Mempermudah Penggajian dengan Software Payroll dan Software HRD Terbaik

2 min read

mempermudah penggajian payroll

mempermudah penggajian payroll

Penggajian bulanan menjadi tantangan besar yang dihadapi oleh perusahaan dan HRD (Human Resource Management). Penting untuk perusahaan dalam memberikan gaji yang tepat dan tepat waktu untuk apresiasi dan motivasi bagi karyawan. Gaji juga menjadikan kandidat karyawan dalam perusahaan terpacu untuk bergabung dengan perusahaan. Dengan demikian, penggajian bulanan yang tampaknya mudah harus diberikan perhatian lebih. Sayangnya penggajian bulanan tak selalu mudah. Oleh karena itu Software Payroll hadir untuk mempermudah penggajian bulanan.

Dalam suatu perusahaan terdapat banyak sekali karyawan yang bekerja dengan berbagai informasi dan data yang berbeda. Data karyawan tersebut umumnya memuat alamat karyawan, riwayat pendidikan, jumlah anggota keluarga, potongan pajak, jumlah lembur, data kehadiran, dan lain-lain. Keberagaman data karyawan tersebut sering menjadi faktor bagi staf HRD dalam melakukan kesalahan dalam perhitungan payroll.

Tak hanya Software Payroll, Software HRD terbaik pun berperan besar dalam mempermudah penggajian. Software HRD terbaik berperan dalam mengelola data karyawan yang terkait dengan pengelolaan payroll. Data dan informasi pada kedua software tersebut saling terintegrasi dan up-to-date. Jadi, bila ada perubahan data pada Software HRD, maka akan berpengaruh pula dengan perubahan pada Software Payroll.

Manfaat Software Payroll dan Software HRD Terbaik

Dalam mengelola dan menghitung gaji karyawan menggunakan software khusus, ada beberapa kemudahan yang dapat dinikmati oleh perusahaan. Apa saja manfaat tersebut?  

Hemat Waktu

Dengan menggunakan Software Payroll dan Software HRD terbaik, tim HR perusahaan akan menghemat waktu bekerja mereka. Efektivitas waktu akan menjadi jauh lebih baik, pengerjaan administrasi perusahaan akan terselesaikan dengan cepat dan akurat karena semua sudah dilakukan dengan menggunakan sistem secara otomatis.

Mengurangi Error

Ada saja kemungkinan human error dalam proses payroll atau penggajian. Dengan penggunaan software yang tepat, kegiatan seputar administrasi akan terkelola dengan baik dan rapi berkat database yang tersimpan aman dalam cloud server. Hal ini dapat mengurangi human error dan meningkatkan produktivitas kerja di perusahaan itu sendiri.

Mempermudah Akses Informasi

Penggunaan Software Payroll dan Software HRD terbaik akan mempermudah akses perusahaan kepada informasi dan data karyawan. Perusahaan dapat mengakses data karyawan dengan cepat karena data yang tersimpan dalam cloud server bisa diakses melalui perangkat keras yang terkoneksi internet. Bagi karyawan, tidak adanya batasan bagi mereka untuk mengetahui data pribadi seputar perkembangan kinerja, pengajuan cuti, dan sebagainya.

Menambah Fokus Kerja HRD

Selama ini HRD selalu dibuat ribet dengan mekanisme administrasi yang rumit dan memakan waktu lama. Jika tugas-tugas administratif seperti penggajian, pencatatan kehadiran, perhitungan pajak sudah berjalan dengan otomatis dan akurat, HRD bisa fokus untuk melakukan job desk lain yang jauh lebih penting. Sehingga HRD lebih piawai mengelola kinerja karyawan agar kualitas kerja tetap terjaga

Baca Juga : Manfaat Sistem Absensi Online untuk Perusahaan

Meningkatkan Kepuasan Kerja

Karena karyawan dapat mengakses data pribadi, mengajukan kebutuhan seputar administrasi kepada tim HRD dengan praktis, dan menerima gaji tepat waktu akan membuat karyawan lebih merasa dihargai atas pekerjaannya dalam perusahaan. Karyawan pun akan bekerja lebih giat dan fokus karena urusan administrasinya dipermudah. Kepuasan kerja juga ikut meningkat. Dengan begini, perusahaan dapat mempertahankan karyawan terbaiknya.

Keamanan Data

Menjaga data dan informasi karyawan sama pentingnya dengan menjaga karyawan terbaik untuk tetap bekerja dengan optimal. Dalam beberapa kasus, ada kejadian dimana ada pihak tertentu yang melakukan penyalahgunaan data dan informasi karyawan akibat keamanan yang rendah. Meskipun data dan informasi dalam Software Payroll dan Software HRD terbaik mudah diakses, hanya beberapa orang tertentu yang mempunyai akses kepada data dan informasi karyawan melalui validasi dan verifikasi user dengan password.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan bagaimana Software Payroll dan Software HRD terbaik dapat membantu penggajian atau payroll bulanan dalam sebuah perusahaan. Perlu diketahui, bahwa tak semua software cocok dalam kondisi bisnis dan lingkungan perusahaan. Sehingga perusahaan harus pintar dan cerdas dalam memilih software seperti apa yang paling mereka butuhkan. LinovHR menawarkan kemudahan bagi perusahaan untuk penggajian atau payroll bulanan melalui Software Payroll dan Software HRD terbaik. Hubungi LinovHR dan dapatkan software idaman dengan konsultasi terlebih dahulu dengan tim ahli kami.