Cara Menghapus Windows Old

2 min read

cara menghapus windows old

Cara Menghapus Windows Old – Windows Old merupakan file yang akan muncul apabila kamu mengupgrade Windows kamu ke Windows yang terbaru. Contohnya apabila kamu mengupgrade dari Windows 10 ke Windows 11 maka akan muncul file ini di disk C, dan akan muncul juga apabila kamu mengupgrade dari seri lainnya.

Ukuran dari folder Windows Old juga sangatlah besar bahkan bisa mencapai puluhan giga, dengan menghapus folder ini maka akan membuat penyimpanan yang ada pada perangkat kamu tersebut dapat menjadi lebih lega, dan dapat memanfaatkan penyimpanan itu untuk hal lainnya.

Baca juga : Cara Mengembalikan Bahasa China ke Indonesia di HP OPPO

Folder ini dapat kamu manfaatkan apabila kamu memang tidak cocok dengan Windows yang baru saja kamu upgrade, dengan adanya folder ini juga kamu dapat melakukan downgrade ke Windows versi sebelumnya yang kamu miliki. 

Contohnya apabila kamu mengupgrade sistem operasi Windows kamu menjadi Windows 11 dan ternyata ketika menggunakan Windows 11 tersebut tidak cocok, maka kamu bisa menurunkan ke versi sebelumnya atau versi Windows yang sebelumnya kamu gunakan, contohnya ke Windows 10.

Dengan mengupgrade pastinya kamu penasaran bagaimana menghapus Folder Windows Old, karena dengan penghapusan yang biasa saja tidak akan bisa dan tidak akan direspon oleh perangkat kamu.

Cara Menghapus Windows Old

Kamu bisa menggunakan cara-cara khusus dalam penghapusan folder Windows Old, seperti menggunakan menu Settings yang ada pada sistem operasi kamu, dan menggunakan Disk Cleanup, berikut ini caranya.

Cara Menghapus Windows Old Menggunakan Storage Sense

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah menggunakan Storage Sense yang ada pada Windows atau sistem operasi yang kamu gunakan, Storage Sense ini terdapat pada menu Settings, berikut ini cara menggunkannya.

  1. Pertama buka menu Settings yang ada pada perangkat kamu, atau apabila kamu menggunakan Windows 10 kamu bisa menekan kombinasi Windows + I.
  2. Setelah itu pilih menu System.
  3. Kemudian pilih lagi menu Storage.
  4. Setelah itu pada bagian Storage Sense, pilih Change how we free up space automatically.
    cara menghapus windows old
  5. Centang kotak yang berada di sebelah Delete previous versions of Windows.
  6.  Setelah itu klik tombol Clean now.

Apabila kamu sudah menekan tombol Clean Now tersebut maka file installasi Windows yang terdahulu akan terhapus dari perangkat kamu yang sekarang.

Baca juga : Cara Membuka File ENC di Laptop Windows 10

Melalui Menu Settings dengan Temporary Files

Apabila cara sebelumnya masih belum juga berhasil menghapus file Windows Old maka kamu bisa menggunakan cara dibawah ini.

  1. Pertama buka Settings pada perangkat kmu.
  2. Setelah itu masuk ke System dan pilih Storage.
  3. Pilih menu Free up space now.
  4. Centang pada opsi Previous Windows Intallation.
    temporary files
  5. Langkah terakhir klik pada tombol Remove Files.
  6. Maka file tersebut akan otomatis hilang.

Menggunakan Disk Cleanup

Jika kedua cara diatas sudah kamu coba namun belum membuahkan hasil maka kamu bisa menggunakan cara terakhir ini yaitu menggunakan Disk Cleanup, berikut ini caranya :

  1. Pertama buka menu Search yang ada di sistem operasi kamu.
  2. Setelah itu cari aplikasi yang bernama Disk Cleanup.
  3. Apabila telah terbuka pada menu General klik tombol Disk Cleanup.
    disk cleanup
  4. Selanjutnya buka atau klik menu Clean up system files yang ada di pojok kiri bawah.
    cara menghapus windows old
  5. Jika sudah berhasil terbuka maka scroll dan cari Previous Windows installation(s).
  6. Apabila sudah bertemu dengan Previous Windows installation(s) maka ceklis.
    cara menghapus windows old
  7. Klik OK.
  8. Tunggu hingga proses penghapusan selesai.

Apabila cara ketiga ini berhasil maka akan membuat perangkat kamu akan sangat lega karena biasanya folder Windows Old memakan ruang penyimpanan paling sedikit yaitu 10GB.

Baca juga : Aplikasi Recovery Data

Itulah 3 cara yang dapat kamu gunakan untuk menghapus Windows Old di semua Windows dengan mudah dan juga pastinya dengan cepat. Jika kamu tertarik untuk membaca artikel lainnya mak kamu bisa membuka Kabelkusutblog.com.