menguras baterai yang ada pada Hp.

Dan itulah cara hapus cache aplikasi WhatsApp yang dapat kamu terapkan disemua merk HP, dan apbila kamu ingin membaca artikel lainnya maka kamu bisa mengunjungi Kabelkusutblog.com.