Kelebihan dan Kekurangan Windows 11

2 min read

kelebihan kekurangan windows 11

Kelebihan dan Kekurangan Windows 11 – Windows 11 merupakan OS atau Sistem Operasi yang paling baru yang dikeluarkan oleh Microsoft, dengan tampilannya yang baru pastinya akan menarik pengguna Windows lama untuk pindah ke Windows 11.

Namun pastinya beberapa orang yang ingin melakukan upgrade mencari kelebihan dan juga kekurangan dari Windows terbaru ini, karena apabila dirasa kurang cocok bisa mengunrungkan niatnya untuk upgrade ke Windows 11.

Untuk itu kami Kabelkusublog.com sudah merangkum kelebihan dan juga kekurangan Windows 11 yang pastinya wajib kamu ketahui terlebih dahulu.

Baca juga : Cara Mengganti Tema Windows 11

Kelebihan Windows 11

1. Tampilan Windows 11

kelebihan kekurangan windows 11

Windows 11 memiliki tampilan yang sangat fresh dan pastinya membuat para pengguna Windows 10 akan terkesan, karena bisa dibilang tampilan yang ada pada Windows 11 memiliki tampilan yang sangat terkini.

Dengan tampilan yang fresh fresh dan juga terkini membuat pengguna baru akan mudah sekali paham dan mungkin pertama kali menggunakannya akan langsung mengerti tools-tools yang ada pada sistem operasi tersebut.

Pastinya apabila kamu sering menggunakan sistem operasi Windows pastinya sudah sering melihat tampilan menu Start berada di pinggir, nah bedanya pada Windows 11 menu Start sudah terdefault berada di bagian tengah.

Dengan tombol Start dan aplikasi-aplikasi pilihan berada di posisi tengah daripada layar, itu akan membuat para pengguna akan sangat mudah untuk menggunakannya.

2. Memiliki Fitur Maximize Yang Dapat Dipilih

kelebihan kekurangan windows 11

Fitur ini bisa juga disebut dengan sebutan Snap Layouts, apabila kamu mengarahkan cursor kamu ke arah Maximze atau Minimze maka fitur ini akan keluar, fitur ini sangatlah membantu kamu untuk memindahkan aplikasi yang terbuka.

Biasanya pada Windows-Windows sebelumnya kamu harus memilih atau menarik aplikasi secara manual ke tempat yang ingin ditaruh, namun pada Windows 11 ini kamu bisa menaruhnya secara otomatis, atau kamu hanya perlu memilih tempatnya.

3. Fitur HDR

Fitur ini sangat bagus dan juga membantu para gamer yang sudah memiliki monitor yang memiliki fitur HDR. Dengan menggunakan fitur HDR ini tampilan game akan lebih realistis dan juga pastinya akan nyaman apabila digunakan berlama-lama dalam bermain game.

4. Tampilan Menu Settings

menu settings

Tampilan menu Settings yang ada pada Windows 11 sangatlah fresh dan cukup simple dan juga elegan ketika dilihat. Selain itu menu Settings yang ada pada Windows 11 lebih mudah untuk dipahami dan juga digunakan oleh semua orang.

Tampilan atau icon-icon yang ada pada menu Settings ikut berubah dan pastinya akan berbeda dengan Windows sebelumnya seperti Windows 10,7, dll. Namun apabila kamu ingin membuka Task Manager perlu kebiasaan baru karena tempat untuk membukanya berbeda.

Baca juga : Cara Menghapus Windows Old

5. Keamanan yang Meningkat

Dengan spesifikasi untuk menjalankan Windows 11 cukup tinggi dan pada menu spesifikasi tersebut harus ada syarat yaitu TPM 2.0. Dengan adanyanya syarat tersebut, membuat kamu pengguna Windows 11 di PC atau Laptop akan lebih aman lagi, dan mengurangi kerusakan yang diakibatkan oleh malware.

6. Sudah DirectX12

DirectX12

Selain sudah ada fitur HDR pada Windows 11 jug sudah menyediakan DirectX12, dengan adanya fitur ini kamu sudah bisa menggunakan fitur yang bernama ray tracing real time dan juga mesh shading.

Dengan adanya fitur tersebut akan memberikan grafik yang lebih real dan juga frame rate yang lebih tinggi daripada biasanya.

7. Adanya Fitur DirectStorage

Dengan adanya fitur kali ini akan memaksimalkan kecepatan dari penyimpanan kamu agar dapat mempercepat loading yang ada di game dan juga meningkatkan FPS yang ada di dalam game. Untuk para gamer pastinya kamu memerlukan hal ini.

8. Upgrade Gratis

Apabila kamu sebelumnya menggunakan OS Windows 10 maka kamu bisa berkesempatan mencoba Windows 11 secara gratis, dengan mencoba tersebut pastinya kamu akan pindah ke Windows 11 namun data-data yang ada di Laptop atua Komputer kamu sebelumnya tidak akan hilang.

Baca juga : Cara Download File ISO Windows 11

Kekurangan Windows 11

1. Spesifikasinya Yang Tinggi

kelebihan kekurangan windows 11

Salah satu kekurangan yang membuat orang-orang enggan untuk upgrade atau hijrah ke Windows 11 adalah spesifikasi minimum yang diperlukan oleh OS ini cukup tinggi. Spefikasinya dapat kamu lihat pada gambar di atas.

Apabila Laptop atau Komputer kamu sudah memunuhi minimum spefikasi dari Windows 11 maka kamu sudah bisa mengupgrade Windows kamu ke Windows 11.

2. Hanya Tersedia Untuk 64 Bits

Windows 11 merupakan OS yang paling modern yang membuatnya hanya dapat digunakan pada komputer atau laptop yang sudah 64 Bits. Karena sekarang rata-rata aplikasi sudah menggunakan 64 Bits maka untuk itu Windows 11 ini hanya menyediakan untuk 64 Bits.

Itulah kelebihan dan juga kekurangan dari Windows 11 yang wajib kamu ketahui sebelum hijrah atau pindah ke OS terbaru ini. Apabila kamu ingin membaca artikel lainnya maka kamu bisa mengunjungi Kabelkusutblog.com.