Kelebihan Dan Kelemahan Bisnis Online

Bisnis online merupakan sebuah bisnis yang memanfaatkan media internet untuk menjual suatu barang dengan tidak melakukan tatap muka langsung dengan penjual atau pembeli.

Di zaman sekarang ini bisnis online sedang digandrungi bagi sebagian pemilik usaha karena sangat mudah dan tidak perlu repot untuk bertemu dengan penjualnya langsung.

Dan tidak lupa bahwa Indoensia merupakan salah satu pengguna mendia social atau keaktifan penggunaan internet terbesar. Pada tahun ini saja pengguna internet Indonesia mencapai 175,4 juta orang dari 272,1 juta penduduk negara Indonesia atau 64% penduduk negara Indonesia menggunakan internet.

Jadi bagi kamu yang mengembangkan bisnis online sangatlah menjanjikan untuk mendapatkan pundi-pundi uang dan tidak perlu capek menemui seorang pembeli.

Tetapi menjalani bisnis online juga memiliki beberapa risiko yang membuat kita merugi ketika menjual barang, namun banyak juga kelebihan yang akan kita dapat apabila memulai bisnis secara online dengan benar.

Berikut ini Kelebihan dan Kelemahan Bisnis Online

Kelebihan Bisnis Online :

Kelebihan Bisnis Online

1. Modal Relatif Kecil

Dengan menjalani bisnis melalui online tidaklah membutuhkan modal yang besar karena tidak akan membutuhkan penyewaan tempat untuk kita berdangang.

Yang kamu butuhkan hanya penggunaan internet dan juga barang yang akan kamu jual secara online, apabila kamu perlu pengiklanan kamu dapat menggunakan media online juga seperti di Instagram, Facebook, dan diberbagai aplikasi E-Commerce juga menyediakan opsi iklan agar barang kamu tampil diatas.

2. Pembeli Bisa dari Mana Saja

Dengan memanfaatkan media online ini kamu bisa memasarkan barang yang akan kamu jual kemana saja bahkan kamu juga bisa menjual barang-barang tersebut sampai ke luar negeri apabila ada pembeli yang berasal dari luar negeri.

Dengan jangkauan yang luas tersebut kamu tidak perlu bertemu dengan pelanggan atau pembeli melainkan kamu hanya perlu menchat pelanggan dan mengirimkan barang via kantor pos atau pengiriman paket yang ada di kota/kabupaten kamu.

3. Bisa Melayani Pembeli Dimana Saja

Dengan menggunakan internet ini kamu dapat melayani pembeli dimana saja, ketika kamu sedang liburan pun kamu bisa membalas pesan pembeli, jadi tidak akan membuat si pembeli kecewa dengan menunggu cukup lama.

Yang kamu butuhkan adalah kuota internet untuk membuka aplikasi yang kamu gunakan untuk menjual barang secara online.

4. Bisa Dikerjakan Kapan Saja

Kamu bisa mengerjakan bisnis online ini dimana saja dan kapan saja ditempat yang kamu inginkan, bahkan untuk tengah malem pun bisa kamu kerjakan karena bisnis online berlaku 24 jam dan terkadang pembeli pun menghubungi kamu melalui chat ditengah malam.

Dengan melakukan bisnis online kamu bisa melakukannya tanpa adanya jam kantor atau jam kerja tidak memerlukan seragam yang harus dikenakan setiap hari. Saat kita rebahan pun bisa mengerjakan bisnis online ini.

5. Pembayaran Cepat dan Simple

Pembayaran dari si pembeli pastinya akan cukup simple hanya perlu transfer ke bank tertentu atau melalui pembayaran via aplikasi yang disediakan dan bahkan bisa membayarnya via mini market terdekat seperti indomaret atau alfamart.

Setelah pembayaran dilakukan penjual akan mengirimkan barang tersebut melalui jasa pengiriman yang di negara Indonesia sendiri sudah banyak jenisnya.

6. Gratis Membuka Akun di Aplikasi Penjualan

Pelaku bisnis online tidak perlu memikirkan biaya-biaya untuk menyewa tempat di aplikasi tertentu, karena aplikasi penjualan sendiri akan menyediakan tempat untuk kamu menjual barang secara gratis.

Namun kamu harus menyediakan persyaratan untuk mendaftar akun seperti Email, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, KTP, dan data penting lainnya agar bisnis online yang kamu jalankan berjalan dengan lancar.

Kelemahan Bisnis Online

Kelemahan Bisnis Online

1. Barang Terkadang Tidak Sampai

Kelemahan penjualan melalui online adalah barang yang tidak sampai ke pembeli yang akan membuat penjual kerepotan mencari barangnya yang sudah sampai dimana, dan akan membuat si pembeli merasa kecewa telah mengeluarkan uang tapi si barang tidak kunjung sampai kerumah.

Terkadang kesalahannya tertuju pada kesalahan penulisan alamat yang kurang rinci membuat jasa pengiriman bingung letak rinci dari rumah si pembeli.

Barang tidak sampai ini yang terkandang membuat pembeli mengurungkan niatnya berbelanja melalui online, dan pastinya untuk pembelian barang yang cukup mahal akan membuat si pembeli menjadi ragu.

2. Mahalnya Ongkos Kirim atau Ongkir

Yang menjadi keraguan pembeli untuk membeli secara online adalah barang onkos kirim yang terlalu mahal bahkan onkos kirim bisa sampe 30.000 an untuk keluar pulau, terkadang ada hal lucu yaitu barang yang ingin dibeli lebih murah daripada onkgos kirimnya sehingga pembeli pun tidak jadi membelinya, dan lebih memilih membeli secara offline di kota atau kabupatennya.

3. Terkendala Internet

Salah satu kelemahan selanjutnya adalah terkendalanya internet di tempat si pembeli, sehingga pembeli tidak dapat membeli barang yang dia inginkan melalui aplikasi-aplikasi penjualan barang secara online.

Kendala ini bisa kita maklumi karena negara yang kita huni yaitu Indonesia memiliki lebar wilayah yang cukup luas sehingga internet masih belum merata, mungkin kelemahan ini akan teratasi 10-20 tahun kedepan yang semakin meratanya internet di Indonesia.

4. Barang Tidak Sesuai

Salah satu hal yang sangat membuat pembeli kecewa adalah barang yang sudah ia beli tidak sesuai dengan gambar atau ukuran yang ia inginkan ketika membeli barang tersebut, sehingga si penjual menjadi mendapatkan rating rendah di aplikasi penjualan barang tersebut yang menyebabkan terbannednya akun atau terkenanya pinalti akun tersebut, sehingga akan sulit untuk menjual barang selanjutnya.

5. Kepercayaan Pembeli

Mendapatkan kepercayaan dari pembeli tidaklah mudah apalagi kita masih baru di aplikasi penjualan tersebut dan tidak memiliki rating, biasanya tempat yang belum memiliki rating akan sedikit sulit untuk mendapatkan pembeli, karena pmebli akan memilih tempat yang sudah memiliki rating yang cukup banyak.

Dan apabila kamu sudah mendapatkan kepercayaan dari pembeli maka kamu harus menjaganya jangan sampai pembeli kamu kecewakan dengan mengirimkan barang yang kurang bagus atau tidak sesuai dengan yang digambar.

6. Kesabaran Kamu Teruji

Salah satu kebiasaan pembeli ketika online maupun offline adalah menanyakan saja barang tersebut ada atau tidak, ukuran ada atau tidak, dan masih banyak lainnya, ketika kamu membalasnya terus menerus namun si pembeli tersebut tak kunjung memesan barang tersebut, jadi kamu sebagai penjual diharapkan super sabar menghadapinya.

7. Dibandingkan dengan Toko Lain

Kelemahan bisnis online yang terakhir adalah dibandingkan dengan toko lain. Jika kamu menjual brang secara online pun akan sama ketika menghadapi pembeli yaitu pasti kamu akan dibandingkan dengan toko lain yang menjual barang yang lebih murah dari tempat kamu.

Jadi kamu sebagai penjual pun diharuskan bersabar ketika ada pembeli yang seperti itu, jangan tiba-tiba kamu menurunkan harga karena dibandingkan oleh pembeli karena barang disetiap daerhanya belum tentu sama harganya.